Beasiswa Kuliah UIN Walisongo Semarang Tahun 2024 2025

Informasi Beasiswa Terbaru UIN Walisongo Semarang - Beasiswa Unggulan UIN Walisongo, Beasiswa Baznas 2024 2025 , Beasiswa BI 2024 2025 , Beasiswa Prestasi UIN Walisongo Semarang, Beasiswa Tahfidz UIN Walisongo, dan Beasiswa UIN Walisongo Semarang Terbaru Lainnya.


UIN Walisongo Semarang



Beasiswa UIN Walisongo Semarang 2024 2025 – Bagi para mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN Walisongo) Semarang yang sedang berjuang demi mendapatkan pendidikan hingga selesai namun terkendala ekonomi bisa mencoba memperjuangkan beragam beasiswa yang disediakan oleh UIN Walisongo Semarang. 


Banyak mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang ketinggalan akan informasi mengenai beasiswa terbaru UIN Walisongo Semarang tahun 2024 2025 dan apa saja syarat dari beasiswa tersebut.


Tenang dan jangan khawatir, IDBeasiswa coba akan memberikan beberapa informasi mengenai beasiswa UIN Walisongo Semarang terbaru untuk bisa kamu perjuangkan dan jangan lupa catat baik-baik informasi berikut ini.


Program Beasiswa Kuliah UIN Walisongo Semarang Terbaru Tahun 2024 2025

Sebagian besar mahasiswa UIN Walisongo tentu merasa khawatir akan besarnya biaya kuliah, apalagi UIN Walisongo Semarang termasuk Perguruan Tinggi Islam ternama di Indonesia.

Namun jangan khawatir, UIN Walisongo memberikan berbagai macam beasiswa di tahun 2024 yang bisa kamu perjuangkan, diantaranya:


1. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP Kuliah UIN Walisongo Semarang merupakan bantuan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kemdikbudristek yang diperuntukan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi namun memiliki keterbatasan secara ekonomi dan memiliki potensi secara akademik.


Bagi yang ingin mendaftar dan ingin tahu segala persyaratan yang harus kamu persiapkan, bisa cek disitus web resmi KIP Kuliah Kemendikbutristek  atau kamu bisa mengunjungi website walisongo.ac.id atau baca: Panduan Beasiswa KIP Kuliah UIN Walisongo Semarang Tahun 2024

 

2. Beasiswa Prestasi UIN Walisongo Semarang

Beasiswa prestasi UIN Walisongo Semarang tahun 2024 ditunjukan bagi para mahasiswa yang memiliki nilai akademis atau IPK tinggi. Hal ini dikarenakan apresiasi dari pihak kampus UIN Walisongo Semarang terhadap mahasiswa yang berprestasi. Pihak kampus akan menyaring mahasiswa dengan memiliki nilai IPK terbaik dari setiap jurusannya untuk mendapatkan beasiswa prestasi. Kandidat yang mendapatkan beasiswa tersebut biasanya mahasiswa yang sedang duduk di semeter 2 hingga semester 4.


Adapun syarat yang harus disipkan bagi para pejuang beasiswa prestasi UIN Walisongo semarang diantaranya adalah:

a. IPK dengan minimal 3,5

b. Mendapatkan surat rekemendasi dari Dekan atau wakil dekan yang telah ditandatangani oleh pejabat berwenang

c. Mahasiswa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

d. Memiliki prestasi secara akademik atau pernah menjuarai perlombaan minimal tingkat kabupaten.

e. Memiliki tulisan karya ilmiyah yang telah dipublikasi di media lokal maupun nasional seperti: artikel, essay, cerpen dan lain sebgainya dengan karyamu sendiri.

Itulah syarat yang harus kamu persiapkan jika ingin memperjuangkan beasiswa prestasi UIN Walisongo tahun 2024 bagi kamu yang yang merasa memiliki prestasi secara akademik bisa untuk mencobanya dan biasanya pendaftaran beasiswa prestasi UIN Walisongo Semarang berlangsung di awal semester genap.

