Panduan Menulis Essay untuk Program BSI Scholraship Inspirasi dan Prestasi 2023

Panduan Menulis Essay untuk Program BSI Scholraship Inspirasi dan Prestasi 2023 – Bank Syariah Indonesia (BSI) membuka kesempatan kembali di tahun 2023 berupa program beasiswa BSI Scholarship Prestasi dan BSI Scholarship Inspirasi.

 

Panduan Menulis Essay BSI Scholarship Program

Untuk menjadi salah satu penerima program beasiswa BSI Scholarship 2023 tentunya harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku tidak lupa juga mempersiapakn segala dokumen yang dibutuhkannya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi pelamar untuk mendaftar program BSI Scholarship 2023 yakni membuat Essay.

 

Panduan Menulis Essay

Nah, bagi kalian yang berminat mendaftar tetapi belum tahu cara membuat essay BSI Scholarship 2023, simak panduan menulis esai BSI Scholarship Inspirasi dan Prestasi yang dapat dijadikan referensi sebagai berikut:


1. Ditulis dengan Tangan

Aturan yang telah ditetapkan penyelenggara, bahwasannya penulisan essay BSI Scholarship Program Inspirasi dan Prestasi harus ditulis dengan tangan dan tidak boleh di ketik lalu hasilnya dicetak. Nah, kamu bisa menulis essay di LJK yang telah disiapkan oleh penyelenggara.

 

2. Jumlah Halaman

Pihak penyelenggara beasiswa BSI hanya menyediakan satu halaman LJK dan mewajibkan pendaftar untuk menuliskan essaynya di satu halaman tersebut.

 

3. Deskripsi Diri

Bagian ini adalah konten atau isi yang harus kamu tuliskan dalam essay. Silakan deskripsikan seperti apa dirimu dalam perkenalan singkat. Dalam deskripsi diri, kamu tidak perlu menyebutkan hal-hal yang sifatnya pribadi seperti menyebutkan tentang hobby dan silsilah keluarga secara mendetail. Yang perlu kamu sampaikan adalah data diri yang berhubungan dengan akademik maupun kegiatan-kegiatan non-akademik yang sifatnya kontributif terhadap masyarakat.

 

4. Masalah Ekonomi Syariah

Dalam kontek ini, kamu perlu sampaikan masalah-masalah yang terjadi seputar ekonomi syariah yang di Indonesia namun dalam melakukan penulisan terkait ekonomi syariah saat ini kamu juga harus melakukan riset yang mendalam supaya tidak salah saat menulis.

 

5. Solusi

Ketika sudah menulis masalh yang terjadi tentunya kamu juga harus menghadirkan solusi yang tepat untuk permasalahn tersebut namun juga harus diperhatikan solusi yang kamu tawarkan harus sesuai dengan keilmuan yang kamu peroleh.

 

6. Kontribusi

Selanjutnya setelah kamu mengakat masalah dan mencarikan solusi, sampaikan bagaimana kamu berkontribusi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di dunia ekonomi syariah.

 

7.Potensi Ekonomi Syariah

Bagian satu ini hanya dikhususkan untuk pendaftar di kategori beasiswa Prestasi, sementara pendaftar di beasiswa Inspirasi tidak perlu menuliskan tentang bagaimana potensi ekonomi syariah.

 

8. Penutup

Di bagian terakhir ini, kamu diminta untuk memberikan gambaran dari perspektif atau pandanganmu tentang akan seperti apa potensi ekonomi syariah di Indonesia. Tentunya hal ini juga disesuaikan dengan bagaimana perkembangan ekonomi syariah di masa yang sekarang.

 

Demikianlah panduan Menulis Esai untuk Program BSI Scholraship Inspirasi dan Prestasi 2023 yang dapat dijadikan referensi buat kamu.