8 Artis Raih Gelar Sarjana di Tahun 2023 Mulai dari Asnawi hingga Enzy Storia

IDBeasiswa.id - Ada banyak artis Indonesia berhasil meraih gelar sarjana di tahun 2023. Perjuangan para artis ini untuk mendapatkan gelar sarjana patut dipuji. Lantaran mereka mampu membagi waktu antara kesibukan sebagai artis dan mahasiswa.

 


Lantas ada siapa saja artis raih gelar sarjana di tahun 2023 dan bagaimana kisah perjuangan mereka? Berikut ulasan lengkapnya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Ferry Salim

Pada awal Januari 2023 kemarin, aktor senior Ferry Salim sukses bikin banyak orang bangga. Pasalnya di usianya yang sudah 56 tahun, Ferry Salim berhasil meraih gelar sarjana hukum dari Universitas Kristen Indonesia. Saat wisuda, ia didampingi oleh istri dan anak-anaknya termasuk Brandon Salim.

 

2. Rey Mbayang

Menempuh kuliah S1 di Universitas Terbuka Manado, Rey Mbayang sukses mendapat gelar sarjana manajemen. Rey Mbayang yang sudah kuliah sejak tahun 2017 akhirnya lulus S! pada Juli 2023 lalu. Suami Dinda Hauw bahkan mendapatkan IPK yang cukup memuaskan yaitu 3,39.

 

3. Asnawi Mangkualam

Tak disangka di sela kesibukannya sebagai kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam telah merampungkan kuliah S1. Asnawi Mangkualam lulus dengan gelar sarjana manajemen dari Universitas Bosowa.


Asnawi memang tak dapat hadir pada acara wisudanya karena kala itu sedang dalam pelatihan bersama Timnas Indonesia. Walau begitu, Asnawi hadir secara daring melalui zoom.

 

4. Randy Martin

Pernah berjanji untuk menamatkan S1, Randy Martin akhirnya bisa menepati janji tersebut. Randy Martin lulus dengan gelar Sarjana Administrasi dari Kwik Kian Gie School of Business.


Pencapaian Randy Martin ini disambut gembira oleh keluarga dan penggemar. Apalagi, Randy mengaku kuliah sambil kerja sebagai artis sangat tidak mudah. Namun, dirinya membuktikan diri bisa jadi sarjana.

 

5. Enzy Storia

Telah menunda mimpinya untuk kuliah selama 13 tahun lamanya, Enzy Storia akhirnya lulus S1 dari Binus. Ia menempuh kuliah online sejak tahun 2019 silam dan berhasil diwisuda pada November kemarin.


Meski harus menjalani kuliah dan bimbingan jarak jauh sejak pindah ke Amerika, tapi Enzy bersyukur karena bisa meraih gelar sarjana manajemen. Gelar yang sudah lama ia impikan dan terpaksa ditunda karena harus bekerja selepas SMA.

 

6. Sarah Tumiwa

Gelar sarjana komunikasi pemasaran resmi disandang model Sarah Tumiwa setelah lulus dari Universitas Bina Nusantara (BINUS). Sarah Tumiwa terlihat cantik dan seksi di hari wisuda dalam balutan kebaya modern dan kain batik ber-high slit setinggi paha.

 

7. Rahmania Astrini

Penyanyi yang jadi sorotan setelah jadi penampil pembuka di konser Coldplay, Rahmania Astrini lulus dari Binus  dengan gelar sarjana ilmu komunikasi. Rahmania tampil sangat cantik dan anggun di hari wisudanya dalam balutan kebaya dan toga.

 

8. Dilan Janiyar

Artis TikTok Dilan Janiyar raih gelar sarjana teknik geodesi dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Dilan berhasil menyelesaikan kuliah dan tugas akhirnya dalam kondisi hamil besar.

 

Itulah beberapa artis yang berhasil meraih gelar sarjana di tahun 2023. Usia, kesibukan, hingga popularitas tidak membuat mereka terlena dan mengabaikan pendidikan. Kisah mereka inspiratif sekali, bukan?