Pendaftaran Beasiswa di UIN Alauddin Makasar Tahun 2024 2025 - Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

Pendaftaran Beaiswa UIN Alauddin Makassar, Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN Alauddin Makassar, Beasiswa Supersemar, Beasiswa Prestasi UIN Alauddin Makassar, Jenis-jenis Beasiswa di UIN Alauddin Makassar, Syarat dan Tata Cara Pendaftaran Beasiswa di UIN Makassar, PMB UIN Alauddin Makassar, Jadwal Ujian Masuk Mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar.

 

Pendaftaran Beasiswa UIN Alauddin Makassar


Beasiswa UIN Alauddin Makassar Terbaru – Bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin atau yang biasa kita sebut dengan UIN Alauddin Makassar dapat memperjuangkan beberapa beasiswa yang telah ditawarkan oleh pihak intitusi mulai dari beasiswa tidak mampu hingga beasiswa prestasi. Namun dalam mendapatkan beasiswa tersebut tentunya ada beberapa syarat dan mekanisme yang harus dilalui mulai dari syarat administrasi hingga proses seleksi bahkan sampai tahap wawancara.


Namun sebelum kesana, apa saja sih beasiswa yang ditawarkan di UIN Alauddin Makasar yang dapat mahasiswa perjuangkan, nah disini Idbeasiswa mencoba akan menjelaskan beberapa program beasiswa yang di buka dan diperuntukan bagi mahasiswa UIN Alauddin Makasar.


Jenis-jenis Beasiswa UIN Alauddin Makasar

Pemberian beasiswa yang diberikan pihak UIN Alauddin Makassar  bagi mahasiswanya tentu tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis. Untuk mengetahui jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan UIN Alauddin Makasar simak penjelasannya sebagai berikut:


1. Beasiswa KIP Kuliah UIN Alauddin Makassar

Beasiswa KIP Kuliah memang menjadikan beasiswa  favorit dari seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta bahkan hingga PTKIN termasuk di UIN Alauddin Makassar. Hal ini dikarenakan pemberian beasiswa penuh bagi mahasiswa yang terdaftar di UIN Alauddin Makasar hingga 8 semester dan lebih uniknya lagi penerima beasiswa KIP Kuliah akan mendapatkan uang bulanan dengan besaran kurang lebih Rp. 750.000/bulan.


Siapa yang tidak tertarik untu mengikuti program beasiswa KIP Kuliah khususnya di UIN Alauddin Makasar. Untuk syarat utama tentunya bagi mereka yang kurang mampu namun memiliki kemampuan akademik baik dan dapat dibuktikan serta menjadi mahasiswa baru di UIN Alauddin Makassar.


Bagi kamu yang memiliki spesifikasi untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah di UIN Alauddin Makassar dapat mengunjungi website resminya supaya tidak ketinggalan informasi beserta persyaratan secara detail.


2. Beasiswa Supersemar UIN Alauddin Makassar

Beaiswa Supersemar diperuntukan bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar aktif dengan memiliki persyaratan dengan nilai IPK 3.00 dan minimal sedang meempuh pendidikan disemester 3 dan syarat terpenting lainnya yakni dari keluarga yang kurang mampu.


Bagi kamu yang memiliki persyaratan dan kualifikasi tersebut bisa mencoba untuk mendaftarnya dan pastikan memeuhi segalanya.


3. Beasiswa Mandiri Prestasi UIN Alauddin Makassar

Beasiswa prestasi diperuntukan bagi mahasiswa aktif dan mimiliki segudang prestasi. Biasanya beaiswa ini diperuntukan bagi setiap fakultas dengan kouta masing-masing 10 orang dan akan mendapatkan uang sebesar kurang lebih 6 juta rupiah.


Tertarik ingin mendapakan beasiswa prestasi bukan? tentunya kualifikasi ini sangat ketat bagi orang-orang yang benar-benar prestasi dan memiliki kelebihan dibanding mahasiswa lainnya.


4. Beasiswa Pemprov Sulawesi Selatan

Beasiswa ini diadakan oleh Pemprov Sulawesi Selatan dan dipeuntukan khusus bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang benar-benar berasal dari Sulawesi Selatan dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lainnya dibuktikan dengan surat pernyataan dan telah ditanda tangani.


5. Beasiswa Madrasah Aliyah (MA)

Beasiswa Madrasah Aliyah yang ada di UIN Alauddin Makassar diperuntukan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan lulusan MA. Beasiswa ini juga dibagikan diseluruh fakultas masing-masing fakultas yang ada di UIN Alauddin Makassar dengan bantuan kurang lebih sebesar Rp. 5 juta rupiah.


Nah, bagi kamu yang ingin mencoba dan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan setiap beasiswa bisa untuk mencoba memperjuangkannya. Adapun syarat secara umum bisa simak penjelasannya secara lengkap.


Syarat Umum Jika Ingin Mendapatkan Beasiswa UIN Alauddin Makassar

Syarat tentunya menjadikan aturan yang harus diikuti bagi peserta calon penerima beasiswa yang terdapat di UIN Alauddin Makassar. Inilah beberapa syarat secara umum yang bisa kamu penuhi untuk mendaftarnya:

1 Makasiswa aktif UIN Alauddin Makassar yang dibuktikan dengan memiliki KTM

2. memiliki atau mendapatkan IPK minimal 3.00

3. Sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun tanpa terkecuali

4. Berasal dari keluarga kurang mampu

5. memiliki prestasi baik secara akademik maupun non akademik dan berperan aktif diorganisasi kampus bahkan luar kampus.

