Informasi Beasiswa Terbaru Tahun 2023 2024 Yang Dapat Kamu Perjuangkan

Kumpulan Beasiswa  Tahun 2023 Terbaru – Mulai dari Beasiswa LPDP 2023, Beasiswa Unggulan 2023, Beasiswa BRI 2023, Beasiswa Bank Indonesia (BI) 2023, Beasiswa KIP Kuliah 2023, Beasiswa Super Semar, Beasiswa Djarum 2023, Beasiswa PTKIN 2023, Beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Beasiswa PTS, Beasiswa PTK, Beasiswa UIN/IAIN/STAIN hingga Beasiswa Dalam Negeri Lainnya.

 

Kumpulan Beasiswa Tahun 2022 yang Dapat Diperjuangkan

Beasiswa Tahun 2023 2024 Terbaru yang Bisa Diperjuangkan – Mengenyam pendidikan hingga ke pergruan tinggi menjadi salah satu harapan dan cita-cita seseorang untuk memperbaiki taraf hidup yang lebih layak. Namun hal tersebut menjadi momok/kendala bagi mereka yang secara ekonomi kurang mampu.


Namun, bagi mereka yang benar-benar niat dan mempunyai tekad tinggi sesungguhnya ekonomi tidak menjadikan persoalan bahkan kendala untuk tetap menuntut ilmu hingga ke perguruan tinggi. Hal tersebut dikarenakan banyak beasiswa di Indonesia yang ditawarkan disetiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Informasi mengenai beasiswa dapat dilihat dibeberapa situs resmi milik perguruan tinggi tersebut mulai dari beasiswa Unggulan, beasiswa BRI, beasiswa BI, Beasiswa Djarum dan lain sebagainnya.


Beasiswa tentunya tidak hanya diberikan diperguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbud RI namun juga beasiswa ditawarkan bagi mahasiswa yang kuliah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI (PTKIN) seperti beasiswa Tahfidz dan prodi keagamaan dan masih banyak lagi beasiswa lainnya yang ditawarkan di tahun 2023 2024. Nah untuk mengetahui beasiswa apa saja yang bisa diperjuangkan di tahun 2023 2024, simak penjelasannya:


Program Beasiswa Tahun 2023 2024 yang Bisa Mahasiswa Perjuangkan


Banyak beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mulai dari beasiswa pemerintahan, beasiswa perusahaan miliki pemerintah / Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) ataupun beasiswa dari perusahaan swasta. Nah berikut beasiswa yang bisa mahasiswa perjuangkan di tahun 2023 2024:


1. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa KIP Kuliah merupakan program pemerintah di bawah naungan Kemendikbudristek RI yang tahun 2023 kembali dibuka dan diperuntukan bagi calon mahasiswa yang memiliki nilai akademik bagus namun memiliki kekurangan secara ekonomi.

Syarat medaftar bantuan Beasiswa KIP Kuliah tahun 2023, tentunya mereka yang lulus pada tahun berjalan dan telah lulus 2 tahun sebelumnya yaitu tahun 2021 dan 2022.

Bukan hanya itu saja persyaratan pengajuan program KIP Kuliah, namun ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi diantaranya:

a. Memiliki NISN, NSPN, dan Juga NIK

b. Memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), atau bisa saja mereka yang telah memiliki KIP , atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan atau memiliki kartu Program Keluarga Harapan (PKH)

c. Memiliki potensi akademik yang baik namun tidak mampu secara ekonomi.

d. Lolos seleksi dan diterima diperguruan tinggi yang telah ditunjuk dan memiliki akreditasi A atau B.

Untuk info lebih lanjut mengenai Beasiswa KIP Kuliah tahun 2023 bisa kunjungi website reminya di: kip-kuliah.kemendikbud.go.id atau KLIK DISINI

 

2. Beasiswa LPDP 2023 2024 Kemenkeu (S2 dan S3)

Beasiswa yang diberikan bagi mahasiswa yang  ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi baik magister (S2) maupun ke doktor (S3). Bagi yang ingin mendaftar, calon peserta bisa menyiapkan seperti ijazah S1, transkip nilai dan juga sertifikat bahasa Inggris. Untuk dokumen laiinya bisa kunjungi laman resmi beasiswa LPDP dan buku panduan beasiswa LPDP tahun 2023.

