Beasiswa Kuliah UIN Sunan Kalijaga 2023 2024 yang Bisa Mahasiswa Perjuangkan

Beasiswa UIN Sunan Kalijaga Terbaru – Beasiswa KIP Kuliah UIN Suka Yogyakarta 2023 2024, Beasiswa DIKPORA, Beasiswa BI (Bank Indonesia), Beasiswa Laziz PLN, Beasiswa Prodi Keagamaan, Beasiswa Prodi Keagamaan UIN Sunan Kalijaga, Beasiswa Bank Negara Indonesia (BNI), Beasiswa Prestasi, Beasiswa Bank Pembangunan Daerah (BPD), Beasiswa PT Djarum 2023 2024, Beasiswa LPDP terbaru, Beasiswa Bank Mandiri Syariah.

 

   Beasiswa UIN Suka Yogyakarta Terbaru Tahun 2023

Beasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2023 2024

Universitas  Islam Negeri Sunan Kalijaga yang dikenal degan UIN Suka pertama kali melakukan penegerian dari Fakultas Agama Islam Indonesia menjadi Perguruan Tinggi Agama Islam pada tahun 1950 dan menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) pada tahun 1960. Sedangkan menjadi Universitas Islam Negeri pada tahun 2004.


UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sangat berkiprah di dunia pendidikan sangat perpengalaman, sehingga dapat menghasilkan para generasi unggul  terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan keislaman dan keilmuan bagi peradaban.


Tentu banyak siswa/pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi salah satunya di UIN Suka Yogyakarta. Selain dapat ilmu keagamaan juga dapat ilmu sains (umum) yang lainnya.


Namun perlu diketahui, biaya kuliah tentunya menjadi momok yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di UIN Suka Yogyakarta karena semakin mahalnya biaya kuliah.


Nah, bagi kamu yang terkendala secara ekonomi tentunya ada solusi yang ditawarkan di UIN Suka Yogyakarta salah satunya beasiswa. Beasiswa UIN Suka Yogyakarta sangat beragam diantaranya:


Program Beasiswa di UIN Suka Yogyakarta

Tentunya, besar harapan bagi mereka yang kurang mampu tetap bisa melanjutkan kuliah di UIN Suka Yogyakarta. Bagi yang benar-benar serius dalam menggapai mimpi tentunya hal tersebut mudah untuk lalui karena UIN Suka Yogyakarta membuka peluang beasiswa yang begitu banyak, mulai dari beasiswa prestasi hingga beasiswa bagi yang kurang mampu. Untuk detailnya berikut jenis-jenis beasiswa yang ada di UIN Suka Yogyakarta:

1. Beasiswa BIDIKMISI atau yang sekarang beralih nama KIP Kuliah dari Kementerian Agama Republik Indonesia disediakan bagi calon mahasiswa baru yang berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

2. Lembaga baik pemerintah ataupun pihak swasta yang selama ini memberikan beasiswa kepada para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berprestasi diantara lain adalah:

a. Program Beasiswa Bidikmisi / KIP Kuliah

b. Program Beasiswa DIKPORA     

c. Program Beasiswa Bank Indonesia

d. Program Beasiswa Laziz PLN     

e. Program Beasiswa Prodi keagamaan            

f. Program Beasiswa Tahfidz Qur’an           

g. Program Beasiswa Bank Negara Indonesia

h. Program Beasiswa prestasi dan akademik     

i. Program Beasiswa Bank Pembangunan Daerah                 

j. Program Beasiswa PT. Djarum          

k. Program Beasiswa Bank Syariah Mandiri

l. Program Beasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta termasuk perguruan tinggi tujuan penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk program magister dan doktor.

Namun untuk mendapatkan program beasiswa di UIN Suka Yogyakarta tersebut tentunya harus ada syarat yang harus terpenuhi bagi calon penerima beasiswa.

 

Syarat Permohonan Pengajuan Beasiswa di UIN Suka Yogyakarta

Syarat pengajuan pada proses pemberkasan beasiswa tentunya harus kamu ikuti sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pemberi beasiswa. Berikut syarat yang harus kamu siapkan sebelum proses pengajuan beasiswa yang ada di UIN Suka Yogyakarta:

1. Program Beasiswa KIP Kuliah UIN Suka Yogyakarta

Program Beasiswa KIP Kuliah diperuntukan bagi mereka yang telah dinyatakan lolos dan terdaftar sebagai mahasiswa S1 pada semester 1 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 2022/2023, berwarga negara Indonesia, dan berstatus tidak sedang menerima beasiswa yang bersumber dari lainnya.


2. Program Beasiswa Dikpora UIN Suka Yogyakarta

Syarat pengajuan permohonan beasiswa DIKPORA di UIN Suka Yogyakarta tentunya mahasiswa aktif yang sedang menempuh kuliah S! Di UIN Suka Yogyakarta. Untuk informasi lengkapnya bisa kunjungi website resmi.