 

3. Beasiswa Unggulan UIN Walisongo Semarang

Beasiswa Unggulan UIN Walisongo Semarang biasanya diberikan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbutristek) RI secara langsung bagi kamu yang memiliki prestasi baik tingkat nasional maupun internasional yang berkontribusi bagi bangsa dan negara dalam segala bidang.

Untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan UIN Walisongo Semarang tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya:

a. tentunya syarat utama kamu sedang tidak menerima beasiswa dari instansi lain.

b. Mengisi formulir di website resmi dan mengupload data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Keluarga (KK).

c. Membuat karya tulis ilmiah yang berbentuk essay dengan menggunakan Bahasa Indonesia dengan tema “Aku Generasi Unggul Kebangsaan Bangsa Indonesia”.

Beasiswa Unggulan UIN Walisongo biasanya di buka pada awal semester satu bulan September. Nah bagi kamu pejuang beasiswa Unggulan UIN Walisongo bisa nich untuk ancang-ancang mengajukannya.

 

4. Beasiswa BI (Bank Indonesia) Terbaru di UIN Walisongo Semarang

Adapun beasiswa lainnya yang bisa mahasiswa UIN Walisongo perjuangkan adalah Beasiswa Bank Indonesia (BI). Namun dalam menghadapi beasiswa BI melalui dua tahap diantaranya tahap administrasi dan tahap wawancara.

Adapun persyaratan beasiswa Bank Indonesia yang harus dipersiapkan adalah:

a. Mahasiswa aktif pada tahun berjalan dengan minimal sedang duduk disemester 3 dan setidaknya telah menyelesaikan 40 SKS dengan IPK 3.50.

b. Mahasiswa tidak sedang menerima pihak manapun berupa beasiswa

c. Aktif berorganisasi baik dalam kampus maupun luar kampus ataupun seperti komunitas yang peduli terhadap sosial pendidikan dan komunitas lainnya.

Adapun cara pendaftaran Beasiswa BI UIN Walisongo Semarang sebagai berikut:

a. Mengisi formulir A1 bermateri yang dapat diperoleh dari pihak kampus UIN Walisongo Semarang

b. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)

c. Fotocopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

d. Transkip Nilai dengan IPK 3.5

e. rangkuman data diri primadi dan motivasi letter

f. Fotocopi sertifikat atau piagam penghargaan

Jika persyaratan kamu sudah terpenuhi, langsung saja kumpulkan berkas beasiswa BI UIN Walisongo Semarang tersebut ke pihak fakultas masing-masing.


Setelah kamu dinyatakan lolos secara seleksi administrasi oleh pihak kampus, sekiranya ada 80 orang nama yang akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu tahap wawasncara.


Dalam tahap wawancara kamu perlu mengenalkan diri, dan menyebutkan kekurangan dan kelebihan namun biasanya pihak BI  tertarik kepada mahasiswa yang mempunyai semangat tinggi dalam terus belajar dan termotivasi membangun negeri.


Adalagi nich yang kamu dapatkan atau kelebihan dari Beasiswa BI diantaranya: beasiswa mewadai komunitas penerima beasiswa BI sehingga kamu bisa diberiakn latihan softskill, pengembangan diri. Selain hal tersebut, kamu juga berkesempatan besar untuk bekerja di Bank Indonesia dan menjadi salah satu generasi Baru Indonesia (GenBI).


Wah jangan sampai ketinggalan ya, informasi mengenai beasiswa BI dan terus ikuti berita beasiswa lainnya di Idbeasiswa.id

 

5. Beasiswa Tahfidz UIN Walisongo Semarang

Beasiswa Tahfidz UIN Walisongo Semarang diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki hafalan Alquran dengan minimal 10 jus atau lebih. Sehingga peluang besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut sangat terbuka.


Nah bagi kamu yg mempunyai spesifikasi tersebut bisa mengajukannya Beasiswa Tahfidz UIN Walisongo tahun 2024 dengan syarat sebagai berikut:

a. Surat permohonan bantuan beasiswa tahfidz yang ditunjukan kepada Rektor UIN Walisongo Semarang

b. Fotocopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

c. IPK minimal 3.00 di buktikan dengan fotocopi HSS terakhir yang telah dilegalisir oleh pihak yang berwenang.

d. Fotocopi Syahadah/piagam tahfidz minimal 10 jus yang telah dilegalisir oleh pihak berwenang.

e. Sedang tidak menerima pihak manapun berupa beasiswa

f. Surat keterangan kelakuan baik dari fakultas masing-masing.