Bagi peserta calon penerima beasiswa akan mengikuti setiap prosesnya yang dilakukan dalam tiga tahap yakni:

1. Proses seleksi administrasi

2. Proses seleksi bakat skolatik

3. Proses seleksi subtansi

Tiga tahapan tersebut wajib diikuti setiap peserta dan untuk jadwal pendaptaran dibagi menjadi 2 sesi yaitu:

Sesi pertama : Dimulai pada bulan Februari

Sesi kedua : Dimulai pada bulan Juli

Jangan sampai ketinggalan info selanjutnya atau kunjungi website resmi di lpdp.kemenkeu.go.id atau KLIK DISINI

 

3. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia memiliki beberapa program bagi mereka yang memenuhi kriteria diantaranya:

DEGREE

1. Beasiswa S1 / D4

2. Beasiswa S2

3. Beasiswa S3

4. Beasiswa LPDP

 

NON DEGREE

1. Beasiswa Non Degree Ditjen Dikti

a. Program Beasiswa Kampus Merdeka (IKU #2)

b. Program Beasiswa Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (IKU #3)

c. Program Beasiswa Peningkatan Kompetensi Dosen & Tenaga Kependidikan

d. Beasiswa Peningkatan Kapabilitas Profesor ke Kelas Dunia

e. Kerjasama Oxford   

f. Kerjasama Erasmus+

2. Beasiswa Non Degree Ditjen GTK

a. Program Afirmasi

3. Beasiswa Non Degree Ditjen Diksi

a. Program Beasiswa Kampus Merdeka (IKU #2)

b. Program Beasiswa Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (IKU #3)

c. Program Beasiswa Peningkatan Kompetensi Dosen & Tenaga Kependidikan

d. Program Beasiswa Peningkatan Kapabilitas SMK

4. Riset Keilmuan

5. Bridging Course

Untuk syarat dan waktu pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia bisa kunjungi website resmi beasiswa.kemendikbud.go.id atau klik disini

 

4. Beasiswa BI (Bank Indonesia)

Beasiswa Bank Indonesia (BI) bisa menjadi salah satu tujuan mahasiswa untuk mendapatkan batuan biaya kuliah, bukan hanya biaya kuliah namun penerima bantuan beasiswa BI pun mendapatkan uang saku.


Lewat jalur beasiswa BI, bukan menjadi halangan lagi bagi kamu untuk melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu kamu juga akan mendapatkan pelatihan gratis dari BI.


Namun sebelum sebelum mendapatkan beasswa BI tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya.


Syarat Pengajuan Beasiswa BI Terbaru

Nah, bagi kamu yang ingin tahu tentang persyaratan pengajuan beasiswa BI, simak penjelasannya sebagai berikut.


Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan biaya pendidikan, tunjangan studi hingga biaya hidup bagi mahasiswa aktif dan telah menempuh minimal 40 SKS.


Bagi para penerima beasiswa tentunya akan tergabung dalam satu wadah organisasi yang bernama Generasi Baru Indonesi (BenBI) yang akan mendapatkan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan karakter dan jiwa para peserta anggota GenBI. Hal ini wujud komitmen Bank Indonesia demi mamajukan dunia pendidikan di Indonesia dan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Nah untuk syarat pengajuan, mahasiswa bisa mempersiapkan pemberkasannya, diantaranya:


a. Fotocopi KTM, KTP, dan KK

b. Transkip Nilai Terakhir

c. Surat Rekomendasi dari pihak kampus

d. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)


Untuk informasi lengkap mengenai persyaratan pengajuan beasiswa BI bisa langsung kunjungi website resminya atau KLIKDISINI


Prsoses seleksi Beasiswa BI dibagi menjadi dua tahapan yakni tahap pertama adalah proses seleksi administrasi dan bagi yang lolos akan dilakukan proses kedua yakni proses wawancara.

