Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Peserta KIP Kuliah 2023 Mulai dari Syarat, Prosedur serta Dokumen yang Harus Di Persiapkan

Bagi kalian yang ingin mendaftarakan diri menjadi peserta program beasiswa KIP Kuliah 2023 2024, simak penjelasan berikut sampai selesai ya. Kita akan ulas tata cara mendaftarkan diri menjadi peserta program beasiswa KIP Kuliah.

 

Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Peserta KIP Kuliah 2023 2024

Sebelum membahas lebih detail mengenai Tata Cara Mendaftarkan Diri menjadi Peserta KIP Kuliah, berikut daftar isi yang akan kita bahas kali ini:

1. Kilas Balik Tentang Beasiswa KIP Kuliah

2. Kapan Pendaftaran Beasiswa KIP kuliah 2023 di Buka

3. Persyaratan Beasiswa KIP kuliah

4. Dokumen Persyaratan KIP Kuliah

5. Cara Mendaftar Menjadi Peserta KIP Kuliah

6. Benefit Beasiswa

7. Kategori Penerima Beasiswa KIP Kuliah

8. Kampus Penerima Beasiswa KIP Kuliah

9. Official Accounts

 

 

Tentang Beasiswa KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah dan merupakan bantuan berupa Pembiayaan kuliah yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada para pelajar SMA MA SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi di Indonesia.

 

Program Beasiswa KIP Kuliah menjadi salah satu beasiswa favorit dan banyak peminatnya sehingga persaingan beasiswa KIP Kuliah semakin ketat hal tersebut dikarenakan program ini merupakan program beasiswa penuh hingga 8 Semester (4 tahun) dan ditambanh tunjangan bulanan bagi para penerimanya.

 

Program KIP Kuliah diperuntukan bagi mereka yang memiliki akademik baik namun dari keluarga kurang mampu, bisa mencoba program yang satu ini.

 

Kapan Pendaftaran Beasiswa KIP kuliah 2023 di Buka

Dikutip dari tahun 2022, pendaftaran beasiswa KIP Kuliah dibuka mulai bulan Februari hingga Oktober. Sementara untuk pendaftaran KIP Kuliah 2023 kemungkinan bisa mengacu pada bulan di tahun sebelumnya namun hal tersebut masih menunggu kepastian dari Kemendikbutristek.


Nah bagi kalian yang ingin mendaftar, sembari menunggu pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah 2023 di buka alangkah lebih baiknya mempersiapkan persyaratannya.

 

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa KIP kuliah 2023

Bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi salah satu peserta KIP Kuliah 2023 simak persyaratan nya sebagai berikut:

1. Penerima program beasiswa KIP Kuliah merupakan siswa SMA MA SMK Sederajat yang lulus dari sekolahn maksimal 2 tahun berjalan.

2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

3. Memiliki NSPN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

4. Memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang valid

5. Memiliki potensi akademik yang baik.

6. Berlatar belakang dari keluarga tidak mampu (keterbatasan ekonomi) dan dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu yang dikelurkan dan ditanda tangani oleh keluarahan/desa setempat yang berwenang.

7. Siswa memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang terdata di DTKS Kemensos (Data Terpadu Kesejahteran Sosial Kementerian Sosial)

8. Telah dinyatakan lulus seleksi dan diterima menjadi salah satu mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki akreditasi A atau B.

 

Dokumen Persyaratan Beasiswa KIP Kuliah

Berikut daftar dokumen yang harus dipersiapkan jika ingin mendaftarkan diri menjadi peserta program beasiswa KIP Kuliah 2023

1. Foto terbaru

2. Foto lengkap keluarga

3. Dokumen pendukung yang menunjang seperti: Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Kartu Kelaurga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH)

4. Foto rumah tampak depan, belakang, samping, ruang tamu, kamar mandi, dan kamar tidur.

5. Sertifikat prestasi: Juara olimpiade (jika ada)

6. Bukti Pembayaran PBB terbaru

7. Bukti pembayaran listrik atau pembeian token listrik selama 3 bulan terakhir

8. bukti pembayaran PDAM (bagi yang menggunakan)

9. Slip gaji bagi karyawan dan rincian pendapatan bagi yang bukan karyawan.


Tambahan: Bagi yang belum memiliki atau tidak memiliki KKS, KIP, atau PKH peserta wajib mengurus surat SKTM untuk pendukung dokumen persyaratan beasiswa KIP Kuliah.

 

Benefit Beasiswa KIP Kuliah

Jika kamu dinyatakan diterima menjadi salah satu penerima program beasiswa KIP Kuliah 2023, maka kamu akan mendapatkan beberapa benefit, berikut cakupannya:


1. Bantuan biaya pendidikan (biaya UKT/SPP) yang langsung dibayarkan ke pihak perguruan tinggi

2. Subsidi biaya hidup (besaran bantuan disesuaikan dengan pertimbangan masing-masing wilayah)

 

Kategori Penerima Beasiswa KIP Kuliah

Kriteria ekonomi yang dapat mendaftarkan diri menjadi peserta program beasiswa KIP Kuliah adalah

1. Pemegang KIP SMA/MA/SMK Sederajat

2. Pemegang KKS/PKH/BPNT

3. Peserta bearasal dari panti asuhan/panti sosial

4. Peserta terdaftar di DTKS Kemensos dengan keterangan Desi<4

5. Pendapatan kotor gabungan orang tua wali dengan nilai maksimal Rp. 4.000.00 atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi  jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00

 

Pelamar yang ingin mendaftarkan program beasiswa KIP Kuliah 2023 harus memenuhi salah satu kelima kriteria diatas. Jika kamu termasuk salah satu dari kriteria ekonomi tersebut, kamu layak untuk mendapatkan program beasiswa.

 

Kampus Penerima Beasiswa KIP

Kampus Penerima program KIP Kuliah tentunya memiliki kualifikasi yang telah ditentunkan di setiap prodi yaitu memiliki akreditasi A atau B.

Program ini bukan hanya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) namun juga bagi mereka yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

 

Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dilakukan secara online. Nah, jika ingin mendaftarkan diri bisa klik link berikut ini : FORM PENDAFTARAN KIP KULIAH 2023


Jika masih ada pertanyaan seputar program KIP kuliah bisa kunjungi laman resminya dan hubungi kontak yang tersedia.


Official Accounts

Website:kip-kuliah.kemendikbud.go.id

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Gedung C Lantai 13, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270

 

Demikianlah informasi mengenai Cara Mendaftarkan Diri Menjadi Peserta KIP Kuliah 2023 Mulai dari Syarat, Prosedur serta Dokumen yang Harus Di Persiapkan yang bisa kamu coba. silakan bagikan informasi ini kepada sahabat yang membutuhkannya.