Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) 2023 2024

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Jawa Tengah. Seperti namanya, lokasi kampusnya ada di Purwokerto Jawa Tengah. Walau berlokasi di daerah tapi UMP memiliki banyak peminat dari seluruh Indonesia. Sebagai salah satu kampus favorit pasti banyak yang penasaran dengan biaya kuliah Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

 

Biaya Kuliah UMP

Universitas yang sudah berdiri sejak 1965 dulunya adalah IKIP  Muhammadiyah Purwokerto sekaligus cabang dari IKIP Surakarta. Awalnya UMP hanya memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Perikanan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik. Tapi saat ini UMP memiliki total 12 fakultas dengan 43 Program Studi. Tak hanya itu, UMP juga punya 5 program profesi dan merupakan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).

 

Ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh mahasiswa yang kuliah di UMP. Misalnya ruang kelas ber-AC dan semuanya ber-LCD. Selain itu UMP memiliki broadband internet 16 Kali lebih besar dari standar Akreditasi. Begitu pula dengan penyaluran bakat minat disediakan wadah yang memadai dengan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Kahfi, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Satria, Olahraga, Taekwondo, Karate BKC, Radio Gradiosta, Teater Perisai, Galeri Seni dan Budaya (GASEBU), Koperasi Mahasiswa Lebah, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bhaskara, Pramuka, Gema Surya Suara (GSS) Choir, dan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (Pikma) Youth Center.

 

Adapun biaya kuliah yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa tergantung jurusan atau program studi (prodi) yang diambil. Serta jenjang pendidikan yang dipilih yaitu D3, D4, S1 atau profesi. Berikut  adalah rincian biaya kuliah Universita Muhammadiyah Purwokerto.

 

Ketentuan Rincian Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Student Series dan Asuransi sebesar Rp 150.000, hanya dibayarkan sekali pada saat registrasi semester pertama.

Biaya Registrasi sebesar Rp 450.000, dibayarkan setiap semester.

Biaya Program Pengayaan Bahasa Inggris setara Diploma Satu (D-1) sebesar Rp 350.000, dibayarkan setiap semester selama  4 semester.

Biaya Self Leadership sebesar Rp 150.000, khusus untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan dibayarkan sekali pada saat registrasi semester I.

Biaya Praktikum Pasar Modal sebesar Rp 150.000,bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebesar dibayarkan ketika registrasi semester I.

Biaya seragam sebesar Rp 475.000, khusus bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan dibayarkan sekali pada saat registrasi semester I.

Biaya IDEA (Islamic Digital Entrepreneurship Application)  sebesar Rp. 100.000, dibayarkan 1 kali pada registrasi semester 1

 

Infak PP Muhammadiyah sebesar Rp. 15.000, dibayarkan setiap semester

Biaya Sumbangan Pengembangan (yang dapat dibayarkan/diangsur 2 kali selama semester 1 dan 2)

 

Biaya Skripsi, Ujian Pendadaran (Sidang Sarjana), Seminar Skripsi, KKN, PPL, KKL, Praktikum Klinik di Rumah Sakit (khusus mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan), biaya asrama (khusus mahasiswa yang diwajibkan masuk asrama) dan Biaya Praktek Tugas Akhir diatur dalam aturan tersendiri dan terpisah.

 

Selain biaya tadi masih ada beberapa biaya tambahan lain yang perlu juga untuk diketahui. Sebab biaya lain itu wajib dibayarkan oleh mahasiswa baru. Biaya tersebut adalah biaya Sumbangan pembangunan ini besarnya mulai dari Rp 5.000.000 sampai dengan Rp 135.000.000. Besaran biayanya sendiri ditetapkan berdasarkan Program Studi yang dipilih. Biaya Sumbangan Pembangunan dapat dibayarkan/diangsur 4 kali selama semester 1-4.


Sementara untuk Pendidikan Dokter S1 biaya pengembangan pendidikan yang dibebankan sebesar Rp 195.000.000. Sedangkan untuk SPP per semester dan SKS per semester ditetapkan sebesar Rp 15.100.000. Sementara untuk Program Studi lain besaran SPP dan SKS bervariasi mulai dari Rp 700.000 untuk SPP dan 75.000 per SKS tergantung program studi yang dipilih.

 

Itulah rincian biaya kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang bisa dijadikan referensi bagi mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah.