Beasiswa Jalur Rapor 2023 2024 untuk Pelajar SMA MA SMK Sederjat yang Ingin Kuliah

Daftar beasiswa jalur rapor 2023 2024 merupakan jalur program beasiswa pelajar SMA MA SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendikan ke jenjang S1 (Sarjana) karena memiliki akademik yang bagus.

 

Daftar Program Beasiswa Jalur Rapor

Banyak program beasiswa baik dari pemerintah maupun swasta yang menerapkan dengan persyaratannya masing – masing, termasuk dengan target penerima beasiswanya itu sendiri.

 

Misalnya bantuan beasiswa prestasi, program ini merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi para pelajar dengan prestasi akademik yang dicapainya.

 

Program atau kategori beasiswa prestasi pada dasarnya ditujukan agar pihak penyelenggara beasiswa bisa lebih memfokuskan target pemberian bantuannya, termasuk untuk menyaring para pendaftar dalam proses seleksinya. Lebih uniknya, program beasiswa yang ditawarkan ada yang menitik beratkan pada raihan nilai yang pernah diperoleh oleh para calon penerimanya, misal dengan program beasiswa jalur raport.

 

Beasiswa Jalur Rapor 2023 untuk Pelajar SMA MA SMK Sederjat yang Ingin Kuliah

 

Seperti  nama programnya yakni beasiswa jalur raport merupakan bantuan biaya pendidikan bagi pelajar SMA MA SMK Sederajat yang ingin melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi dan penetapannya dengan nilai raport sebagai indikator utama dalam menentukan lolos atau tdaknya peserta pendaftara dalam seleksi proses penerimaan beasiswa.

 

Nah, bagi kalian yang merasa nilai rapornya bagus mulai dari kelas X hingga XII selama sekolah bisa untuk mencoba program beasiswa jalur rapor, berikut daftar program beasiswa jalur rapor 2023 2024 yang bisa kamu coba.

 

1. Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa jalur rapor 2023 yang bisa kamu coba yang pertama yakni beasiswa Aperti BUMN. Program beasiswa ini merupakan program beasiswa dari Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN yang bekerjasama dengan Telkom University.

 

Program beasiswa ini merupakan program beasiswa bantuan penuh selama menempuh pendidikan dengan syarat pengajuan siswa siswi yang memiliki nilai rata – rata rapor 75 selama berada di kelas X – XII. Selain nilai rapor, siswa atau siswi juga menyertakan bukti prestasi baik akademik maupun non akademik.

 

2. Beasiswa Utusan Daerah

Beasiswa Utusan Daerah atau BUD merupakan program beasiswa jalur rapor 2023 yang sangat populer dikalangan pelajar. Pasalnya, program ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB) di prgram sarjana IPB yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah (Pemda), perusahaan hingga lembaga swasta lainnya.

 

BUD sendidri merupakan salah satu jalur masuk PMB IPB yang nantinya peserta yang dinyatakan lolos berhak mendapatkan bantuan berupa dana pendidikan dan biaya lainnya meliputi: biaya registrasi, asuransi, asrama, biaya perjalanan, hingga biaya penunjang kuliah lainnya.

 

3. Beasiswa Indonesia Leadership Foundation (ILF)

Beasiswa ILF atau beasiswa Indonesia Leadership Foundation menjadi salah satu program beasiswa jalur rapor yang banyak diminati bagi mereka yang beraga kristen maupun katolik yang berasal dari kelurga kurang mampu.


Penerima program ILF harus dapat memepertahankan nilai IPK selama 8 semeter dengan nilai yang baik. Menariknya, syarat utama dalam seleksi penerimaan beasiswa Indonesia Leadership Foundation (ILF) adalah nilai rapor selama di kelas X – XII, serta wajib mengantongi LoA dari kampus yang ingin anda tuju.


Demikianlah beberapa program beasiswa jalur rapor 2023 2024 yang bisa dicoba oleh pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.