Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Malang

Malang menjadi salah satu kota yang ramai dipilih oleh pelajar di seluruh Indonesia sebagai kota tujuan kuliah. Terlebih di Malang ada banyak pilihan perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) favorit.

 

Biaya Hidup Kuliah di Malang, Jawa Timur

Misalnya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN), Universitas Brawijaya (UB), atau Universitas Negeri Malang (UM). Sedangkan untuk PTS Untuk PTS ada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (Unisma), Binus, juga Universitas Merdeka (Unmer) dan lain sebagainya.


Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Malang

Sebagai kota yang cukup besar, pasti banyak yang penasaran apakah biaya hidup mahasiswa di Malang mahal? Nah ternyata biaya hidup untuk mahasiswa yang kuliah di Malang tidaklah terlalu mahal dan masih terjangkau. Ya, sama seperti Surabaya, Malang menawarkan harga sewa kos sampai harga makanan yang ramah di kantong mahasiswa.

 

Selain itu ada banyak sekali warung makan murah di Kota Malang terutama di daerah sekitar kampus. Nah, biar nggak makin penasaran simak dulu yuk biaya hidup mahasiswa di Malang yang sudah IDBeasiswa himpun berikut.

 

Biaya tempat tinggal

Harga sewa tempat tingga di Malang umumnya tergantung pada lokasi dan jenis kos yang dipilih. Harga tempat tinggal yang dekat dengan kampus serta sarana pendukung lain misalnya tempat makan, fotokopi, laundry umumnya akan lebih mahal.

Ada banyak pilihan tempat tinggal yang bisa dipertimbangkan oleh mahasiswa. Bisa dengan menyewa kamar kos atau rumah kontrakan.Tentunya harga dari setiap jenis tempat tinggal tadi berbeda satu sama lain mengingat fasilitasnya juga berbeda.

 

a. Kos

Rata-rata harga sewa kamar kos di Malang untuk satu bulan berkisar antara Rp 350.000 sampai dengan 2,5 juta tergantung pada fasilitas yang ditawarkan. Semakin lengkap dan eksklusif fasilitasnya maka harga yang dipatok pun akan semakin mahal.

 

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin hemat akan lebih bijak untuk memilih kos di sekitar kampus yang menawarkan fasilitas bersama. Contohnya kamar mandi luar, sharing TV dan dapur, walau ada kemungkinan kamu harus rela antri jika banyak yang memakai kamar mandi bersama.

 

Tak hanya itu, ada juga kos yang membolehkan untuk ditinggali berdua sehingga lebih murah dan hemat.  Selain itu ada pula kos yang menetapkan biaya tambahan jika kamu membawa kendaraan pribadi misalnya mobil.

 

Sebagian kos yang satu rumah dengan ibu kos biasanya menerapkan jam malam, sehingga gerbang atau pintu akan dikunci pada jam-jam tertentu. Namun, kelebihannya kos akan lebih aman daripada kos tanpa ibu kos.

 

b. Rumah kontrakan

Pilihan tempat tinggal yang kedua adalah menyewa rumah kontrakan. Harga sewa sebuah rumah kontrakan di Malang sekitar Rp 10 sampai Rp 30 juta per tahun. Harga tersebut juga tergantung pada jumlah kamar dan fasilitas pendukung lainnya.

 

Jika memilih menyewa rumah kontrakan maka kamu juga harus memikirkan perabotan seperti kasur hingga lemari. Pasalnya ada beberapa rumah disewakan dalam keadaan kosong. Selain itu biaya listrik, air, hingga iuran sampah bulanan pun harus diperhatikan.

 

Tapi dengan menyewa rumah, pastinya akan lebih nyaman dan leluasa jika ada kegiatan organisasi sampai malam. Karena tidak ada jam malam seperti kos-kosan.

 

Biaya makan

Setelah menentukan tempat tinggal, hal lain yang tak boleh dilupakan karena sangat penting adalah biaya makan. Malang menjadi salah satu kota yang sangat ramah untuk mahasiswa. Pasalnya, ada cukup banyak warung yang menawarkan menu nasi plus lauk dengan harga murah meriah.

 

Ya, nasi lengkap dengan lauknya bisa ditebus dengan uang sebesar Rp 10 ribu saja. Jika ingin tambah minuman maka kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 12 ribu sampai Rp 15 ribu saja. Lebih murah dari harga segelas es boba favoritmu, kan?

Jadi kalau dirata-rata dalam sebulan, biaya makan mahasiswa di Malang sekitar kurang lebih Rp 1 jutaan. Tergantung dengan makanan dan tempat kamu makan pastinya.

 

Biaya Lain-lain

Selain biaya makan dan tempat tinggal yang merupakan kebutuhan utama ada biaya lain yang tak boleh diabaikan. Misalnya biaya transportasi, wifi atau paket data, buku, fotokopi, kebutuhan sabun, hingga biaya hiburan.

 

Untuk transportasi ada banyak moda yang bisa dipilih mulai dari angkot hingga ojek online yang cukup murah. Selain itu ada banyak kampus yang lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan sehingga jika ingin jalan-jalan ke mall cukup dengan jalan kaki. Sementara untuk paket data kamu bisa berhemat dengan memanfaatkan warung hingga kos yang menyediakan layanan wifi gratis.

 

Sementara untuk biaya hiburan misalnya nonton atau jalan-jajan sebenarnya tidak wajib. Tapi jika tidak diatur bukan tidak mungkin uang bulanan kamu akan habis untuk biaya hiburan yang sebenarnya merupakan kebutuhan sekunder.

 

Nah itu tadi biaya hidup mahasiswa di Malang yang bisa dijadikan gambaran apa saja kebutuhan yang diperlukan serta perkiraan biayanya. Gimana kamu berminat kuliah di Malang? Selain banyak kampus top kotanya juga nyaman dan cukup sejuk lho.