Tips dan Trik Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa Supaya Diterima

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa – Bagi calon penerima beasiswa tentunya tahapan wawancara merupakan tahapan penting pada proses penilaian kelayakan untuk diterima atau tidak. Sehingga pada proses wawancara banyak persiapan yang harus dipersiapkan secara matang .



Oleh sebab itu, sangat penting bagi mahasiswa pendaftar beasiswa untuk mempersiapkan diri dalam tahapan wawancara supaya yang dihasilkan dapat maksimal. Untuk mengahdapi tes wawancara IDBeasiswa punya tips yang bisa kamu persiapkan, berikut tipsnya:



Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa Supaya Diterima

Persiapan diri dalam mengahadapi wawancara memang perlu dilakukan, supaya dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pewawancara dapat dijawab dengan mudah dan lancar. Untuk menghadapi wawancara beasiswa supaya sukses berikut tipsnya.


1. Lakukan Riset yang Mendalam

Sebelum melakukan tes wawancara, hal yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan riset mendalam tentang karakter dirimu, keunggulan dan prestasi kampus atau yang dituju.

Pengetahuan kandidat calon penerima beasiswa akan meningkatkan penilaian lebih dari mata pewawancara.


2. Berpakaian Rapi dan Formal

Hal yang penting sebelum melakukan sesi waancara ada pada penampilan diri selain pengetahuan. Pilihlah pakaian dan celana yang rapi dan normal dan apabila diperlukan gunakan jas alamater sehingga membuat kesan awal yang lebih menarik dari pihak penyelangga wawancara.

Jangan lupa gunakan sepatu fantofel sehingga akan terlihat lebih elegant dibanding menggunakan sepatu kets saat melakukan sesi wawancara. Persiapkan diri secara penampilan dan buat kesan pertama begitu meggoda.


3. Postur Tubuh Tegap

Perhatiakan postur tubuh saat menghadapi pewawancara. Bersikap tubuh tegap dalam melakukan sesi ini juga merupakan hal penting yang dapat membuat kesan tegas dan semangat.

Ketegapan dalam posisi duduk membuat kesan terhadap pewawancara terhadap sikap keseriusan, kedisiplinan, dan kesopanan dari para kandidat penerima beasiswa.


4. Kontak Mata Secara Alami

Rasa gemetar tentunya akan dirasakan bagi peserta saat melakukan sesi wawancara sehingga akan menundukan kepalanya. Meski merasa gemetar ataupun gugup, kamu harus tetap berusaha untuk tetap berkontak dengan alami terhapat pewawancara.

Dengan begitu, pewawancara akan fokus dengan jawaban-jawaban yang kamu berikan dan kamu akan lebih lancar dalam berkomunikasi mengemukakan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan pewawancara.


5. Ajukan Pertanyaan Kepada Pewancara (Satu/dua)

Antusias atau semangat bagi calon penerima beasiswa bisa kamu tunjukan dengan satu atau dua pertanyaan untuk pihak pewawancara atau pihak kampus.

Pertanyaanmu akan bisa dilihat oleh pewawancara, sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk dapat meloloskan kamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Siapkan pertanyaan tersebut sebelum melakukan tes wawancara, supaya pertanyaan yang kamu ajukan merupakan pertanyaan yang mengandung bobot dan tidak asal bertanya.


6. Percaya Diri

Hal terakhir bagi kandidat calon penerima beasiswa adalah kepercayaan diri. Dalam kepercayaan diri dapat terlihat dari jawaban-jawaban yang kamu sampaikan secara komprehennsip dan terperinci.

Jawaban tersebut sangat berguna untuk menarik perhatian bagi pewawancara atau pihak rekrutmen beasiswa.

Nah, itulah yang bisa kamu siapkan dalam menghadapi sesi wawancara untuk mendapatkan beasiswa. Namun pertanyaan-pertanyaan apa sih yang muncul saat sesi wawancara beahsiswa, berikut pertanyaan pertanyaan yang biasanya muncul pada saat sesi wawancara beasiswa.


Pertanyaan-pertanyaan Wawancara Beasiswa dan Jawabannya

Tentunya banyak pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan pewawancara kepada calon penerima beasiswa. Disini IDBeasiswa coba memberikan klu terkait pertanyaan saat wawancara dan jawabannya semoga bisa bermanfaat, diantaranya:


1. Ceritakan Tentang Profil Dirimu

Hal yang biasa dipertanyakan sebelum memasuki pertanyaan selanjutnya adalah terkait profil dirimu sendiri. Hal ini bukan pertanyaan terkait yang ada di CV atau profil data diri namun disini kamu diminta menceritakan kelebihan dan keunikan dirimu dibanding pelamar beasiswa lainnya.

Jawabannya:

Kamu bisa menceritakan tentang hobimu yang positif dan selalu semangat dalam menggapai impian, atau memberiakn informasi tentang bakat yang kamu miliki, jawablah sebisa dan semenarik mungkin namun harus tetap relevan  dengan kebutuhan beasiswa.


2. Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan yang Kamu Miliki

Pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki dalam sesi wawancara beasiswa tentu untuk melihat seberapa jauh kamu mengenali dirimu sendiri. Selain itu, pewawancara juga akan melihat tentang kejujuran yang kamu uraikan atas apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu.