 

5. Beasiswa Djarum Terbaru 2023 2024

Mahasiswa yang memiliki prestasi dan sedang menempuh pendidikan bisa mencoba untuk mengajukan besiswa Djarum. Karena PT Djarum mempunyai program Djarum Beasiswa Plus yang diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi dari berbagai jurusan dan sedang menempuh program pendidikan hingga S1/Diploma 4 di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang telah memiliki kerjasama dengan Djarum Foundation.


Nama-nama perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Djarum Beasiswa Plus bisa kunjungi website beasiswadjarumplus.org atau bisa juga KLIK DISINI : Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus


Sedangkan persyaratan pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2023 secara umum, mahasiswa bisa untuk mempersiapkan diri seperti:

a. Menemuh pendidikan dari semua disiplin ilmu baik S1/D4

b. IPK minum 3.20 pada semester III dan bisa tetap mempertahankan hingga semester IV.

c. Aktif berkegiatan sosial baik didalam maupun luar kampus.

d. Sedang tidak menerima beasiswa


Djarum Beasiswa Plus dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap administrasi dan tahap wawancara namun juga ada tes tertulis dan bagi para peserta calon penerima Djarum Beasiswa Plus yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan mengikuti tes tertulis dan harap membawa:


a. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

b. Bukti undangan tes baik melalui email/sms dari pihak Djarum Beasiswa Plus

c. membawa alat tulis pribadi

d. berpakaian rapi dan sopan (bersepatu)


Untuk alur pendaftaran, waktu pendaftaran dan tata cara pendaftaran Djarum Beasiswa Plus lebih lengkap bisa kunjungi website resminya ya. Segala informasi mengenai Djarum Beasiswa Plus akan tertulis detail. Jangan sampai ketinggalan informasinya ya.


6. Beasiswa Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Salah satu perbankan BUMN yaitu PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau yang sering kita kenal dengan sebutan Bank BRI telah membuka program beasiswa bagi mahasiswa aktif dan sedang menempuh program pendidikan hingga jenjang S1.


Pada tahun ini BRI kembali membuka beasiswa dengan Program Beasiswa Nusantara Cerdas (BCN) yang diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi dengan katagori daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Terluar) dan juga peraih nilai UN terbaik secara Nasional.


Untuk mendaftar beasiswa BRI tentunya ada persayratan yang harus dipenuhi para calon pendaftar. Disini IDBeasiswa akan coba menjelaskan persyaratan secara umum yang bisa kalian persiapkan sebelum mendaftar Beasiswa BRI diantaranya:

a. Mahasiswa aktif disemua jurusan

b. Mengisi form pendaftaran

c. IPK minimal 3.00

d. Fotocopy KTM, KTP, KK, Ijazah, Nilai UN, dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu)


Apabila ada perubahan persyaratan atau sekadar perbedaan informasi dan yang berlaku adalah website resmi dari Bank BRI dan masing-masing kampus.


7. Beasiswa Supersemar

Beasiswa Supersemar merupakan beasiswa unggulan dibawah naungan Yayasan Supersemar dan diperuntukan bagi mereka yang memiliki kondisi ekonomi rendah. Keberadan beasiswa supersemar tentunya cukup membantu mahasiswa, minimal dari segi pembiayaan kuliah.


Tentu, alasan ekonomi menjadi momok bagi para generasi muda untuk  melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi. Keberadaan beasiswa supersemar setidaknya dapat meringankan beban biaya kuliah dalam menempuh pendidikan apalagi biaya kuliah tiap tahun makin mahal.


Untuk mendapatkan beasiswa supersemar, mahasiswa harus mengajukan persyaratan / pengajuan dokumen sesuai syarat yang telah ditentukan oleh yayasan supersemar. Diantara dokumen yang harus dipersiapkan diantaranya:


a. Mengisi formulir pendaftaran beasiswa supersemar yang telah disediakan dikampus masing-masing.

b. Fotocopi KTM dan dibuktikan sebagai mahasiswa aktif Diperguruan Tinggi.

c. Fotocopi HSS dengan IPK minimal 2.50

d. Fotocopi Kartu Keluarga (KK)

e. Surat Keterangan Berkelakuan Baik

f. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh instansi berwenang dan dibuktikan dengan penghasilan orang tua.

g. surat keterangan sedang tidak menerima atau diusulkan beasiswa lain.

h. Fotocopi buku rekening


Demikianlah persyaratan pengajuan Beasiswa Supersemar yang bisa kamu persiapka. Dan tahapan seleksi beasiswa supersemar harus kamu penuhi dan biasanya ada beberapa persyaratan berbeda di setiap kampus masing-masing untuk hal tersebut kalian bisa sering mengunjungi websiter resmi kampus terkait Beasiswa Supersemar terbaru.


