Pengertian, Manfaat dan Jenis-jenis Beasiswa

Pengertian Beasiswa, Manfaat dan Jenis-jenisnya – Hallo sobat IDBeasiswa Lover, tentunya sudah tau dong mengenai apa itu beasiswa. Ya betul, beasiswa adalah bantuan dari pihak ketiga bagi pelajar yang sedang menempuh pendidikan baik tingkat sekolah maupun kuliah.


Pengertian, Manfaat dan Jenis-jenis Beasiswa

Bahkan tidak jarang bagi mereka yang sudah lulus sekolah maupun kuliah masih berburu beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya hingga jenjang yang lebih tinggi misal lulus SMA cari beasiswa untuk kuliah, atu sudah lulus S1 cari beasiswa untuk lanjut hingga S3 karena ilmu tidak akan ada habisnya malaupun hingga ke jenjang yang paling tinggi.


Nah bagi IDBe lover, disini kami mencoba membahas secara mendetail dan lengkap terkait seluk beasiswa mulai dari pengertian, manfaat, jenis hingga contoh-contoh beasiswa bahkan hingga persyaratan yang harus di penuhi untuk dapat mengajukan beasiswa tersebut. Penasaran bukan? yuks, simak penjelasaanya dibawah ini:


Pengertian Beasiswa?

Kurang afdol rasanya ketika sudah masuk ke pengertian kata kalu tidak merujuk pada kamus KBBI. KBBI atau yang biasa kita kenal dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Pemerintah melalui Badan Bahasa Kemendikbut, jadi bagi IDBe Lover tidak perlu ragu lagi terkait keabsaan mengenai arti beasiswa ya.

 

“Menurut KBBI sendiri Beasiswa adalah tunjangan atau bantuan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai biaya belajar”

 

Sudah jelas bukan pengertian beasiswa diatas menurut KBBI atu yang lebih detailnya beasiswa merupakan bantuan biaya sehingga seorang pelajar bisa melanjutkan pendidikannya dengan biaya yang lebih ringan. Dan perlu diketahui, karena beasiswa sendiri merupakan bantuan sehingga besarannyapun berbeda-beda sehingga ada yang mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship), beasiswa sebagian (partial scholarship) bahkan ada juga beasiswa berupa bantuan fasilitas saja guna menunjang pembelajaran.


Manfaat Beasiswa

Beasiswa tentunya akan memberikan manfaat bagi penerimanya sehingga banyak sebagian orang mengecar beasiswa guna melanjutkan pendidikannya, diantara manfaatnya antara lain:

1. Keringanan biaya sekolah tau biaya kuliah.

Asyik bukan ketika kita diberikan kesempatan menerima beasiswa sekolah maupun kuliah sehingga dalam proses pembelajaran bisa fokus tanpa memikirkan besaran biaya yang dibayar.


2. Mendapatkan relasi semakin besar semama penerima beasiswa

Biasanya pemberi beassiswa akan mengadakan serangkaian kegiatan bagi para penerima beasiswa dalam suatu acara sehingga penerima beasiswa berkesempatan berkenalan dengan penerima beasiswa lainnya dan bisa berbagi info mengenai kuliah atau sekadar ngobrol.


Nah disini kamu akan diberikan keuntungan untuk dapat memanfaatkan moment menambahkan sebuah pertemanan atau relasi dibanding teman lainnya. Dan perlu diketahui penerima beasisa tentunya bukan orang-orang biasa saja sehingga kamu bisa saling menguntungkan satu sama lain.


Sebenarnya keuntungan masih banyak diantaranya: bisa memasukan fortofolio karena suatu kebanggaan ketika kita lolos dan dinyatakan penerima beasiswa dengan saingan ribuan orang. Dan jenis apa saja sih beasiswa yang bisa kamu ajukan berikut jenis-jenisnya:


Jenis-jenis Beasiswa

Setelah kita mengetahui akan pengertian serta manfaat beasiswa, perlu juga kita untuk mengetahui jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan. Berikut beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan dan bisa untuk kamu mencoba mengajukannya:

1. Beasiswa Pemerintah

Contoh: Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

2. Beasiswa Swasta

Contoh: Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa Gudang Garam DLL

3. Beasiswa BUMN

Contoh: Beasiswa BI, Beasiswa BRI DLL

4. Beasiswa Organisasi

Contoh: Beasiswa VDMS / VDMI


Tentunya beasiswa yang ditawarkan masih banyak sehingga jangan sampai ketinggalan informasi. Nah disini IDBe lover paham kan tentang seluk beluk beasiswa? Sebagi informasi tambahan tentunya banyak info-info beasiswa disetiap perguruan tinggi masing-masing sehingga bisa kamu untuk mencari diwebsite idbeasiswa atau website resminya masing-masing.