Rincian Biaya Kuliah Telkom University Tahun 2023/2024

Rincian Biaya Kuliah Telkom University - Universitas Telkom atau Telkom University (Tel-U) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) populer di Bandung, Jawa Barat. Ketika didirikan pada 14 Agustus 2013, Telkom University menyatukan empat perguruan tinggi dari Yayasan Pendidikan Telkom.


Rincian Biaya Kuliah Telkom University


Empat perguruan tinggi yang kemudian bergabung menjadi Telkom University yaitu  Institut Manajemen Telkom, Institut Teknologi Telkom, Politeknik Telkom, dan STISI Telkom. Pada awal tahun 2023, Institut Teknologi Telkom Jakarta resmi bergabung dan menjadi bagian Telkom University.

 

Sebagai salah satu PTS populer dengan akreditasi Unggul oleh BAN-PT, Telkom University menawarkan biaya kuliah yang bervariasi. Besaran biaya kuliah Telkom University tergantung pada pilihan program studi yang diambil. Selain itu juga tergantung pada proses seleksi masuk serta program kelas yang diikuti.

 

Namun perlu diperhatikan bahwa biaya kuliah Telkom University mencakup beberapa komponen. Komponen biaya kuliah Telkom University meliputi: 

1. Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3) atau uang pembangunan yang hanya dibayarkan 1 kali pada saat awal pendaftaran

2. Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler (SDP2) merupakan uang sumbangan yang juga dibayarkan 1 kali pada saat awal pendaftaran. 

3. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) adalah biaya pendidikan yang harus dibayarkan pada setiap semester selama masa studi.

Nah biar nggak semakin penasaran, simak ulasan biaya kuliah Telkom University yang sudah dirangkum berikut.

 

1.   Fakultas Teknik Elektro (FTE)



 

2.   Fakultas Rekayasa Industri (FRI)




3.  Fakultas Informatika (FIF)















4.   Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)



 5.   Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB)


6.   Fakultas Industri Kreatif (FIK)

 


7.   Fakultas Ilmu Terapan (FIT)

 


Nah itulah tadi rincian biaya kuliah Telkom University pada masing-masing fakultas. Jika dilihat dari table diatas maka bisa dilihat bahwa sebenarnya, biaya yang harus dibayarkan mahasiswa Tel-U bisa dibilang masih cukup terjangkau.

 

Mengingat Telkom University merupakan PTS populer dan banyak diminati oleh calin mahasiswa. Apalagi dengan banyaknya pilihan program studi dan kelas internasional yang ditawarkan.

Seperti diketahui Telkom University mempunyai 34 program studi yang dikelola oleh 7 fakultas. Telkom University juga menawarkan program studi yang menerapkan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) dan sepuluh program studi kelas internasional.

 

Selain itu perlu ditekankan pula bahwa terdapat perbedaan biaya kuliah pada masing-masing jalur masuk pendaftaran. Perbedaannya terletak pada besaran SDP2 lebih tinggi bagi mahasiswa baru yang mendaftar dari jalur seleksi USM. Kemudian untuk kelas internasional biaya kuliahnya juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan jalur reguler maupun seleksi USM.

 

Selanjutnya ada kebijakan pengembalian biaya pendidikan yang akan diterima oleh mahasiswa. Tetapi untuk pengembalian biaya pendidikan ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami. Adapun ketentuan pengembalian biaya pendidikan di Telkom University yaitu:

- Biaya Pendidikan akan dikembalikan sepenuhnya atau 100% (UP3, SDP2, dan BPP) hanya apabila calon mahasiswa baru Tidak Lulus Sekolah.


- Apabila calon mahasiswa baru diterima PTN melalui jalur SNBP dan SNBT, maka biaya pendidikan akan dikembalikan sebagian yaitu biaya SDP2 dan BPP (jika melakukan undur diri).

 

Telkom University selain menawarkan biaya kuliah yang tidak terllau mahal dengan fasilitas lengkap ternyata sudah meraih sederet prestasi yang diwakili oleh para mahasiswanya. Misalnya ARToolkit Emerging Ar Developers' Contest (2016), SAFMC (2018), Huawei ICT Competition Southern Pacific (2018-2019), ISTEC (2020), WSEEC (2021), serta ATU-Net Hackathon (2021).

 

Nah gimana? Jadi makin tertarik untuk mendaftar kuliah di Telkom University, kan?