8. Beasiswa Prestasi

Beasiswa prestasi merupakan bentuk kepedualian pihak kampus terhadap mahasiswa yang memiliki akademik bagus dan tidak mempunyai catatan buruk sehingga layak untuk mendapatkan kepedulian berupa beasiswa prestasi.


Beasiswa prestasi diberikan bagi mereka yang aktif berkegiatan baik dalam kampus maupun luar kampus. Tentu persyaratan beasiswa prestasi setiap kampus berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing. Namun persyaratan secara umum IDBeasiswa coba akan menjelaskannya:

a. Mahasiswa aktif dibuktikan dengan KTM

b. IPK minimal 3.00

c. Memiliki prestasi baik dibidang akademik ataupun bidang lainnya baik secara lokal maupun nasional yang dibuktikan dengan piagam ataupun sertifikat.

d. Tentunya, penerima beasiswa prestasi tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lainnya.


9. Beasiswa VDMS/VDMI

Beasiswa VDMS/VDMI Kembali dibuka pada tahun 2022, bagi mahasiswa yang telah menempuh pendidikan pada tahun kedua bisa mengajukan dengan syarat bahwasanya universitas yang sedang kamu pilih menjadi mitra dari pada VDMS/VDMI.


Info mengenai universitas yang bermitra dan persayaratan pengajuan beasiswa VDMS/VDMI bisa KLIK DISINI atau juga bisa mengunjungi website dari VDMS.


10. Beasiswa Tahfidz

Sebagian perguruan tinggi baik negeri maupun swasta terkadang ada beasiswa bagi mereka yang sudah menghafal alquran dengan minimal 10 jus hingga 30 jus.


Dalam hal ini adalah bentuk apresiasi pihak kampus terhadap mahasiswa yang memiliki kelebihan khususnya bagi mereka yang menghafal Al-quran.


Inilah beberapa beasiswa yang dapat diperjuangkan di tahun 2023 2024 bagi kamu yang memiliki akademik bagus namun terkendala secara ekonomi. Sebenarnya masih banyak beasiswa-beasiswa lain yang diberikan dari pemerintah ataupun pihak swasta.


Banyak bukan beasiswa-beasiswa yang dapat kamu perjuangkan ditahun 2023 dan apabila kamu memiliki kualifikasi dari tiap beasiswa tersebut bisa mencoba untuk mendaftarnya.


Syarat Mendapatkan Beasiswa Tahun 2022

Persyaratan mengenai beasiswa tentunya telah ditentukan oleh pihak penyelenggara masing-masing dan jika ingin info lebih detailnya mengenai persyaratan beasiswa bisa kunjungi website resmi tiap penyelenggara (Beasiswa BI, Beasiswa Djarum dan lain sebagainnya) atau pihak kampus yang berwenang.


Hal ini dikarenakan kebijakan terkait persyaratan beasiswa tentunya berbeda-beda sehingga jangan sampai setiap proses seleksi beasiswa baik secara administrasi ataupun proses selanjutnya terlewati.


Waktu Pendaftaran Beasiswa

Terkait waktu pendaftaran beasiswa yang dapat kamu perjangkan di tahun 2023 2024 harus sering-sering mengunjungi website resminya dikarenakan mengenai info waktu pendaftaran setiap beasiswa akan berbeda-beda. Pendaftaran beasiswa biasanya di mulai dari bulan Februari hingga Desember tiap tahunnya.


Untuk mengetahui informasi mengenai beasiswa lainnya, jangan lupa ikuti website IDBeasiswa.id karena merupakan situs terpercaya dan terakurat dalam menginformasikan seputar beasiswa PTN, PTS, PTK, PTKIN dan beasiswa lainnya baik beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri.