Beasiswa Kemendikbud Ristek : Program Beasiswa Mulai Dari SD, SMP, SMA Sederajat dan Kuliah Jenjang S1 hingga S3

Beasiswa Kemendikbud Ristek memiliki berbagai program dan jenisnya mulai dari SD, SMP, SMA Sederajat hingga kuliah mulai dari S1 sampai S3. Ingin tahu lebih detailnya mengenai program beasiswa yang ditawarkannya? Simak sebagai berikut:

 

Beasiswa Kemendikbud

Beasiswa Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merupakan kementerian dalam pemerintah Republik Indonesia yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahrlan, dan teknologi untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

 

Bagi pelajar mulai dari SD, SMP, SMA ataupun mahasiswa S1 hingga S3 bisa melanjutkan pendidikannya lewat beasiswa yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek.

 

Daftar Beasiswa Milik Kemendikbud Ristek

Berikut adalah daftar program beasiswa atau bantuan dana dari kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang dapat kamu perjuangkan untuk melanjutkan studinya.

 

1. Program Indonesia Pintar (PIP)

Program Indonesia Pintar merupkan program bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud Ristek yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

 

2. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau biasa disebut dengan KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan bagi lulusan SMA sederjat dari Pemerintah Indonesia yang memiliki potensi akademik baik namun keterbatasan ekonomi untuk dapat melanjutkan pendidikannya hingga jenjang S1.

3. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Beasiswa Pendidikan Indonesia selanjutnya disingkat BPI dibuka mulai dari jenjang D4 (calon guru SMK), S1 hingga jenjang S3. Program beasiswa BPI sudah lebih dari 3.000 peserta penerima beasiswa baru supaya dapat meneruskan jenjang studinya lebih tinggi dan lebih baik di universitas baik dalam maupun luar negeri.

 

4. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan program beasiswa dari Kemendikbud Ristek bagi mahasiswa berprestasi mulai jenjang S1 samapi S3.

 

5. Beasiswa Indonesia Maju (BIM)

Beasiswa Indonesia Maju atau BIM merupakan program beasiswa Kemendikbud Ristek yang diberikan kepada siswa SMA/SMK sederjat dan lulusan S1 berprestasi pada bidang akademik maupun non akademik pada bidang yakni sains, riset, teknologi dan informasi, bidang seni, budaya, dan bahasa, bidang olahraga dan kesehatan jasmani, serta bidang vokasi dan kewirausahaan.

 

6. Beasiswa ADik

Beasiswa ADik atau Beasiswa Afirmasi Pendidikan adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah melaui Kemendikbud Ristekk sejak tahun 2012 yang ditunjukan khusus bagi siswa SMA/SMK sederajat Papua dan Papua Barat dan khusus daerah 3 T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) serta anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

 

Official Accounts

Jika masih ada pertanyaan seputar program beasiswa atau bantuan dana yang diberikan oleh Kemendikbud Ristek mulai dari syarat dan tata cara pendaftarannya bisa kunjungi laman resminya.

Website: kemendikbud.go.id

 

Itulah informasi mengenai daftar program beasiswa atau bantuan dana yang dikelola oleh Kemedikbud Ristek yang dapat kamu perjuangkan untuk dapat melanjutkan pendidikannya bahkan hingga jenjang perguruan tinggi.