7 Kampus UIN Terbaik Beserta Program Beasiswa Kuliah yang Ditawarkan

7 Kampus UIN Terbaik di Indonesia Beserta Beasiswanya – Universitas Islam Negeri atau yang biasa kita kenal dengan sebutan UIN tersebar diseluruh Indonesia dan tidak kalah seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya. Karena berbagai prodi mulai ada di UIN seperti Kedokteran dan prodi umum lainnya.


Kampus UIN Terbaik Di Indonesia

Sehingga UIN menjadi banyak incaran bagi pelajar/siswa yang ingin melanjutkan studi hingga ke jenjang S1 bahkan hingga S3. Kuliah di UIN tentunya kamu akan mendapatkan ilmu umum dan dibarengi dengan ilmu keagamaan.


Bagi kamu yang masih bingung tentang UIN disini IDBesiswa coba akan menjelaskannya supaya tidak salah paham dalam memilih perguruan tinggi demi masa depan kamu. UIN sendiri merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI selain UIN juga ada seperti IAIN ataupun STAIN.


Nah, bagaimana bisa kuliah di UIN? Untuk bisa melanjutkan pendidikan ke UIN tentunya melalui seleksi ujian masuk perguruan tinggi dengan mengikuti program yang telah ditentukan diantaranya: 1. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Jalur Mandiri tiap-tiap PTKIN. Adapaun jadwal jalur masuk bisa kunjungi website masing-masing PTKIN.


Kedepannya, Kemana kamu akan melanjutkan kuliah? Sebagai bahan pertimbangan atau referensi, berikut beberapa Universitas Islam Negeri (UIN) yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT:


7 Kampus UIN Terbaik dan Berakreditasi A

Tentunya akreditasi A menjadikan bahan pertimbangan bagi sebagian orang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, untuk itu IDBeasiswa mencoba menerangkan 7 Kampus UIN yang berakrediatasi A sebagai berikut:


1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Meskipun Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah berada di Provinsi Banten namun lebih dikenal dengan sebutan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terdiri dari 3 kampus dengan posisi kampus I dan II berada di kawasan Ciputat, Tanggerang Selatan sedangkan kampus III berada di wilayah Kabupaten Tanggerang.


Adapun jurusan yang ditawarkan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebagai berikut: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Syariah dan Hukum, Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Sains dan Teknologi, Dirasat Islamiyah, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Psikologi, Fakultas Adab dan Humaniora serta Ekonomi dan Bisnis.


2. UIN Sunang Gunung Djati Bandung

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi salah satu favorit pergurauan tinggi yang banyak dipilih bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.


Adapun jurusan yang ditawarkan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yakni Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Psikologi, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Ushuluddin.


3. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

PTIN yang berada di Yokyakarta dan menjadi salah satu Kota Pelajar di Indonesia UIN Sunan Kalijaga pun menjadikan Perguruan Tinggi Islam favorit. Dan berikut beberapa fakultas ang ditawarkan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora, serta Ekonomi dan Bisnis Islam.


4. UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo yang berada di pusat Jawa Tengah yakni Kota Semarang menawarkan beberapa jurusan mulai jenjang S1 yakni Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Humaniora, Sains dan Teknologi,  Syariah dan Hukum, Dakwah dan Komunikasi, Psikologi dan Kesehatan, serta Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi dan Bisnis Islam.


5. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan UIN Malang berada di Provinsi Jawa Timur dan merupakan salah satu Kota Peajar di Indonesia yaitu Malang. Adapun fakultas yang ditawarkan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yakni Tarbiyah dan Keguruan, Syariah, Humaniora, Ekonomi, Sains dan Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Psikologi.


6. UIN Sunan Ampel Surabaya

Jawa Timur tepatnya di Surabaya juga ada Universitas Islam Negeri yang menjadi favorit bagi pelajar yaitu UIN Sunan Ampel. Adapun fakultas di UIN Sunan Ampel diantaranya: Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi dan Kesehatan.


7. UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar tentunya berada di Sulawesi Selatan dengan beberapa fakultas yang bisa kamu pilih diantarannya: Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.


Moga informasi yang Idbeasiswa berikan bermanfaat ya bagi kamu yang sedang menentukan pilihan untuk mencari Perguruan Tinggi Negeri khususnya di UIN. Dan tentunya setiap UIN menawarkan beragam beasiswa yang bisa diperjuangkan.


Jenis-jenis Beasiswa Kuliah di UIN

Mungkin ada sebagian orang terkendala secara ekonomi sehingga beaiswa bisa menjadikan jalan alternatif untuk dapat melanjutkan pendidikannya apalagi bagi mereka yang ingin kuliah di UIN sehingga segala informasi mengenai beasiswa akan dicari dan untuk itu kami mencoba mengulas beberapa beasiswa yang ditawarkan di UIN antara lain:

1. Beasiswa KIP Kuliah

2. Beasiswa Tahfidz

3. Beasiswa Prestasi

4. Beasiswa Djarum Plus

5. Beasiswa Baznas

6. Beasiswa PPA

7. Beasiswa Bank Indonesia

8. Dan beasiswa lainnya


Masih banyak beasiswa yang bisa kamu dapatkan selain diatas karena terkadang beasiswa tersebut datang dari daerahnya masing-masing seperti beasiswa Pemprov dan info mengenai beasiswa bisa kunjungi website resminya.