6 Beasiswa Luar Negeri Tahun 2024 2025 yang Berikan Uang Saku Besar, Kamu Harus Tahu!

Setiap pencari beasiswa luar negeri tentu memiliki alasan tersendiri dalam memilih negara serta perguruan tinggi yang akan dituju. Bisa jadi karena tertarik dengan negaranya, jurusan kuliah, atau bahkan mungkin karena uang saku yang ditawarkan.


Daftar Beasiswa Luar Negeri

Masing-masing beasiswa luar negeri memiliki penawaran uang saku yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa beasiswa luar negeri yang memberikan uang saku besar pada penerimanya lho.


Beasiswa Luar Negeri yang Berikan Uang Saku Besar

Penasaran dong? Biar nggak makin penasaran simak ulasan tentang beasiswa luar negeri yang berikan uang saku besar yang sudah IDBeasiswa rangkum berikut.

 

1. KAUST Scholarship

King Abdullah University of Science and Technology Scholarship atau lebih dikenal dengan KAUST Scholarship merupakanbeasiswa dari pemerintah Arab Saudi. Beasiswa ini ditujukan untuk program master dan doktoral dalam bidang sains dan teknologi.


Yaps, seperti namanya KAUST Scholarship menawarkan beasiswa kuliah di King Abdullah University of Science and Technology, Arab Saudi. Perlu diketahui jika kampus ini menempati urutan ke-3 sebagai universitas terbaik di Arab Saudi. Sasaran beasiswa ini adalah mahasiswa internasional termasuk indonesia dan sama sekali tidak menarik biaya apapun dalam prosesnya.

 

KAUST Scholarship mencakup beberapa layanan seperti:

 

Biaya kuliah

Uang saku untuk program doktor  sebesar USD 25.000 atau setara dengan Rp. 388.001.250. Uang sakunya akan bertambah setelah lulus ujian kualifikasi menjadi sebesar USD 30.000 atau sekitar 465.601.500. Adapun uang saku untuk program master sebesar USD 20.000 atau Rp. 310.401.000. Uang saku tersebut diberikan per tahun.

Apartemen untuk tempat tinggal

Asuransi kesehatan

Tiket pesawat pulang pergi diberikan satu kali tiap tahun

Biaya pengurusan visa

Uang saku yang diberikan tadi termasuk cukup besar sehingga beasiswa ini pun banyak dicari oleh pencari beasiswa. Untuk cara pendaftaran yang lebih rinci bisa kunjungi situs resminya di https://www.kaust.edu.sa/en/study/faculty.

 

2. The Gates Cambridge

Seperti namanya, The Gates Cambridge Scholarship adalah beasiswa yang diadakan melalui donasi dari filantropi Bill Gates dan Melinda. Beasiswa ini pertama kali dibuka pada tahun 2000 silam untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Cambridge.

 

The Gates Cambridge merupakan beasiswa dengan tujuan untuk membuka hubungan secara global bagi para calon pemimpin masa depan yang memiliki komitmen pada perbaikan hidup khalayak umum. Setiap tahunnya disediakan sebanyak 80 kursi untuk penerima beasiswa dari seluruh dunia dan warga Amerika Serikat. Dengan rincian pembagian 55 kuota beasiswa untuk pendaftar internasional dan sisanya khusus untuk warga AS.

The Gates Cambridge Scholarship mencakup beberapa poin yaitu:

 

Biaya Kuliah

Tunjangan pemeliharaan senilai £ 18.744 atau sekitar Rp. 339.638.468 yang diberikan setiap tahun

Tiket pesawat pulang pergi

Biaya pengembangan akademik mencapai £ 500–£ 2.000 atau Rp. 9.059.925 hingga Rp. 36.239.700

Tunjangan keluarga bagi pelamar yang sudah memiliki anak sebesar (£ 10.944–£ 15.612 atau setara dengan Rp. 198.303.638-Rp. 282.887.098.

Beberapa biaya tunjangan lain seperti kerja lapangan, biaya darurat, dll

 

The Gates Cambridge Scholarship menjadi salah satu pemberi beasiswa dengan tunjangan terbesar. Selain itu ada pula tunjangan keluarga yang pastinya juga begitu besar. Silakan kunjungi situs resminya untuk mengetahui proses pendaftaran secara lebih detail di https://www.gatescambridge.org/

 

3. ADB-JSP

Asian Development Bank dan Japan Scholarship Program atau lebih dikenal dengan ADB-JSP menyediakan beasiswa full funded untuk program master dan doktoral. Setiap tahunnya disediakan sebanyak 300 kuota untuk penerima beasiswa. ADB-JSP diperuntukkan untuk program studi pembangunan meliputi manajemen, ekonomi, sains dan tentunya teknologi. Penerima beasiswa dikhususkan bagi mahasiswa internasional dari 10 negara yang sudah terdaftar, Indonesia merupakan salah satunya.

