10 Daftar Tempat Tes TOEFL Lengkap Beserta Biayanya

Kebutuhan akan hasil tes TOEFL saat ini menjadi hal yang sangat penting. Mulai dari syarat kelulusan, masuk perguruan tinggi, melamar pekerjaan, hingga kenaikan pangkat. Oleh karenanya ada banyak yang mencari tempat kursus yang menyediakan tes TOEFL bersertifikat.

 

Daftar Tempat Tes Toefl


Selain itu saat ini ada banyak yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, maka hasil tes TOEFL atau IELTS menjadi sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Walau ada banyak lembaga yang menawarkan tes TOEFL tapi tidak semuanya kredibel. Oleh karena itu sebelum melakukan tes TOEFL perlu diperhatikan lembaga penyelenggara tes tersebut.

 

Pastikan lembaga itu merupakan lembaga resmi sehingga sertifikat hasil tes bisa dipertanggungjawabkan dan diterima oleh universitas maupun perusahaan yang dilamar. salah satu indikatornya adalah lembaga itu diakui oleh ETS (Educational testing Service). ETS sendiri merupakan sebuah lembaga resmi yang berada di Amerika Serikat yang memiliki tugas untuk mengurus IELTS.


10 Daftar Tempat Tes TOEFL Lengkap Beserta Biayanya

Nah, berikut daftar lembaga penyedia tes TOEFL lengkap dengan harganya yang bisa jadi rekomendasi.


International Education Specialists (IDP)

Salah satu tempat tes TOEFL adalah lembaga resmi ETS sehingga banyak direkomendasikan. Ada banyak variasi harga yang ditawarkan IDP tergantung dari jenis program yang dipilih. Untuk IELTS biaya yang diperlukan berkisar Rp2,9 juta. Ada juga kelas IELTS for UKVI dengan biaya sebesar Rp3,8 juta. Kemudian ada IELTS Life Skill dengan biaya sekitar Rp3 juta. Sementara untuk Academic dan General Training biayanya sama.

 

International Test Center (ITC)

Tempat tes TOEFL selanjutnya adalah International Test Center (ITC) yang menyediakan penyelenggaraan tes rutin setiap bulan. Tes TOEFL di ITC selalu diadakan di akhir pekan. Biaya yang dibutuhkan untuk mengambil kursus atau tes di ITC cukup variatif. Sebab ITC memang menyediakan banyak kelas untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Rata-rata biaya yang diperlukan adalah sekitar Rp2,9 juta.

 

British Council

Sudah umum diketahui jika British Council adalah salah satu tempat kursus bahasa Inggris terbaik. Bahkan British Council ditunjuk langsung oleh ETS sebagai salah satu lembaga kursus dan tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL. Harga yang ditawarkan tidak berbeda jauh dari dua lembaga sebelumnya yaitu sekitar Rp2,9 juta.

 

International Language Program (ILP)

Walau baru memiliki beberapa cabang tapi International Language Program (ILP) adalah salah satu lembaga yang bisa dijadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. ILP menawarkan beberapa program yang berbeda sehingga harga yang ditawarkan pun berbeda. Tes TOEFL sendiri masuk ke dalam program IPL Preparation Exam. Untuk mengambil kelas di IPL dibutuhkan biaya pendaftaran sebesar RP 150 ribu.

 

ESQ English Course

Selanjutnya ESQ English Course yang bukan hanya menyediakan tes TOEFL tapi juga beberapa tes lain seperti TOEIC dan IELTS. Biaya program untuk kursus bahasa Inggris reguler sekitar Rp1.850.000. Tentuya biaya tadi bisa jadi berubah sesuai kebijakan lembaga. Walau demikian kisaran biaya yang dibutuhkan untuk tes TOEFL-ITP yaitu Rp600.000. Setelah tes peserta akan mendapatkan sertifikat dari ETS setelah 8 hari kerja sejak pelaksanaan tes berlangsung. Ada juga program tes TOEFL-Like dengan harga lebih murah yaitu Rp165.000. Hanya saja untuk tes TOEFL-Like sertifikatnya dari ESQ English Course.

 

Golden English

Selain jasa tes TOEFL secara online,  Golden English juga menawarkan tes TOEFL offline dan beberapa jenis tes kemampuan bahasa Inggris lainnya. Untuk tes TOEFL online dari Golden English dengan durasi sekitar 125 menit dengan biaya sekitar Rp175.000. Dari harga yang sangat terjangkau itu masih ada benefit yang didapatkan yaitu satu kali kesempatan tes ulang jika gagal pada tes pertama. Kerennya lagi peserta dapat gratis akses materi via Telegram. Selain itu sertifikat tes tes TOEFL akan segera didapatkan setelah tes berlangsung.

 

SUN Education Group

Berikutnya ada SUN Education Group menyediakan tes TOEFL dan IELTS. Lembaga ini juga sudah memiliki beberapa cabang di berbagai kota. Kisaran harga yang tes di SUN Education Group bervariasi tergantung program yang diambil. Pendaftaran untuk mengambil kelas di SUN Education Group bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan pendaftar.

 

IES Foundation

Selanjutnya ada IES Foundation yang telah tersedia di beberapa kota Indonesia yaitu Jakarta, Jawa Barat, Banten, Depok, Medan, Balikpapan, Lampung. Tes yang ditawarkan juga bukan hanya TOEFL sedangkan harga yang dibutuhkan juga bervariasi dan bisa ditanyakan langsung ke call center untuk lebih jelasnya.

 

Edubright

Edubright juga menawarkan tes TOEFL online. Bukan cuma tes TOEFL, Edubright menyelenggarakan tes TOEIC dan IELTS dengan harga yang cukup variatif. Tes TOEFL PBT bisa dilakukan dengan biaya Rp250.000. Kemudian tes TOEIC L/R dipatok biaya sebesar Rp235.000. Semua proses dari pendaftaran sampai tes dilakukan secara online. Di mana semua peserta akan mendapatkan user ID untuk bisa mengakses tes. ID yang diberikan hanya berlaku selama 3 hari sehingga akan otomatis hangus jika tidak digunakan selama waktu tersebut.

 
Lembaga Bahasa Internasional (LBI) Universitas Indonesia

Last but no least, tempat tes TOEFL selanjutnya adalah Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia. Ya, Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi yang menyediakan tes TOEFL resmi dari ETS. Tempat tesnya juga cukup banyak seperti Gedung X lantai 1 Fakultas Ilmu Budaya Depok. Tes juga bisa dilakukan di Gedung Rektorat Lama Kampus UI Salemba. Selain tes TOEFL, LBI UI juga menyediakan tes IELTS.

 

Biaya yang dibutuhkan juga bervariasi tergantung tingkatan yang diambil. Sebab ada tiga tingkat untuk tes TOEFL yang ditawarkan yaitu tingkat dasar, madya, dan lanjutan dengan masing-masing tingkat memiliki durasi pembelajaran selama 52 jam. Tentunya setiap tingkat memiliki lokasi tes yang berbeda-beda sesuai jadwal. Untuk biaya kelas TOEFL di LBI UI sendiri yaitu Rp1.750.000 setiap tingkat.

 

Nah itu dia 10 rekomendasi tempat tes TOEFL terpercaya yang bisa dijadikan referensi untuk melakukan tes TOEFL. Kamu tertarik mengikuti tes TOEFL di lembaga yang mana?