Pendaftaran MEXT Scholarship 2024 2025 : Beasiswa Kuliah S1, S2 dan S3 Gratis di Jepang

Pendaftaran Beasiswa MEXT 2024 2025 - Sudah ribuan siswa Indonesia yang tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang  dan sebagian besar sebagai penerima program beasiswa Monbukagakusho/MEXT.

Pendaftaran MEXT Scholarship


Jika kamu tertarik ingin kuliah melalui program beasiswa Monbukagakusho/MEXT, berikut syarat dan tata caranya.

 

Monbukagakusho/MEXT Scholarship

MEXT Scholarship atau beasiswa Monbukagakusho merupakan program beasiswa dari pemerintah Jepang melalui kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk dapat melanjutkan pendidikannya di universitas maupun college di Jepang.

 

MEXT Scholarship terbuka untuk umum dan siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikannya mulai dari jenjang S1, S2 hingga S3. Adapun jadwal pendaftaran setiap program berbeda-beda tergantung program beasiswa yang kamu daftar. Yuk, simak 7 program beasiswa MEXT yang dapat dijadikan referensi bagi kamu yang ingin kuliah di Jepang.

 

7 Program Beasiswa MEXT Jepang

Berikut 7 daftar program beasiswa Monbukagakusho/MEXT yang dapat kamu ikuti sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

1. Beasiswa Peneliti (Research Students)

Program beasiswa peneliti merupakan program beasiswa MEXT non reguler yang langsung berada dibawah naungan profeser di Jepang dengan melakukan penelitian di bidang keilmuan masing-masing.

 

Program beasiswa Research Students MEXT Scholarship diperuntukan bagi mahasiswa S1, S2 hingga S3 dengan batasan usia maksimal 34 tahun.

 

2. Beasiswa Peneliti jalur rekomendasi universitas atau kedutaan (Research Students U to U, G to G)

Beasiswa Research Students U to U, G to G MEXT Scholarship dikhususkan bagi mereka yang berminat melanjutkan pendidikan melalui metode riset pada jenjang S1, S2, maupun S3.

 

3. Beasiswa S1 (Gakubu)

Beasiswa Gabuku MEXT Scholarship merupakan program beasiswa yang ditunjukan untuk pelamar khusus lulusan SMA/SMK sederajat untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 di universitas negeri Jepang.

 

4. Beasiswa S1 ke College of Technology (Kosen)

Beasiswa Program Kosen khusus pelamar yang melanjutkan pendidikan ke College of Technology (Koto Senmon Gakko). Program ini hanya menerima siswa SMA/SMK lulusan program IPA.

 

5. Beasiswa Specialized Training College (Senshu)

Program Senshu adalah program khusus untuk lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College (Senshu Gakko). College ini berfokus untuk keahlian-keahlian di luar bidang ilmu teknik.

 

6. Beasiswa Pelatihan Guru (Teacher Training)

Program Beasiswa MEXT Scholarship teacher training dikhususkan untuk guru atau pendidik dengan tujuan meningkatkan kapasitas guru khususnya di bidang pengajaran.

 

7. Beasiswa Studi Jepang (Non-degree)

Program yang satu ini khusus program mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 atau D4 jurusan pendidikan bahasa atau sastra Jepang untuk belajar di universitas Jepang selama 1 tahun. 

 

Cara Mendaftar Beasiswa MEXT Secholarship

Pendaftaran Beasiswa MEXT Secholarship dilakukan secara online dan melengkapi berkas-berkas persyaratan yang telah ditentukan untuk dikirim ke Kedutaan Besar Jepang dalam amplop ke alamat berikut: Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang, Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

 

Demikianlah informasi menegenai 7 program Beasiswa MEXT Secholarship untuk jenjang S1, S2 dan S3 yang dapat kamu coba.