Daftar Pertanyaan Wawancara KIP Kuliah Beserta Jawabannya

Daftar Pertanyaan Wawancara KIP Kuliah Beserta Jawabannya – Tahapan wawancara KIP Kuliah tentunya menjadi tahapan selanjutnya dari proses seleksi yang harus dilalui setiap peserta program KIP Kuliah. Wawancara sendiri memiliki tujuan untuk menggali informasi masing-masing peserta calon penerima beasiswa KIP Kuliah dan juga menyatakan patut diterima ataupun tidak.

 

Daftar Pertanyaan Wawancara KIP Kuliah

Nah, mungkin bagi peserta akan was-was terkait pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan pada saat sesi wawancara berlangsung dari pihak pewawancara. Yuks, simak pertanyaan-pertanyaan wawancara KIP Kuliah beserta jawabannya, yang dapat dijadikan referensi bagi kalian semuanya.

 

Contoh Pertanyaan Wawancara KIP Kuliah

1. Alasan Kenapa Layak Mendapatkan Bantuan KIP Kuliah

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang akan muncul kepada peserta program KIP Kuliah dan memvalidasi mengapa kamu layak mendapatkan program KIP Kuliah.

 

Jawaban:

Disini kamu bisa menjelaskan beberapa hal diantaranya: kondisi keluarga saat ini seperti kondisi keuangan, kondisi tanggungan banyak anak dan sebagainya. Dengan menjelaskan kondisi sekarang dengan ringkas, diharapkan para pewawancara juga akan merasakan apa yang sedang dirasakan olehmu dan keluargamu sekarang ini.

 

2. Alasan Mengapa Kamu Mengajukan Program KIP Kuliah

Jawaban: Saya tertarik dan berkeinginan melanjutkan pendidikan hingga jenjang S1 bahkan lebih di perguruan tinggi yang berkualitas sehingga mendapatkan pengalaman belajar yang baik.


Namun, biaya kuliah tentunya menjadi kendala bagi saya yang berasal dari keluaga kurang mampu untuk dapat mengakses pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, saya sangat merasa terbantu dengan adanya program KIP Kuliah ini dapat mewujudkan cita-cita saya dalam menempuh pendidikan tinggi.

 

3. Apa Kontribusi yang Akan Kamu Berikan Jika Terpilih Menjadi Penerima KIP Kuliah

Jawaban: Saya akan selalu berkomitmen memberikan kontribusi positif dan akan menjadi mahasiswa aktif dan juga berprestasi baik secara akademik maupun non akademik.

 

4. Bagaimana perencanamu dalam penggunaan dana beasiswa KIP Kuliah

Jawaban: Dana yang saya dapatkan tentunya kakan saya gunakan sebaik mungkin sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan diantanya untuk pembiayaan kuliah, membeli buku-buku kuliah dan membeli kebutuhan kuliah lainnya bisa seperti laptop ataupun kouta internet guna menunjang perkuliahan.

 

5.  Ceritakan Mengenai Dirimu

Kenali kelebihan dan kekurangan pada dirimu.

Jawaban:

Minimal ceritakan kelebihan dan hal apa yang unik pada dirimu dibandingkan dengan mahasiswa lain sehingga kamu layak mendapatkan program KIP Kuliah.

6. Kenapa Kamu Tertarik Dengan kampus Ini

Tentunya memasuki kampus pilihan ada hal yang menarik untuk di ulas

 

Jawabannya:

Ceritakan hal yang menyanjung kampus dan mempengaruhi dirimu yang akhirnya memilih kampus tersebut sehingga pewawancara atau kampus bangga memiliki mahasiswa seperti dirimu.

 

7. Mengapa memilih fakultas atau prodi tersebut

Jawablah seperti jawaban mengapa kamu memilih kampus tersebut

 

8. Sebutkan Kelebihan yang Kamu Memiliki

Ceritakanlah apa yang menjadi kelebihanmu bai secara akademik maupun non akademik. Ceritkan dengan singkat dan yang paling menonjol saja.

 

9. Apa cita-cita kamu

Cita-cita tentunya adalah harapan setiap orang untuk menjadi lebih baik.

 

Jawaban:

Cita-cita yang anda inginkan setelah menyelesaikan kuliah dari kampus tersebut atau bahkan kamu memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan hingga S2 setelah lulus.

 

10. Kenapa Kamu Ikut Program KIP Kuliah

Jelaskan dan ceritakan ulang bahwa kamu butuh sehingga tanpa KIP Kuliah tentunya kamu tidak bisa kuliah.

 

 

11. Bagaimana rencana perkuliahan kamu?

Buatlah ringkasan action plan selama kuliah. Misalnya, sebagai berikut.

1. Tahun pertama: Saya ingin mengenal kampus ini lebih dalam, coba mengikuti organisasi dan memiliki IPK tinggi.

2. Tahun kedua: Ingin fokus pada satu organisasi saja sesuai dengan tujuan dan bakat diri sendiri, karena saya ingin lomba juga (sebutkan ingin lomba apa).

3. Tahun ketiga: Ingin exchane ke luar negeri sambil magang juga

4. Tahun keempat: Lulus

 

Demikianlah Daftar Pertanyaan Wawancara KIP Kuliah beserta jawabannya, semoga dapat dijadikan referensi bagi kalian yang akan menghadapi proses wawancara KIP Kuliah.