Perbedaan TOEFL dan IELTS, Syarat Kuliah di Luar Negeri

Salah satu syarat yang wajib dipenuhi bagi IDB Lovers yang ingin kuliah di luar negeri adalah memiliki nilai tes TOEFL dan IELTS. Kedua tes tadi adalah tes untuk menguji kefasihan dan kemampuan bahasa Inggris.

 

Perbedaan TOEFL dan IELTS

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language. Sedangkan IELTS sendiri adalah International English Language Testing System. Walau namanya beda, tapi kedua tes tadi digunakan untuk menguji kemampuan kamu dalam membaca, menulis, dan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Sebab kemampuan itu adalah dasar agar kamu bisa memahami dan mengikuti pelajaran yang akan disampaikan dalam bahasa Inggris.

 

Seperti disebutkan sebelumnya baik TOEFL ataupun IELTS sejatinya sama yaitu untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Nah yang membedakan adalah bahwa ada beberapa kampus yang secara khusus meminta hasil tes TOEFL dan asa yang meminta tes IELTS. Hal itulah yang kadang membuat bingung calon mahasiswa tentang perbedaan kedua tes tadi. Selain itu perbedaan lainnya juga ada pada biaya dan durasi tes.


Perbedaan TOEFL dan IELTS

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak perbedaan TOEFL dan IELTS yang sudah Idbeasiswa.id rangkum.

 

1. Kampus yang meminta TOEFL dan IELTS

Selama ini banyak diyakini bahwa tes TOEFL menjadi syarat yang diminta oleh perguruan tinggi Amerika Serikat dan Kanada. Sedangkan tes IELTS disyaratkan oleh perguruan tinggi Australia, Irlandia, Inggris, dan juga Selandia Baru.

Namun, saat ini sudah banyak perguruan tinggi luar negeri yang menerima kedua tes bahasa Inggris tersebut. Nah, oleh karenanya kamu harus memeriksa dan memastikan dengan teliti syarat yang diminta oleh kampus yang kamu tuju. Sehingga kamu bisa memilih melakukan tes yang sesuai.

 

2. Bahasa Inggris yang digunakan dalam tes

Walau sama-sama menguji kemampuan bahasa Inggris, tapi bahasa yang digunakan dari kedua tes ini berbeda. Untuk TOEFL, bahasa Inggris yang digunakan adalah American English. Untuk IELTS menggunakan British English. Keduanya relatif sama, akan tetapi ada perbedaan yang harus diperhatikan. Perbedaan American English dan British English terletak pada ejaan, logat atau aksen pengucapan kata, juga idiom.

 

3. Biaya tes TOEFL dan IELTS

Biaya yang harus disiapkan untuk mengikuti tes TOEFL dan IELTS bisa dibilang tidak murah. Oleh karenanya sebelum melakukan tes, pastikan bahwa kamu sudah memiliki persiapan yang matang. Mulai dari kemampuan grammar, vocabullary, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri untuk bisa mengikuti tes TOEFL dibutuhkan biaya sekitar RP3,5 juta. Sedangkan untuk IELTS Academic biayanya tidak terlalu berbeda jauh yaitu kurang lebih Rp3 juta rupiah.

 

4. Metode tes

a. Tes TOEFL

Satu-satunya pengujian TOEFL yang resmi saat ini dilakukan dengan iBT atau Internet Based Test. Sebab pengujian TOEFL PBT atau Paper Based Test sudah ditiadakan. Tes TOEFL iBT dilakukan dengan komputer, artinya semua jawaban akan terekam oleh komputer. Selanjutnya di Indonesia sendiri ada rencana bahwa tes ini akan tersedia dalam bentuk ujian tulis atau TOEFL iBT Paper Edition.

 

b. Tes IELTS

Beda dari TOEFL, IELTS menyediakan dua macam pengujian. Pertama IELTS berbasis komputer yang baru tersedia di beberapa kota besar Indonesia. Metodenya sama dengan TOEFL iBT.

Kedua, IELTS tertulis yang artinya semua jawaban tes ditulis tangan. Lalu ada pada bagian speaking kamu akan berbincang langsung dengan tim penilai. Untuk IELTS berbasis komputer listening section umumnya lebih pendek daripada IELTS tertulis.

 

5. Nilai tes

Baik TOEFL iBT atau IELTS memiliki bagian tes yang serupa yaitu reading, writing, listening, dan speaking. Namun, keduanya memiliki rentang nilai yang berbeda. Untuk TOEFL iBT semua bagian memiliki poin total 30 yang akan dijumlah dan menghasilkan nilai maksimum sebesar 120.

Beda lagi dengan IELTS, setiap bagian dinilai dengan skor 0-9. Semua nilai dari tiap bagian akan diakumulasikan dan kemudian dibagi 4 dengan skor akhir diberikan dalam skala 0-9.

 

6. Durasi pengerjaan tes

Ada perbedaan yang mencolok dalam durasi pengerjaan TOEFL dan IELTS. Tes TOEFL berlangsung dengan waktu yang cukup lama yaitu hampir selama 4 jam. Adapun IELTS memiliki waktu tes separuh dari waktu tes TOEFL yaitu hanya sekitar 2 jam lebih.

 

7. Tingkat kesulitan

Membahas mana yang lebih sulit antara TOEFL dan IELTS sebenarnya tidak bisa dipastikan. Pasalnya ini adalah hal yang subyektif karena pada dasarnya kesulitan dari TOEFL dan IELTS relatif sama.

 

Nah itulah beberapa perbedaan tes TOEFL dan IELTS yang menjadi syarat pendaftaran kuliah di perguruan tinggi luar negeri. Sebelum mengambil tes TOEFL dan IELTS pastikan jenis tes yang jadi syarat masuk kuliah sudah tepat. Selain itu pastikan kamu mengambil tes tersebut di lembaga resmi yang sudah diakui.