Itulah beberapa persyaratan secara umum yang bisa kamu persiapkan untuk mendaftar beasiswa yang tersedia di UIN Alauddin Makassar dan supaya mendapatkan beasiswa tersebut Idbeasiswa mencoba akan memberikan tipsnya.

Tips Mendapatkan Beasiswa Terbaru di UIN Alauddin Makassar

Berikut tips yang bisa kamu coba supaya mendaptakan beasiswa disini, berikut diantaranya:

1. Aktif dalam mencari segala informasi mengenai beasiswa yang telah disediakan kampus biasanya pengeumuman tersebut di panjang dimading kampus atau website resmi.

2. Berperan aktif dalam organisasi kampus, tentunya akan membantu ketersediaan informasi atau persyaratan yang dibutuhkan.

3. Bersikat dan berperilaku baik karena beberapa beasiswa akan membutuhkan persyaratan tersebut dan jangan sampai melanggar kode etik kampus.

Itulah serba-serbi terkait beasiswa yang tersedia di UIN Alauddin Makassar. Bagi kamu yang penasaran kapan beasiswa tersebut dibuka, maka temukan segala informasinya di idbesiswa.id

Tentu beasiswa tersebut tentunya mustahil kamu dapatkan jika kamu bukan bagian dari mahasiswa UIN Alauddin Makassar untuk itu bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut dan menjadi bagian dari keluarga bisa untuk mendaftar di UIN Alauddin Makassar, nah beriut jadwal penerimaan mahasiswa baru (PMB).


Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar Tahun 2024 2025

Berikut jadwal yang harus kamu ketahui untuk mengikuti proses seleksi Ujian Masuk Mandiri UIN Alauddin Makasar tahun akademik 2024 2025:

1. Pembayaran Bank BNI: Tanggal April s/d 30 Juni 2024

2. Pendaftaran: Tanggal April s/d 30 Juni 2024

3. Seleksi: 18 s/d 23 Juli 2024

4. Pengumuman: Agustus 2024

Bagi kamu yang belum tau atau ingin tau program studi apa saja yang ditawarkan di UIN Alauddin Makassar, simak penjelasannya sebagai berikut:


Program Studi Ditawarkan di UIN Alauddin Makassar

KELOMPOK IPA

1.        PENDIDIKAN FISIKA

2.        PENDIDIKAN BIOLOGI

3.        PENDIDIKAN MATEMATIKA

4.        TEKNIK INFORMATIKA

5.        TEKNIK ARSITEKTUR

6.        TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH & KOTA

7.        MATEMATIKA

8.        FISIKA

9.        BIOLOGI

10.    KIMIA

11.    ILMU PETERNAKAN

12.    KEPERAWATAN

13.    KESEHATAN MASYARAKAT

14.    FARMASI

15.    KEBIDANAN (D3)

16.    PENDIDIKAN DOKTER

17.    SISTEM INFORMASI

 

KELOMPOK IPS

1.        PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

2.        PENDIDIKAN BAHASA ARAB

3.        PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

4.        MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

5.        PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)

6.        HUKUM KELUARGA ISLAM (AHWAL SYAKHSHIYYAH)

7.        EKONOMI ISLAM

8.        HUKUM TATANEGARA (SIYASAH SYARIYYAH)

9.        PERBANDINGAN MADZHAB DAN HUKUM

10.    MANAJEMEN

11.    ILMU HUKUM

12.    AKUNTANSI

13.    ILMU EKONOMI

14.    AQIDAH & FILSAFAT ISLAM

15.    SOSIOLOGI AGAMA

16.    STUDI AGAMA-AGAMA

17.    ILMU HADIST

18.    ILMU POLITIK

19.    ILMU ALQUR’ AN DAN TAFSIR

20.    BAHASA DAN SASTRA ARAB

21.    SEJARAH DAN KEBUDAYAAN ISLAM

22.    BAHASA DAN SASTRA INGGRIS

23.    ILMU PERPUSTAKAAN

24.    BIMBINGAN & PENYULUHAN ISLAM

25.    KOMUNIKASI & PENYIARAN ISLAM

26.    PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

27.    KESEJAHTERAAN SOSIAL

28.    MANAJEMEN DAKWAH

29.    JURNALISTIK

30.    ILMU KOMUNIKASI

31.    MANAJEMEN HAJI DAN UMRAH

32.    HUBUNGAN INTERNASIONAL

33.    ILMU FALAK

34.    HUKUM EKONOMI SYARIAH (MUAMALAH)

35.    PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

36.    PERBANKAN SYARIAH

Nah, bagi kamu yang  berminat ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Perguruan Tinggi di UIN Alauddin Makassar, bisa kunjungi website resminya karena lengkap dengan segala informasi yang kamu butuhkan mulai dari beasiswa yang ditawarkan di UIN Alauddin Makassar hingga biaya yang kamu perlukan selama studi supaya bisa menjadi bahan pertimbangan ketika benar-benar menjadi bagian dari mahasiswa UIN Alauddin Makassar