Biaya Hidup Mahasiswa Bandung, Murah atau Mahal?

Bandung adalah kota metropolitan dan terbesar di Jawa Barat. Selain itu, sebagai ibu kota provinsi, pasti banyak yang penasaran apakah biaya hidup mahasiswa di Bandung mahal atau murah?


Biaya Hidup Kuliah di Bandung

Selain sebagai kota besar dengan segala fasilitasnya, Bandung juga menjadi kota dengan berbagai tempat hiburan yang menarik. Ditambah dengan pemandangan alamnya yang indah menjadikan Bandung menjadi kota yang banyak orang ingin kunjungi.


Meski demikian ternyata biaya hidup di Bandung tidaklah terlalu mahal. Ya, biaya hidup di kota Bandung rupanya masih terjangkau oleh kantong mahasiswa. Nah, tapi sebagai calon mahasiswa kamu perlu tahu kisaran biaya yang dibutuhkan untuk hidup di Bandung sembari kuliah.


Biaya Hidup Kuliah di Bandung, Murah atau Mahal?

Oleh karena itu, IDBeasiswa telah merangkum rincian biaya hidup mahasiswa di Bandung yang perlu kamu tahu.

 

1. Biaya Tempat Tinggal

Bandung yang merupakan kota terbesar di Jawa Barat memiliki sarana tempat tinggal yang memadai. Bahkan tak sedikit pula sarana dan prasarana yang mewah.


Ada banyak pertimbangan sebelum menentukan tempat tinggal selama menempuh studi di Bandung. Mulai dari lokasi, fasilitas, harga, hingga kenyamanan.


Selain kos di Bandung juga banyak apartemen yang bisa dijadikan tempat tinggal mahasiswa. Tentunya dengan harga yang masih bisa dijangkau. Setiap tempat kos dan apartemen pun memiliki jenis fasilitas yang beragam. Ada yang standar, AC, hingga eksklusif dan pastinya harganya jelas berbeda.


Umumnya harga sewa kamar kos standar di Bandung berkisar dari Rp 600 ribu setiap bulan. Menariknya ada banyak jenis kos yang bisa disewa harian, mingguan, dan bulanan. Harga sewa kos harian bisa jadi lebih mahal dari sewa bulanan.


Nah, bagi yang ingin tempat tinggal lebih eksklusif dan nyaman di Bandung juga banyak apartemen. Lalu apakah mahal sewa apartemen di Bandung? Tenang saja karena sudah ada banyak pilihan unit apartemen yang murah. Ada beberapa unit apartemen yang harga sewanya kurang dari Rp 4 juta per bulan.


Mau sewa kos atau apartemen tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi finansial. Kamu juga harus berunding dengan orang tua sebelum menentukan pilihan tempat tinggal di Bandung.

 

2. Biaya Makan di Bandung

Setelah menemukan tempat tinggal, mengetahui biaya makan di Bandung juga penting. Sebab, makan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Oleh karenanya perlu diketahui kisaran biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan makanan.


Sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk tinggal di Bandung tak jauh berbeda dengan ibu kota. Mulai dari harga makanan dan beberapa kebutuhan lain juga tak berbeda. Sebagai pusat kuliner, Bandung menawarkan aneka menu makanan yang sangat beragam. Sehingga tidak perlu khawatir akan bosan dengan menu yang itu-itu saja.


Ada banyak sekali tempat makan murah yang memang ditujukan untuk menyasar konsumen yang tak lain adalah mahasiswa. Paling tidak dengang uang sebesar Rp 15 ribu kamu bisa mendapatkan nasi, sayur, dan lauk. Apalagi jika makan di warteg, maka biasanya sudah disediakan air putih gratis. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa memasak nasi sendiri di kos.


Jika sekali makan dihabiskan Rp 15 ribu maka dalam sebulan kira-kira dibutuhkan sekitar Rp 1.350.000 untuk hitungan 3 kali makan dalam sehari. Itu juga belum termasuk biaya jajan  atau ongkos hangout bareng teman.

 

3. Ongkos  Transportasi

Bagi yang tidak membawa kendaraan bisa memanfaatkan alat transportasi umum yang mudah ditemui di Bandung. Apalagi sudah banyak ojek online di setiap daerahnya. Selain itu ada pula angkutan kota yang ongkosnya hanya sekitar Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu saja.


Ada juga pilihan lain yaitu bus damri yang ongkosnya mulai dari Rp 4-10 ribu tergantung rute yang akan dituju. Nah supaya bisa lebih hemat di tarif transportasi, kamu bisa mengakalinya dengan mencari kos yang dekat dengan kampus.

 

4. Biaya lain

Selain biaya tempat tinggal, makan, dan transportasi ada juga biaya lain yang tak kalah penting. Seperti biaya untuk kebutuhan harian seperti sabun mandi, sabun cuci, laundry, skincare, internet, buku, fotokopi dan banyak lagi. Semua biaya ini tergantung pada pribadi masing-masing.


Ada juga biaya hiburan seperti baju, tas, sampai ongkos untuk hangout ke kafe atau mall. Biaya hiburan bukan hal yang wajib tapi kamu juga perlu untuk menghitungnya. Sebab tak mungkin selama kuliah kamu tak akan mampir ke mall atau jajan di kafe. Kebutuhan akan biaya hiburan tergantung pada gaya hidup masing-masing.

 

Itulah beberapa rincian kisaran biaya hidup mahasiswa di Bandung. Jika diamati, biaya makan, transportasi, dan biaya lain maka semuanya masih terjangkau. Jika kamu pandai mengelola keuangan maka biaya hidup selama kuliah tidak akan terlalu besar.


Terlebih ada banyak pilihan beasiswa yang bisa dicoba sehingga bisa menambah uang saku. Gimana jadi makin mantap buat kuliah di Bandung?