Biaya Hidup Mahasiswa di Bogor

 

Biaya Hidup Mahasiswa di Bogor - Bogor adalah salah satu kota kota yang menjadi tujuan studi banyak mahasiswa. Salah satu penyebabnya tentu saja karena Bogor merupakan tempat berdirinya salah satu kampus terbaik di Indonesia yaitu IPB.


Ilustrastrasi Biaya Hidup Mahasiswa di Bogor. (dui.ipb.ac.id)




Oleh karena menjadi kota tujuan banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, maka informasi tentang biaya hidup mahasiswa di Bogor sangat penting. Pengetahuan tentang biaya tempat tinggal, makanan, hingga transportasi akan membantu dan memudahkan selama menempuh pendidikan.


Menariknya Bogor juga dikenal sebagai kota dengan udara yang sejuk dan nyaman serta memiliki biaya hidup yang cukup terjangkau oleh kantong mahasiswa. Walau begitu perlu diingat bahwa Bogor merupakan tujuan wisata terutama selama akhir pekan dan liburan.


Sebab di sana ada banyak destinasi wisata populer, misalnya kawan puncak. Sehingga jika tidak bisa memanage keuangan dengan baik, bisa-bisa biaya hidup membengkak. Nah, ini dia ulasan biaya hidup mahasiswa di Bogor.



Biaya Hidup di Bogor

Secara umum mahasiswa dapat bertahan tinggal di Bogor dengan biaya sekitar Rp 1.000.000 sampai Rp 2.000.000 per bulan. Biaya itu meliputi biaya makan, tempat tingga, transportasi, komunikasi, bahkan hiburan. 



Biaya Makan Mahasiswa di Bogor

Biaya yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan primer yaitu makan ada di kisaran angka Rp 300.000 sampai Rp 500.000 per bulan. Tentunya tergantung pula pada jenis menu makanan yang dipilih.


Namun untungnya, mahasiswa bisa memilih untuk makan di warung dengan harga sekitar Rp 10.000 per porsi. Dibandingkan dengan makan di restoran yang mematok harga jauh lebih mahal daripada warung.



Biaya Tempat Tinggal Mahasiswa di Bogor

Para mahasiswa harus menyiapkan biaya kurang lebih Rp 250.000 sampai Rp 1.000.000 setiap bulannya untuk membayar biaya tempat tinggal atau kos. Untuk mahasiswa yang berkuliah di IPB akan mendapatkan benefit karena selama tahun pertama bisa tinggal di asrama kampus.


Baru kemudian di tahun kedua bisa keluar dan mencari tempat tinggal baru alias kos-kosan maupun kontrakan. Harga sewa kos per bulannya kurang lebih Rp 250.000 sampai Rp 1.000.000, tergantung fasilitas yang ditawarkan tiap kos. 


Selain itu, ada  pula kos yang disewakan untuk setengah tahun sekali alias per semester. Kisaran biaya sewa kos tiap setengah tahun mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 6.000.000. Artinya jika dibayarkan per tahun, mahasiswa harus menyiapkan biaya sebesar kurang lebih  RP 3.500.000 sampai dengan Rp 12.000.000.



Biaya Transportasi Mahasiswa di Bogor

Untuk moda moda transportasi, Bogor memiliki fasilitas yang cukup baik dan lengkap. Selain itu juga ada banyak pilihan mulai dari ojek, ojek online, angkot, hingga taksi. Untuk biayanya sendiri tergantung moda yang dipilih, serta umumnya menyesuaikan jarak yang ditempuh.


Sebagai informasi, ada cukup banyak universitas negeri dan swasta di Bogor. Sebut saja IPB, Universitas Djuanda (Unida), Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Kampus Cilebut, Universitas Pakuan (Unpak), Politeknik AKA Bogor.