Panduan Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 2024 untuk Program S2 dan S3

Penerimaan Beasiswa LPDP, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), Pendaftaran Beasiswa LPDP Online, Pendaftaran Online Beasiswa LPDP,  Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP, Informasi Beasiswa LPDP, Beasiswa Magister dan Doktor, Beasiswa S1 S2 S3, Beasiswa MBA, Beasiswa Tesis dan Disertasi, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis, dan Presidential Scholarship. 2025. 2026.

 

Kesempatan kali ini mimin akan membagikan informasi tentang seputar Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 2024. Dengan adanya informasi ini bisa dijadikan panduan bagi yang  ingin melnjutkan pendidikan dengan mendaftar program beasiswa LPDP. Informasi lebih lengkapnya, bisa simak enjelasan sebagai berikut.

 


Beasiswa LPDP 2023 2024

Beikut daftar isi yang akan kita ulas mengenai program beasiswa LPDP 2023 2024 yang bisa dijadikan referensi.

1. Kilas balik tentang beasiswa LPDP

2. Persyaratan Beasiswa

3. Jenis-jenis Beasiswa

4. Tata Cara dan Prosedur Pendaftaran

5. Waktu pendaftaran Beasiswa LPDP

6. Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa LPDP

7. Kontak Resmi

 

Tentang Beasiswa LPDP

Biaya kuliah merupakan faktor pending yang dapat menentukan sesorang untuk dapat melanjutkan pendidikannya ataupun tidak. Sehingga banyak orang cerdas terkendala dari segi biaya yang harus dikeluarkan sangat besar manalagi jika berkeinginan kuliah di uar negeri dan tentunya biayanya sangat besar.


Namun, sebenarnya hal tersebut bisa diatas jika memiliki keinginan kuat karena Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan solusi terbaik bagi calon mahasiswa atau mahasiswi Indonesia yang ingin melanjutkan jenjang S2 S3 baik diperguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri berupa program beasiswa yang biasa kita kenal dengan Beasiswa LPDP.


Persyaratan Beasiswa

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Lulusan program studi (Prodi):

a. Perguruan Tinggi (Terakreditasi BAN-PT)

b. Perguruan Tinggi kedinasan (Diakui pemerintah Indonesia)

c. Perguruan Tinggi diluar negeri (Terdaftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud)

3. Memiliki jiwa kepemimpinan (Bukti dokumen yang relevan)

4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan (bukti dokumen yang relevan)

5. Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum (Tanta tangan basah/asli)

6. Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik (Tanta tangan basah/asli)

7. Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia (Tanta tangan basah/asli)

8. Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain (Tanta tangan basah/asli)

9. Memiliki izin atau mendapatkan Surat Tugas Belajar (Dari atasan jika sedang bekerja)

10. Mendapatkan Surat Keterangan (Suket) dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.

11. Memilih program studi (prodi) dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.

12. Mengupload Essay (kurang lebih 500 - 700 kata) dengan tema :

a. Peranku bagi Indonesia

b. Sukses terbesar dalam hidupku.

13. Rencana Studi untuk program Magister.

 

Jenis-jenis Beasiswa LPDP

Program beasiswa LPDP dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1.    Beasiswa Magister dan Doktor

2.    Beasiswa Tesis dan Disertasi

3.    Beasiswa Afirmasi

4.    Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis

5.    Presidential Scholarship

 

Nah, dari lima program beasiswa tersebut, kamu bisa memilih salah satu program yang sesuai kebutuhan.

 

Benefit beasiswa

Jika kamu dinyatakan diterima menjadi peserta program beasiswa LPDP maka banyak manfaat yang kamu dapatkan diantaranya: Biaya Kuliah hingga tunjangan biaya hidup.

 

Selanjutnya Idbeasiswa akan memberikan ulasan mengenai jenis-jenis beasiswa LPDP, simak info selengkapnya sebagai berikut:

 

1. Beasiswa Magister dan Doktor 

Program beasiswa ini diberikan untuk membiayai pendidikan jenjang magister dan doktoral di perguruan tinggi dalam negeri maupun  perguruan tinggi luar negeri.

