Rincian Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2023/2024

Rincian Biaya Kuliah Universitas Pertamina - Universitas Pertamina adalah universitas swasta PT Pertamina (Persero) yang merupakan salah satu BUMN. Meski PTS, nyatanya Universitas Pertamina atau dikenal juga dengan UP menjadi salah satu kampus yang memiliki banyak peminat.

 

Rincian Biaya Kuliah Universitas Pertamina

Biaya kuliah Universitas Pertamina antara satu program studi dengan yang lain tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh.  Universitas Pertamina yang didirikan pada tahun 2016 fokus pada bidang energi dan teknologi terkait energi. Misalnya teknologi minyak, energi baru terbarukan, gas, hingga teknologi lingkungan terkait energi.

 

Universitas Pertamina memang bisa dibilang masih baru berdiri tapi ada banyak prodi yang diselenggarakan. Beberapa prodi di Universitas Pertamina yaitu Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Manajemen Energi, Teknik Material & Metalurgi, dan Studi Energi. Bahkan belum lama ini UP pembukan prodi baru yaitu Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

 

Komponen biaya kuliah Universitas Pertamina terdiri dari Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), serta biaya lain seperti biaya pendaftaran yang dibedakan menjadi jalur reguler dan jalur nilai UTBK.

 

Fakultas dan Program Studi Universitas Pertamina

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ilmu Ekonomi

Manajemen

 

Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi

Ilmu Teknik

Teknik Geologi

Teknik Perminyakan

Geofisika

 

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Ilmu Komunikasi

Hubungan Internasional

 

Fakultas Sains dan Komputer

Ilmu Komputer

Kimia

 

Fakultas Perencanaan Infrastruktur

Teknik Lingkungan

Teknik Sipil

 

Fakultas Teknologi Industri

Ilmu Teknik

Teknik Kimia

Teknik Elektro

Teknik Mesin

 

Komponen Biaya Kuliah di Universitas Pertamina Tahun Ajaran 2023/2024

 

Biaya Pendaftaran

Jalur Reguler :

UM IPA/IPS : Rp. 300.000,00

UM IPC : Rp. 375.000,00

 

Jalur Nilai UTBK:

UM IPA/IPS : Rp. 100.000,00

UM IPC : Rp. 150.000,00

 

Biaya Pendidikan Universitas Pertamina

Seperti disebutkan sebelumnya biaya kuliah di beberapa program studi tidak beda jauh dan bahkan sama. Biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan SPP untuk program studi S1 dari beberapa prodi di bawah ini adalah:

Teknik Geologi

Teknik Geofisika

Teknik Perminyakan

Teknik Elektro

Teknik Mesin

Teknik Kimia

Teknik Logistik

Teknik Sipil

Teknik Lingkungan

Kimia

Ilmu Komputer

 

SPI : Rp. 25.000.000.

SPP : Rp. 12.500.000 per semester.

Kecuali SPP Teknik Geologi yaitu sebesar Rp. 13.500.000 per semester.

 

Sedangkan untuk program studi di bawah ini biaya SPI yang dibebankan pada mahasiswa adalah Rp. 25.000.000. Adapun untuk SPP per semester yang harus dibayarkan mahasiswa adalah sebesar Rp. 10.000.000 per semester.

Program Studi Ekonomi

Program Studi Manajemen

Program Studi Komunikasi

Program Studi Hubungan Internasional

 

Demikian informasi biaya kuliah Universitas Pertamina tahun ajaran 2023/2024. Universitas Pertamina juga menawarkan program beasiswa yang bisa dilamar oleh mahasiswanya.

 

Beberapa beasiswa yang ada di Universitas Pertamina yaitu Beasiswa Ekonomi, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Unggulan Semester (BUS), Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina, dan Beasiswa APERTI BUMN.