Beasiswa VDMS / VDMI Terbaru Tahun 2023 - Cek Cara dan Persyaratannya

Informasi Beasiswa VDMS / VDMI Tebaru – Cara Mendaftar Beasiswa Beasiswa VDMS / VDMI 2023, Syarat Pendaftaran Beasiswa VDMS / VDMI 2023, Info Beasiswa Terbaru.

 

Informasi Beasiswa VDMS/VDMI Terbaru

Cara Mendaftar Beasiswa VDMS / VDMI 2023 – Program beasiswa VDMS (Van Deventer – Mas Stichting) pada tahun 2023 telah resmi dibuka kembali bagi mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di perguruan tinggi Indonesia. Program Beasiswa VDMS sekarang dinamai Beasiswa YVDMI setelah perwakilan VDMS di Indonesia resmi menjadi sebuah Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (YVDMI).


Jika memang kamu berstatus mahasiswa dan mengenal beasiswa VDMS (Van Deventer – Mas Stichting) yang ditunjukan bagi mahasiswa D3, D4, dan S1 tentunya paham terkait beasiswa tersebut.


Pasalnya kabar gembiranya beasiswa VDMS/VDMI tahun 2023 telah ditawarkan kembali. Berikut informasi yang selengkapnya mengenai Beasiswa VDMS / VDMI.

 

Beasiswa VDMS / VDMI Terbaru Tahun 2023

Beasiswa VDMS / VDMI diberikan bagi mahasiswa yang telah menempuh kuliah sejak tahun kedua hingga selesai kuliah (D4/S1 dari tahun ke-2 sampai tahun ke-4 sedangkan D3 dari tahun ke-2 sampai tahun ke-3), terkecuali bagi mahasiswa penerima Beasiswa VDMS / VDMI tidak mampu mempertahankan prestasi akademi (IPK<3,00), cuti, tidak mempberikan laporan terkait dana dalam periode tertentu.


Cakupan Beasiswa VDMS / VDMI

Bagi anda yang menerima Beasiswa VDMS / VDMI tentunya akan mendapatkan bantuan yang diberikan langsung berupa:

1. Bantuan dana sebesar Rp. 750.000,- /bulan yang dibayarkan langkung ke pemilik rekening pribadi penerima Beasiswa VDMS / VDMI

2. Bonus lulus tepat waktu (D3,D4 dan S1 sebesar Rp. 700.000,-) dan satu kali bonus TOEFL (jika ada) sebesar Rp. 381.000,-

3. Mendapatkan pelatihan gratis untuk pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building) melalu proses seleksi.


Daftar Mitra Beasiswa VDMS / VDMI

Berikut nama-nama perguruan tinggi yang bermitra dengan Beasiswa VDMS / VDMI, cek list detailnya:

1. UGM (Universitas Gadjah Mada)

2. UNIMED (Universitas Negeri Medan)

3. IPB (Universitas Pertanian Bogor)

4. USU (Universitas Sumatera Utara)

5. UNPAD (Universitas Padjajaran)

6. UNP (Universitas Negeri Padang)

7. UNNES (Universitas Negeri Semarang)

8. UNAND (Universitas Andalas)

9. UNAIR (Universitas Airlangga)

10. UNDANA (Universitas Nusa Cendana)

11. UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana)

12. UKAW (Universitas Kristen Artha Wacana)

13. UNHAS (Universitas Hasanuddin)

14. UNPATI (Universitas Pattimura)

15. UNLAM (Universitas Lambung Mangkurat)

16. UWKS (Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)

17. UAJM (Universitas Atma Jaya Makassar)

18. UNTAN (Universitas Tanjungpura)

19. UNSRAT (Universitas Sam Ratulangi)

20. ITB (Institut Teknologi Bandung)

21. ITS (Institut Teknologi Sepuluh November)

22. USALLE (Universitas Katolik De La Salle)

23. USOEGI (Universitas Katolig Soegijapranata)

24. UNFLOR (Universitas Flores)

25. UBH (Universitas Bung Hatta)

26. UHT (Universitas Hang Tuah)

27. UNWIRA (Universitas Katolik Widya Mandira)

28. STIKOM (STIKOM Uyelindo, Kupang)

29. USD (Universitas Sanatha Darma)

30. UKIM (Universitas Kristen Indonesia Maluku)

31. UNG (Universitas Negeri Gorontalo)

32. UNWINA (Universitas Kristen Wira Wacana)

33. UII (Universitas Islam Indonesia)

Bagi mahaiswa yang ingin mengajukan beasiswa Beasiswa VDMS / VDMI 2023 harus mempersiapkan persyaratan-persyaratannya sebagai berikut:


Persyaratan Beasiswa VDMS / VDMI

Berikut persyaratan-persayaran Beasiswa VDMS / VDMI 2023 yang harus disiapkan.


a.  Mahasiswa aktif S1 dan D4 tahun ke 1 - 3 dan mahasiswa D3 tahun ke 1 - 2 

b. Maksimal Usia 27 tahun

c. Mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu (dibuktikat denga SKTM dan atau Surat Rekomendasi dari pihak kampus dan ditandatangi oleh pejabat berwenang)

d. IPK minimal 3.00

e. Mahasiswa jurusan : Perikanan, Pertanian, Peternakan, Seni dan Budaya, Arsitektur, Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Komunikasi, Pendidikan, Ekonomi, Teknik, Bahasa, Manajemen, Kehutanan, Geografi, Sejarah, Informatika, Kesehatan/Kedokteran, Statistik, dll (kecuali Hukum, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi Negara, Agama, dan Teologi)

f. Aktif mengikuti organisasi atau dikomunitas diutamakan

g. Berbahasa Inggris Fasih diutamakan

h. Mahasiwa tidak sedang menerima beasiswa lainnya.

 

Berkas pendaftaran Beasiswa VDMS / VDMI yang harus dipersiapkan:

1. Unduh List of Required Document

2. Siapkan SKTM dari kelurahan dan atau Surat  Keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh pihak kampus dan ditanda tangani pihak berwenang

3. Slip gaji orang tua atau penghasilan orang tua (wiraswasta) dan disahkan oleh pihak keluarahan dan surat keterangan usaha yang ditandatangani diatas materai 10.000 oleh orang tua/wali.

4. Transkip nilai terbaru

5. Fotocopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)

6. Fotocopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

7. Fotocopi KK (Kartu Keluarga)

8. Fotocopi tagihan listrik 2 bulan terakhir

9. Fotokopi buku tabungan (depan) atas nama mahasiswa calon penerima Beasiswa VDMS / VDMI

10. Membuat esai berbahasa Inggris tentang diri pribadi, keluarga, studi, kegiatan organisasi, mengapa Beasiswa VDMS / VDMI harus memilih anda layak untuk mendapatkan beasiswa, apa yang Anda harapnkan ketika menerima Beasiswa VDMS / VDMI, dan kontribusi apa yang akan kamu berikan ke masyarakat ketika menerima Beasiswa VDMS / VDMI dan lulus kuliah (min. 1,5 hlm, Font: Palatino Linotype, Ukuran 11, spasi 1)

11. Pas Foto terbaru 4 X 6

 

Apa saja sih yang kita dapatkan dari beasiswa VDMS 2023? Tentunya bagi penerima beasiswa VDMS akan memperoleh dana pendidikan yang akan masuk ke nomor rekening pribadi sebesar Rp. 650.000 per bulan dan akan mendapatkan bonus satu kali TOEFL (jika ada) sebesar Rp. 381.000 dan juga akan mendapatkan bonus pelatihan pengembangan pribadi.


Waktu dan Cara Pendaftaran Beasiswa VDMS/YVDMI 2023

Yang menarik dari beasiswa VDMS atau disebut dengan beasiswa YVDMI adalah cukup rutin ditawarkan bagi mahasiswa hingga masa akhir studi sesuai pendidikan dan mampu mempertahankan IPK minimal 3.00.


Untuk cara pendaftaran pastikan kampus kamu bekerjasama atau masuk daftar mitra beasiswa VDMS/YVDMI. Jika tertera dan menjadi mitra beasiswa kamu bisa mnegajukannya dengan tahapan berikut:


Pertama: pastikan pelamar mendaftar terlebih dahulu secara online di website resmi VDMS (tersedia pada jam dan hari kerja) masukan email aktif dan isi secara online. Pastikan isi semua data dengan benar.


Kedua: peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan email pemberitahuan tentang kelolosan dan siap untk melengkapi pemberkasan / persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima bantuan beasiswa VDMS.


Untuk waktu pendaftaran bisa melihat website resmi VDMS karena IDBeasiswa hanya memberikan sekadar informasi beasiswa VDMS/VDMI. Dan ketika mendaftar beasiswa pastikan email dan no hanphone selalu aktif supaya saat pengumuman bisa dihubungi.