Setelah persyarat beasiswa tahfidz dirasa sudah lengkap, masukan ke dalam amplop dan kumpulkan ke fakultas/pihak kampus yang berwenang menangani beasiswa tersebut.

Jika kamu dinyatakan lolos secara admisnistrasi, persiapkan diri untuk tes wawancara berupa tes bacaan Alquran dengan seberapa lancar hafalanmu.

Nah kapan beasiswa tahfidz UIN Walisongo di buka? untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai Beasiswa Tahfidz bisa kunjungi Pendaftaran Beasiswa Tahfidz UIN Walisongo Semarang Tahun 2024

 

6. Beasiswa Baznas

Beasiswa Baznas merupakan beasiswa yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional kepada mahasiswa  yang sedang menempuh pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi Islam salah satunya UIN Walisongo Semarang.


Untuk mendapatkan beasiswa Baznas tentunya ada beberapa persyaratan yang harus di persiapkan diantaranya:

a. Mengisi formulir penerimaan Beasiswa Baznas yang disediakan di fakultas masing-masing

b. Menyertakan rangkuman mengenai data pribadi, Surat rekomendasi dari fakultas masing-masing yang ditandatangi oleh pihak berwenang, dan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

c. Transkip nilai dengan IPK minimal 3.00

d. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)


Setelah pemberkasan administrasi yang dikumpulkan di setiap fakultas masing-masing dan dinyatakan lolos, bagi calon penerima beasiswa Basnas UIN Walisongo akan mengikuti tahp selanjutnya yaitu tahap wawancara.


Mengenai pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan pada tahap wawancara beasiswa Baznas UIN walisongo Semarang diantaranya mengenai agama, dalil-dalil tentang zakat dan shodaqoh, orang yang wajib diberikan zakat, dasar filosofi Islam dan lain sebagainnya.


Intinya persiapkan diri anda, ketika akan menghadapi tes wawancara agar pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh penanya dengan mudah Anda jawab. Optimis harus Anda tanamkan sebelum memasukan ruangan dan tetap berdoa.

 

7. Beasiswa Djarum Plus

Bagi para pejuang beasiswa UIN Walisongo, ada beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation yaitu Beasiswa Djarum Plus. Bagi anda yang ingn mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan Beasiswa Djarum Plus harus mempersiapkan segala persyaratan yang telah ditentukan diantaranya:


a. Mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang bermitra dengan Djarum Foundation.

b. Memiliki IPK 3.00 disemester III dan serta dapat pemertahankan IPK 3.00 samapai semester IV.

c. Mengikuti kegiatan secara aktif keorganisasian baik dalam kampus maupun luar kampus.

d. Sedang tidak menerima pihak manapun berupa beasiswa


Dalam mendapatkan Beasiswa Djarum Plus, harus melalui tiga tahapan, yaitu: tahap pertama yaitu tahap administrasi, tahap kedua tes tulis dan yang terakhir tahap wawancara. Tentu bagi kalian yang  ingin mendapatkan Beasiswa Djarum Plus UIN Walisongo Semarang harus benar-benar melalui tiga tahapan tersebut. Beasiswa Djarum Plus biasanya di buka pada bulan Maret atau April. Untuk informasi lebih lanjut bisa klik  Syarat dan Alur Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus Terbaru


Itulah beberapa Beasiswa yang disediakan oleh UIN Walisongo Semarang yang bekerjasama dari berbagai pihak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa UIN Walisongo Semarang 2024 2025 bisa sering-sering membuka website dan sosial media UIN Walisongo Semarang supaya tidak tertinggal segala informasi beasiswa yang ada atau bisa juga website Idbeasiswa.id karena akan memberikan informasi seputar beasiswa terbaru di UIN Walisongo Semarang.


Nah itulah beberapa beasiswa yang bisa mahasiswa perjuangkan di UIN Walisongo Semarang tahun 2024 2025. Selamat mencoba dan semoga beruntung. Tetap semangat untuk selalu belajar.