ADB-JSP memiliki cakupan beasiswa yang tak kalah besar dari beasiswa sebelumnya yaitu:

 

Biaya kuliah

Uang saku senilai Rp. 17,5 juta yang diberikan setiap bulan

Tunjangan perumahan

Tunjangan buku

Asuransi

Biaya transportasi

Dana bantuan persiapan tesis

 

Walau tidak diberikan secara rinci jumlah berbagai biaya tunjangan, tapi ADB-JSP menjadi beasiswa yang paling dicari karena uang saku yang ditawarkan besar. Untuk situs resminya sendiri bisa diakses di https://www.adb.org/

 

4. MEXT Scholarship

Pemerintah Jepang juga memiliki penawaran beasiswa yaitu MEXT Scholarship atau beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa dari kementerian pendidikan, kebudayaan dan olahraga, ilmu pengetahuan, dan teknologi Jepang ini memiliki lebih dari dari program. Programnya meliputi program research student, college of technology, undergraduate,  juga ada professional training college.

Banyaknya pilihan program membuat beasiswa ini memiliki keunggulan tersendiri dengan cakupan beasiswanya meliputi:

 

Biaya kuliah

Uang saku mencapai ¥ 117.000 atau setara dengan Rp. 12 Juta per bulan

Tiket pesawat pulang pergi

Biaya pengurusan visa

 

Seperti disebutkan sebelumnya beasiswa dari kementerian pendidikan Jepang ini mempunyai banyak program. Sehingga menjangkau lebih banyak kebutuhan dari pencari beasiswa. Situs resmi dari MEXT Scholarship bisa dikunjungi lewat  https://www.mext.go.jp

 

5. UST Scholarship

Korea Selatan menjadi salah satu tujuan kuliah para pencari beasiswa dan salah satunya adalah UST Scholarship. UST Scholarship ini hanya ditujukan untuk pelamar dari program master dan doktoral di University of Science and Technology. Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi riset terbaik di Korea Selatan dengan fokus di bidang Sains, teknologi, teknik, juga matematika.

UST Scholarship memiliki cakupan beasiswa yang cukup besar yaitu meliputi:

 

Biaya kuliah

Uang saku senilai Rp. 13 juta untuk program S2, dan Rp. 17 juta untuk program S3 yang diberikan per bulan.

Asuransi kesehatan

Bimbingan karir

Tiket pesawat

Tunjangan konferensi dan pelatihan

 

Tentu saja dengan Hallyu wave yang mendunia, Korea Selatan pun menjadi negara impian bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Selain itu, beasiswa yang ada juga menawarkan uang saku yang tidak sedikit. Situs resminya bisa diakses https://ust.ac.kr/admission_eng.do

 

6. LPDP

Tentunya beasiswa satu ini sudah tak asing bagi para pencari beasiswa. LPDP menjadi salah satu beasiswa paling populer untuk masyarakat Indonesia. Beasiswa LPDP sendiri dikelola oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan telah meluluskan banyak penerima dari berbagai kampus ternama di dalam dan luar negeri. LPDP ditujukan untuk pendidikan master dan doktoral baik di perguruan tinggi dalam atau luar negeri. Beasiswa LPDP memberikan fasilitas yang cukup besar bagi pada penerimanya yang meliputi:

 

Biaya hidup yang diberikan disesuaikan dengan lokasi pendidikan sehingga tidak disamaratakan.

Biaya pendaftaran

Biaya kuliah

Tunjangan buku

Biaya penelitian

Biaya seminar internasional

Transportasi

Biaya pembuatan visa

Asuransi kesehatan

Biaya kedatangan

Biaya darurat

Tunjangan keluarga bagi yang sudah memiliki anak dan menempuh program doktor

 

LPDP menjadi beasiswa paling populer dan cukup banyak dicari. Bahkan beberapa artis Indonesia juga meneruskan kuliah S2 mereka dengan beasiswa LPDP lho. Kunjungi situs resminya lewat: https://lpdp.kemenkeu.go.id/

 

Nah, itu tadi IDBLovers beberapa daftar beasiswa luar negeri yang menawarkan uang saku besar bagi pada penerimanya. Gimana jadi semakin tertarik mendaftarkan diri sebagai salah satu pelamar beasiswa di atas? Atau malah makin galau mau pilih yang mana?