 

Jika kamu berminat ingin melanjutkan kuliah S2 S2 di universitas dalam negeri maupun luar negeri bisa mencoba beasiswa yang satu ini.

 

2. Beasiswa Tesis dan Disertasi 

Beaiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhirnya yaitu tesis (S2) dan disertasi (S3) yang mengalami kendala masalah pembiayaan disuatu Perguruan Tinggi di Dalam Negeri maupun di Luar Negeri, maka mahasiswa tersebut mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program beasiswa LPDP jenis Beasiswa Tesis dan Disertasi

 

3. Beasiswa Afirmasi 

Program beasiswa afirmasi dari LPDP merupakan program beasiswa yang diberikan bagi putra putri bangsa Indonesia yang telah berjasa dan mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam kanca Internasional namun tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister maupun doktoral karena terkendala masalah ekonomi.

 

Beasiswa afirmasi juga dapat dikategorikan atau diberikan bagi kellompok masyarakat yang berprestasi namun berasal dari keluarga miskin dan juga termasuk lulusan bidik misi.

 

Beasiswa Afirmasi jugamemberikan kesempatan bagi penerima untuk menentukan perguruan tinggi mana untuk melanjutkan pendidikannya baik perguruan tinggi dalam negeri maupun pergguruan tinggi luar negeri.

 

4. Beasiswa Pendidikan Dokter Spesialis 

Program ini dikhususkan bagi dokter spesialis untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

 

5. Indonesia Presidential Scholarship 

Program beasiswa Indonesia Presidential Scholarship merupakan program pemberian beasiswa bagi putra-putri terbaik supaya dapat menempuh pendidikan ke jenjang magister dan doktoral di univeritas terbaik di Dunia.

 

Program beasiswa yang satu ini diberikan untuk mempersiapkan putra-putri terbaik bangsa supaya dapat membantu dan mengisi dalam menyiapkan Indonesia menjadi negara maju pada 100 tahun kemerdekaan RI tetapnya pada tahun 2045.

 

 

Tata Cara dan Prosedur Pendaftaran

Jika berminta ingin mencoba, pendaftaran beasiswa LPDP dilakukan secara online. Namun, apabila sudah memiliki akun bisa langsung login dan jika sebaliknya harus membuat akun terlebih dahulu pada halaman tersebut.

 

Setelah akun terbuat kemudian login menggunakan email dan pasword yang sudah terdaftar dan unggah dokumen yang telah disyaratkan.informasi mengenai dokumen bisa kunjungi laman resminya.

 

Waktu pendaftaran Beasiswa LPDP

Pendaftaran program beasiswa LPDP biasanya dibuka 4 periode dari periode oktober sampai ke oktober tahun berikutnya sehingga para calon pelamar bisa mempersiapkan diri secara matang terkait syarat dan dokumen yang diperlukan.

 

 

Daftar Perguruan Tinggi Tujuan Beasiswa LPDP

PTKIN

UIN Sunan Ampel, UIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

 

PTN

IPB, ITB, ITS, UNAIR, UB ,UNDIP, UGM, UNAND, UNHAS, UI, UNPAD, UNS, UPI, UNJ, UNY

 

Selain nama-nama perguruan tinggi diatas masih banyak erguruan tinggi yang jadi incaran lainnya di luar negeri. Berikut daftar perguruan tinggi incara ara penerima beasiswa LPDP perguruan tinggi luar negeri, diantaranya:

 

Amerika Serikat, Australia, Britania Raya, Belanda, Jerman, Belgia, Kanada, China, Perancis, Hongkong, India, Pakistan, Rusia, Arab Saudi, Irlandia, Denmark, Finlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maroko, Mesir, New Zeland, Norwegia, Singapura, Swiss, Taiwan, Thailand, Spanyol, Swedia, dan Turki.

 

Kontak Resmi

Jima masih ada seputar pertanyaan mengenai beasiswa LPDP bisa langsung kunjungi laman remi atau hubungi kontak yang tersedia.

 

Website : lpdp.depkeu.go.id

No Tlp : 021 380 8392

 

Demikian informasi mengenai seputar Beasiswa LPDP 2023 2024 yang kamu coba. Silakan, bagian informai ini kepada para sahabat dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga sukses.