Jawaban:

Katakanlah kelebihanmu dengan jujur dan kalau bisa disertai contoh kasus yang dapat membuktikan hal tersebut. Dan berkata jujurlah atas apa yang menjadi kekuranganmu, namun pastikan kamu akan mengatasi kekuranganmu disertai dengan kamu mengatasinya. Cohntoh kasus: apabila kamu seorang pelupa kelak, kamu akan mencatat di note kecil supaya dapat teringat akan apa yang harus kamu lakukan.


3. Selain Belajar Apa yang Kamu Lakukan di Luar Kampus

Pertanyaan ini dimaksudan seberapa aktif kamu melakukan kegiatan intra atau ekstra kampus. Karena banyak program beasiswa yang lebih senang terhadap mahasiswa yang lebih aktif di organisasi baik dalam kampus atau keluar kampus tanpa meninggalkan nilai akademiknya. Hal ini mendapatkan gambaran bagi pewawancara terhadap kepribadianmu dan kecenderuanmu dalam bersosialisasi.

Jawaban:

Disini kamu bisa menceritakan keterlibatanmu dalam mengikuti keorganisasian tersebut. Misal kamu menjelaskan posisi yang sedang kamu emban dan manfaat yang kamu dapatkan ketika mengikutinya.


4. Menceritakan Capainmu saat Dikampus

Pertanyaan-pertanya ini biasanya muncul terkait pprestasi apa yang sudah kamu dapatkan saat kampus. Hal ini terkait pertimbangan bagi pewawancara sebelum mengenai lanjutan seperti ekstra. Dalam hal ini kamu bisa menjawab prestasi apa saja yang sudah kamu capai selama mengenyam pendidikan.

Jawaban:

Sebutkan prestasi atau capaian-capainmu saat mengenyam pendidikan misal menjadi juara keras atau mewakili olimpiade tertentu atau bisa saja kejuraan yang non akademisi misal menjadi perwakilan paskibra atau mengikuti perlombaan dan lain sebagainnya.


5. Menceritakan Kegagalan atau Kesalahan yang pernah Kamu lakukan

Tentuny selama kamu mengenyam pendidikan baik dalam mengikuti kegiatan tentunya pernah dihapkan sebuah permaslahan atau kegagalan. Pertanyaan yang muncul terkait kegagalanmu dimaksudkan untuk melihat bagaimana kamu dalam menyikapi kesalahan atau kegagalan yang pernah kamu alami. disini pewawancara juga ingin mengetahui pelajaran apa yang kamu dapatkan setelah mengalami kesalahan atau kegagalan tersebut.

Jawaban:

Jawablah dengan jujur kegagalan atau kesalahan yang pernah kamu perbuat dalam suatu kegiatan misalnya kamu kalah menjadi juara dalam mewakili sekolah dalam pertandingan olimpiade. Kesalahanmu misal mengikuti atu bergabung bersama teman karena rasa kasihan bukan sesuai bidang yang benar-benar kamu mumpuni. Dan ceritakan juga bagaimana kamu memperbaiki kesalahn yang telah kamu perbuat dan nilai apa yang telah kamu pelajari tersebut.


6. Apa yang Akan Kamu Lakukan Setelah Lulus

Pertanyaan ini akan selalu muncul saat tes wawancara beasiswa, hal ini dikarenakan mengenai motivasimu kedepan setelah dinyatakan lulus dari kampus.

Jawaban:

Jelaskan secara detail rencana kedepan sesuai cita-cita dan alasan kenapa kamu mengambil jurusan tersebut sehingga kamu dapat menjelaskan secara detail apa saja yang kamu dapatkan selama dikuliah sehingga dapat bekerja di perusahaan terkemukan atau sebagai enterpreiner dan lain sebagainya.


7. Kenapa Kamu Layak Mendapatkan Beasiswa

Pertanyaan terakhir yang menjadi tombak pertanyaan adalah kenapa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. Kalu kamu memang sampai pertanyaan ini, kamu merupakan salah satu orang yang mendapatkan penilaian hebat dari pewawancara dan memiliki point yang diinginkan oleh pemberi beasiswa tersebut. Tetapi perlu diingat, kandidat lain juga yang sampai tahap ini mempunyai kehebatan yang luar biasa dan mungkin jauh lebih hebat dari kamu. Dalam hal ini, tugasmu harus benar-benar meyakinkan pewawancara, bahwasannya kamu layak di pilih untuk dapat menerima beasiswa  tersebut.


Jawaban:

Disini kamu kembali menyatakan, bahwasannya kamu memiliki kriteria yang sesuai dengan visi dan missi yang sama dengan pemberi beasiswa.  Selain hal tersebut, sampaikan juga hal lain yang akan membuat nilai lebih terhadap dirimu dalam ikut aktif segala kegiatan seperti menjadi duta atau relawan.


Inilah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul pada tes wawancara beasiswa.  Meski demikian, setiap pemberi beasiswa ataupun lembaga penyedia biasanya memiliki fokus dalam hal pertanyaan terkait beasiswa namun tidak jauh dari hal tersebut. Dalam tahap wawancara beasiswa, jadilah dirimu sendiri dalam menyampaikan jawaban dan sampaikan gagasan karena penting bagi pewawancara.


Pastikan kamu menyiapkan diri semaksimal mungkin dalam mengadapinya. Pewawancara lebih paham, mana yang layak atau tidak mendapatakan beasiswa dengan karakter yang kamu bawakan.


Inilah tips sukses dalam mengahadapi wawancara beasiswa yang bisa jadikan referensi bagi kamu saat akan menghadapi tahap wawancara beasiswa. Tetap semangat dan yakin kamu layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

x