5 Daftar Beasiswa Pendaftaran Buka hingga September 2023

Daftar Beasiswa Buka Pendaftaran hingga September 2023- Beasiswa menjadi salah satu langkah yang bisa diambil untuk meringankan biaya kuliah. Ada cukup banyak beasiswa yang bisa dilamar oleh mahasiswa termasuk mahasiswa baru.


Daftar beasiswa yang buka pendaftaran hingga September 2023 pun cukup banyak. Selain itu, jenjang program pendidikan yang menawarkan beasiswa tersebut beragam dari diploma hingga profesi.

Lantas apa saja beasiswa yang pendaftarannya masih buka hingga September? Berikut daftarnya.


pexels.com/Emily Ranquist

Daftar Beasiswa Buka Pendaftaran hingga September 2023


1. Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Pendidikan Tinggi

Ada lima jenjang pendidikan yang dibuka untuk beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), Pendidikan Tinggi. Jenjang pendidikan yang terbuka adalah D2, D3, D4, S1, Profesi


Beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam dilamar oleh yang kuliah di dalam negeri dari PTN dan PTS dengan berbagai jurusan. 


Pendaftaran beasiswanya sendiri sudah dimulai sejak 14 Februari 2023 sampai 31 Oktober 2023. Artinya pendaftaran beasiswa Program Indonesia Pintar masih dibuka pada bulan September 2023. 


Beasiswa ini menawarkan bantuan pembiayaan kuliah dan biaya hidup. Informasi lengkap dan rinci dari beasiswa PIP dapat diakses di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.


2. Beasiswa Perintis

Bagi siswa yang masih duduk di kelas XII ada program beasiswa yang bisa dicoba yaitu Beasiswa Perintis. Benefit bagi penerima Beasiswa Perintis adalah biaya kuliah dan biaya hidup selama 4 tahun.


Menariknya penerima beasiswa juga akan mendapat pembinaan, pengembangan diri, hingga bimbingan belajar untuk menghadapi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) atau Seleksi Mandiri (SM).


Pendaftaran beasiswanya sendiri dibuka sampai 30 September 2023. Kamu bisa melamar beasiwsa ini melalui laman https://beasiswaperintis.rumahamal.org/.


3. Beasiswa BCA TA 2024

Beasiswa BCA diselenggarakan sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi baik akademik maupun non akademik lulusan SMA sederajat. 


Bentuk beasiswanya adalah Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang diberikan selama 2,5 tahun.


Fasilitas yang didapat oleh penerima beasiswa antara lain buku pelajaran, laptop khusus bagi penerima PPTI, gratis biaya pendidikan, uang saku bulanan, kesempatan magang dan penawaran kerja BCA, asrama, transportasi, makan siang.


4. Beasiswa INPEX 2024 untuk kuliah S2 di Jepang

Selanjutnya ada beasiswa untuk melanjutkan S2 di luar negeri tepatnya di Jepang. Beasiswa INPEX 2024 yang disediakan oleh Inpex Group dapat dilamar oleh warga Indonesia dengan usia maksimal 30 tahun. Pelamarnya sendiri dikhususkan pada lulusan S1 ilmu alam dengan IPK 3.0.


Benefit bagi penerima beasiswa adalah biaya kuliah penuh, uang saku, tiket pesawat PP Jakarta-Tokyo. Informasi detail tentang  Beasiswa INPEX 2024 bisa diakses dalam laman https://www.inpex-s.com/en/#appli.


5. Beasiswa Presidential, The University of Tulsa

Bagi mahasiswa yang belajar di luar negeri khususnya di  University of Tulsa Amerika Serikat ada beasiswa yang wajib dicoba. Yaitu Beasiswa Presidential yang bisa dilamar oleh mahasiswa dari fakultas Life Sciences and Technology, Natural Science, Health and Medical Science, Humanities and Social Sciences, Engineering, Finance and Economic, Arts, ICT, Environmental Studies, Business, Political Science, hingga Education.


Beasiswa ini dapat dilamar oleh mahasiswa dengan prestasi baik, aktif ekstrakurikuler, dan punya mimpi besar untuk masa depan. Syaratnya seperti essay, CV, surat rekomendasi, sertifikat IELTS (dengan nilai 6), TOEFL iBT (dengan skor 70), Duolingo (skor 100), dan lainnya.


Penerima beasiswa akan biaya kuliah selama 4 penuh. Pendaftaran masih dibuka hingga November 2023 melaui laman https://utulsa.edu/financial-aid/scholarships/presidential-scholarship/.


Demikianlah informasi beasiswa yang pendaftarannya masih dibuka hingga bulan September 2023.