Tata Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2023 2024 : Begini Tahapan dan Prosesnya Supaya Tidak Salah Melangkah

Cara Mendaftar Beasiswa LPDP – Beasiswa LPDP merupakan beasiswa fully funded yang berasal dari kerjasama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Agama (Kemenag) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).


Tata Cara Mendaftar Beasiswa LPDP

LPDP sendiri adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang dikhususkan bagi para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya baik di Universitas dalam negeri maupun luar negeri.


Nah, bagi yang tertarik dan belum tahu tata cara pendaftarn beasiswa LPDP bisa simak penjelasan berikut ini, supaya tidak salah langkah dalam proses pendaftaran.


Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2023 2024

Untuk mendaftar program beasiswa LPDP 2023 2024 terbagi menjadi beberapa tahapan. Oleh sebab itu IDB Lover harus lebih cermat dengan tiap tiap point yang telah dijabarkannya.

1. Registasi Akun

a. Peserta wajib melakukan registasi akun secara online dengan mengakses link berikut ini: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

b. Isi semua data dengan benar baik Informasi Akun" dan "Informasi Pribadi"

c. setelah dinyata telah selesai mengisi formulir pendaftaran dengan benar, silakan untuk klik tombol “Buat Akun”


2. Verifikasi Akun

a. Setelah selesai membuat akun, segera cek inbox pada email yang telah kamu daftarkan karena pihak LPDP akan mengirimkan pesan aktivasi akun dan jika tidak ada segera cek di folder spam.

b. Klik tombol "Verifikasi Akun' yang tertera di email aktivasi

c. Pastikan alamat email dan pasword jangan sampai lupa


3. Update Informasi Data Diri dan Keluarga

Peserta bisa mengaupdate segala informasi mengenai data diri beserta keluraga yang sebelumnya pernah diisi.


4. Pendaftaran Beasiswa

Setelah melakukan proses pendaftaran peserta akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran program beasiswa dan pastikan peserta sudah membaca ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara sehingga tidak salah dalam memilih program beasiswa LPDP yang ditawarkannya.


5. Melengkapi Informasi Penilaian Diri

Jika masih ada pertanyaan tentang pengelaman pribadi dalam nilai maupun organisasi peserta bisa menambahkan jumlah bari dan jangan lupa disimpan ya.


6. Informasi Riwayat Pendidikan

Proses selanjutnya, peserta diharuskan untuk mengisi segala informasi pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi.


7. Informasi Pengalaman Organisasi

Silakan isi pengalaman organisasi yang pernah diikuti peserta dari sekolah menengah keatas hingga perguruan tinggi baik organisasi intra maupun ekstra kampus.


8. Informasi Lainnya

Pada menu informasi lainnya ini, peserta diminta memberikan informasi terkait prestasi dan penghargaan yang pernah diraih sebelumnya

9. Mengunggah Dokumen

Segalla dokumen yang  akan diungga sebagai syarat pendaftaran beasiswa LPDP pastikan bahwa scanane tersebut merupakan hasil scanan dari dokumen yang asli dan sah. Jangan lupa dokumen berbentuk PDF dan ukuran file maksimal 1 MB.


10. Surat Pernyataan dan Submit Pendaftaran

Jika dirasa sudah melakukan pendaftaran dengan benar dan yakin silakan untuk “Submit Pendaftaran”


11. Memeriksa Status Pendaftaran

Setelah melakukan submit data, peserta bisa memeriksa pendaftan dengan cara mengklik tombol "Daftar Beasiswa" pada "Menu Beasiswa"

IDB Lover dapat melihar riwayat proses pendaftaran pada “Menu History”

Itulah tata cara pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 2024  yang bisa kamu coba dan jika masih ada pertanyaan seputar beasiswa LPDP bisa kunjungi laman resminya.