3. Program Beasiswa BI (Bank Indonesia) 2023 2024

Tentunya mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di UIN Suka Yogyakarta dan mempunyai nilai akademik yang bagus dapat mengajukan permohonan beasiswa BI.


4. Program Beasiswa Laziz PLN

Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZIZ) PLN menyalurkan bantuan berupa beasiswa bagi yang sedang menempuh studi baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.


Sasaran beasiswa Laziz PLN tentunya bagi mereka yang kekurangan secara ekonomi untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi. Beasiswa Laziz PLN diberikan kepada mahasiswa dari berbagai progam studi (prodi) yang memiliki ekomomi kurang mampu.


Sumber dana beasiswa dari dana para pegawai Muslim PLN se-Indonesia dengan tujuan meningkatkan harapan mahasiswa kurang mampu (dhuafa) supaya dapat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.


5. Program Beasiswa Prodi keagamaan UIN Suka Yogyakarta

Program beasiswa Prodi Keamaan tentunya bagi mereka yang memiliki prestasi akademik yang baik dan minat khusus pada jurusan tertentu yang telah disediakan beasiswa dari UIN Sunana Kalijaga.


6. Program Beasiswa Tahfidz Qur’an UIN Suka Yogyakarta 2023 2024

Bagi mahasiswa yang mempunyai kelebihan dalam menghafal Alquran, bisa nich ngajuin beasiswa tahfidz qur’an yang diselenggarakan oleh pihak kampus UIN Suka Yogyakarta dengan syarat yang mudah yaitu sebagai WNI dan tercatat mahasiswa aktif (tidak mengambil cuti kuliah) dengan memiliki hafalan Qur’an minimal 10 juz dan tentnya berkelakuan baik ber IPK minimal 3.10 ya. Bagi yang memiliki kriteria tersebut bisa langsung ke website resmi UIN Suka Yogyakarta untuk proses pendaftaran.


7. Program Beasiswa Bank Negara Indonesia

Program beasiswa BNI merupakan kerjasama antara UIN Sunan Kalijaga  dengan pihak Bank Negara Indonesia (BNI) dalam dunia pendidikan dan memiliki akademik yang bagus.


Banyak bukan? beasiswa yang bisa kamu perjuangkan saaat ingin menempuh pendidikan di UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Jadi jangan pernah takut untuk belajar di UIN Suka karena keterbatasan ekonomi, kamu bisa berjuang untuk mendapatkan salah satu beasiswan yang ersedia di UIN Suka Yogyakarta. Dan bagaimana cara mendaftarnya?


Cara Mendaftar Beasiswa

Tata cara mendaftar beasiswa terbaru tahun 2023 2024 baik Program Beasiswa Bidikmisi / KIP Kuliah, Beasiswa DIKPORA, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Laziz PLN, Beasiswa Prodi keagamaan, Program Beasiswa Tahfidz Qur’an, Beasiswa Bank Negara Indonesia, Beasiswa prestasi dan akademik, Beasiswa Bank Pembangunan Daerah, Beasiswa PT. Djarum, dan Program Beasiswa Bank Syariah Mandiri di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan mengunjungi website resminya atau bisa juga mengunjungi website UIN Suka Yogyakarta.


Pemberkasan Beasiswa di  UIN Sunan Kalijaga

Tentunya dalam proses pengajuan beasiswa ada berkas yang harus kamu kumpulin untuk diproses secara administrasi. Nah, apa saja berkas yang harus dikumpulkan saat pengajuan beasiswa secara umum, simak penjelasannya:

1. Mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

2. Surat berkelakuan baik yang dikeluarkan dari fakultas masing-masing dan ditanda tangani oleh pihak yang berwenang.

3. Fotocopi HSS dengan minimal IPK paling rendah 3.10 atau lebih sesuai beasiswa yang kamu ajukan.

4. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi beasiswa yang mensyaratkan surat tersebut.

5. Sertifikat/piagam penghargaan baik lokal maupun nasional (bagi beasiswa yang mensyaratkan)

6. Tentunya surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak manapun.

Itulah berkas yang biasanya harus kamu siapkan sebelum mengajukan beasiswa namun terkadang ada juga tambahan pemberkasaan sesuai dengan syarat pengajuan yang telah ditetapkan oleh perusahan penyedia beasiswa atau pihak kampus terkait. Sedangkan kapan waktu dan terakhir pendaftarabn beasiswa UIN Sunan Kalijaga sendiri?


Waktu Pendaftaran Beasiswa UIN Suka Yogyakarta

Untuk informasi mengenai kapan waktu dibuka atau terakhir pendaftaran beasiswa di UIN Sunan Kalijaga kamu harus selalu mengunjungi wesite resmi UIN Suka Yogyakarta ya atau bisa mengunjungi website IDBeasiswa supaya tidak ketinggalan informasi lebih lanjutnya. Karena setiap beasiswa mempunyai waktu pendaftaran yang berbeda-beda namun tentunya tiap tahun beasiswa tersebut ditawarkannya.