Rincian Biaya Hidup Bagi Mahasiswa di Yogyakarta

Rincian Biaya Hidup Bagi Mahasiswa di Yogyakarta - Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar menjadi tujuan bagi banyak calon mahasiswa untuk kuliah. Selain karena banyaknya perguruan tinggi negeri dan swasta favorit juga karena biaya hidup bagi mahasiswa di Yogyakarta murah dan serta terjangkau.

 

Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Yogyakarta

Walau biaya hidupnya murah tapi Yogyakarta mempunyai fasilitas publik yang komplit mulai dari toko buku hingga mall, dan moda transportasi yang memadai. Apalagi dengan banyaknya perguruan tinggi favorit seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Pastinya banyak sekali fasilitas pendukung dengan akses yang mudah.

 

Rincian Biaya Hidup Bagi Mahasiswa di Yogyakarta

Kendati demikian pengeluaran tiap mahasiswa untuk menutup biaya hidup mereka berbeda-beda tergantung gaya hidup. Nah, ini dia rincian biaya hidup bagi mahasiswa di Yogyakarta yang dapat dijadikan referensi buat kamu yang ingin kuliah di sana.

 

1. Tempat tinggal

Tempat tinggal jadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Mahasiswa bisa memilih untuk tinggal kos-kosan, asrama kampus, atau rumah kontrakan. Harganya tentu saja berbeda tergantung fasilitas yang disediakan serta lokasi.

 

Umumnya harga sewa kos-kosan untuk satu kamar berkisar antara Rp 400.000 sampai Rp 1.000.000 setiap bulannya. api ada juga yang lebih mahal jika fasilitas yang diberikan pemilik kos lebih komplit.

 

Pilihan tempat tinggal yang kedua adalah asrama. Ada beberapa kampus yang menawarkan fasilitas asrama bagi mahasiswanya. Salah satunya adalah UII yang menyediakan pondokan untuk mahasiswa. Umumnya harga sewa kamar asrama relatif lebih murah daripada kos biasa.

 

2. Biaya Makan

Yogyakarta menawarkan harga makanan yang murah dan ramah di kantong pelajar. Sebab untuk sekali makan hanya dibutuhkan sekitar Rp 10.000-Rp 15.000 saja dan sudah komplit dengan minuman.

 

Apabila dijumlahkan maka dalam sebulan biaya untuk makan yang diperlukan adalah sekitar 1.800.000 untuk makan. Akan tetapi jumlah tadi bisa melambung jika tempat makan yang dipilih adalah kafe atau resto yang ada di mall.

 

3.Biaya Lain

Mahasiswa juga perlu mempertimbangkan kebutuhan lain seperti biaya transportasi, buku,internet, sampai hiburan. Anggaran yang dapat dihemat adalah hiburan, sebab jika tidak terlalu sering nongkrong di kafe atau jalan-jalan di mall maka pengeluaran lain-lain tidak akan membengkak.

 

Sebab sebagai kota besar, Yogyakarta memiliki banyak fasilitas hiburan mulai dari kafe hingga tempat wisata. Tentunya setelah sibuk di kampus akan ada keinginan melepas penat dengan sedikit bersantai. Nah inilah mengapa anggaran untuk hiburan juga perlu dialokasikan dengan cermat. Agar pengeluaran bulanan tidak melebihi budget yang sudah ditentukan.

 

Selain itu biaya transportasi juga bisa dihemat dengan memanfaatkan jasa transportasi umum seperti bus Trans Jogja yang tarifnya sangat murah. Jika jarak kos dekat dengan kampus maka berjalan kaki atau bersepeda bisa jadi pilihan. Tak hanya murah tapi juga menyehatkan.

 

Demikianlah ulasan tentang rincian biaya hidup bagi mahasiswa di Yogyakarta. Meski memiliki banyak fasilitas publik dengan akses mudah dan memadai, rupanya pengeluaran bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup masih terjangkau. Asalkan gaya hidup yang dijalani disesuaikan dengan kondisi finansial.