Cara Membuat Motivation Letter Beasiswa yang Benar dan Cepat Diterima

Cara Membuat Motivation Letter Beasiswa yang BenarMotivation Letter biasa kita sebut dengan statemnet of purpose yang arti singkatnya adalah suatu dokumen yang di perlukan untuk mendaftar beasiswa. Tentunya Motivation Letter berisikan tentang ketertarikan dan alasan-alasan kita terhadap beasiswa yang sedang kita ajukan.

Itulah pengertian singkat pengenai Motivation Letter. Nah, apa saja yang harus diisi ketika membuat Motivation Letter supaya menarik sehingga kita dapat mendapatkan beasiswa yang kita ajukan? Simak penjelasaannya sebagai berikut:


ISI MOTIVATION LETTER

1. Jelaskan data diri Anda dengan singkat

2. Jabarkan latar belakang pendidikan Anda. Biasanya motivation letter dibuat karena kebutuhan untuk mendapatkan beasiswa

3. Tuliskan Prestasi atau pengalaman yang pernah Anda raih

4. Jelaskan skill atau kemampuan yang Anda miliki.

5. Jelaskan alasan Anda mendaftar beasiswa. Jelaskan dengan lugas dan jujur tanpa bertele-tele

6. Jelaskan mengapa Anda Layak mendapatkan beasiswa

7. Jelaskan masa depan Anda ketika mendapatkan beasiswa tersebut.

Itulah yang harus diisi saat membuat Motivation Letter. Tentu bagi yang belum pernah membuat akan merasa bingung cara menulis Motivation Letter beasiswa yang benar. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:


CARA MENULIS MOTIVATION LETTER YANG BENAR

Berikut tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam menulis Motivation Letter yang baik dan benar:

1. Ketika menuliskan latar belakang dan pekerjaan sebaiknya yang sejalan. Hal ini perekrut tentunya akan melihat minat dan konsistensi Anda.

2. Gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar. Jangan menggunakan bahasa yang bertele-tele atau berlebihan yang menggambarkan kesombongan , namun juga jangan menunjukan bahwa Anda orang yang pesimis.

3. Tulislah Motivation letter secara terstuktur dan berikan penjelasan singkat yang menarik.

4. Tulis dan uraikan kelebihanmu yang membedakan Anda dengan kandidat lain

5. Jelaskan tujuan Anda dan tulis dengan singkat jangan bertele-tele sehingga Anda layak mendapatkannya

6. Bedakan Motivation Letter untuk setiap tujuan. Hindari mpembuatan yang berulang-ulang karena setiap Anda mendaftar di setiap beasiswa tentunya berbeda

7. Tulislah kekurangan Anda jika memilikinya, namun sertakan juga Anda tetap yang terbaik dari kandidat lainnya.


Beberapa hal yang harus dihindari saat menulis Motivation Letter.

Jika Anda diharuskan untuk membuat Motivation Letter, perlu diingat ada beberapa hal yang harus di hindari dalam penulisannya, seperti:

1. Tata bahasa yang salah. Ketika sudah selesai membuat alangkah lebih baiknya untuk di cek kembali

2. Jangan menggunakan bahasa informal. Hinari baha-bahasa gaul karena akan membuat Anda tidak profesional

3. Tidak percaya diri. Pembuatan Motivation Letter harus menggambarkan kepercayaan diri Anda, bahwannya Anda layak untuk dipertimbangkan.

4. Mengeluh dan menyalahkan kondisi/keadaan. Dalam penulisan hindari tulisan tentang keluhan atau menyalahkan kondisi disaat menulis kelemahan. Alangkah lebih baiknya, Anda harus tunjukan solusi dan rencana untuk masa depan yang lebih baik.

Itulah cara menulis Motivation Letter yang beasiswa yang benar dan cepat diterima yang bisa coba Anda lakukan. Semoga hal ini bermanfaat bagi para calon pendaftar beasiswa.