Beasiswa Terbaru UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2023 2024 untuk Mahasiswanya - Cek Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

Beasiswa UIN Ar-Raniry Terbaru – Beasiswa Tahfidz UIN Ar-Raniry 2023 2024, Beasiswa BI UIN Ar-Raniry2023 2024, Beasiswa SKSS UIN Ar-Raniry2023 2024, Beasiswa DIPA UIN Ar-Raniry 2023 2024, Syarat dan Berkas Pengajuan Beasiswa di UIN Ar-Raniry, PMB UIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2023.


Info Beasiswa Terbaru UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Beasiswa Terbaru UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2023 2024

Dana atau biaya kuliah tentu menjadi hambatan dan pertanyaan umum yang sering muncul ketika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tak terkecuali ke Universitas Islam Negeri Ar-Raniry atau yang dikenal dengan sebutan UIN Ar-Raniry.


Wajar, pertanyaan itu muncul disebabkan setiap orang mempunyai latar belakang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal paling lumrah ketika ingin melanjutkan pendidikan adalah kesanggupan untuk membayar atau menanggung SPP dan biaya lainnya dalam kurun yang cukup lama.


Oleh sebab itu, beasiswa tentunya menjadi jalan alternatif bahkan menjadikan satu-satunya jalan untuk sebagian orang yang ingin melanjutkan pendidikan hingga kejenjang lebih tinggi. Nah bagi kamu yang ingin atau sedang melanjutkan pendidikan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh bisa untuk mengajukannya.


Berikut IDBeasiswa telah menghimpun beberapa informasi mengenai beasiswa yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang studimu di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

 

Program Beasiswa Terbaru di UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2023 2024

Nah bagi kamu yang ingin atau sedang menempuh studi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan membutuhkan beasiswa, berikut beasiswa yang bisa kamu coba ajukan:

1. Beasiswa KIP Kuliah UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun 2023 2024

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan memiliki kemampuan secara akademik namun tergolong dalam kondisi ekonomi lemah bisa untuk mengajukan program beasiswa KIP Kuliah yang ditawarkan oleh pihak UIN Ar-Raniry Banda Aceh.


Beasiswa ini dulunya terkenal dengan sebutan beasiswa Bidikmisi namun sekarang terkenal dengan sebutan KIP Kuliah. Beasiswa ini memang diperuntukan bagi mahasiswa baru yang tergolong ekonomi rendah supaya dapat mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Beasiswa KIP Kuliah merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan.


Begitu juga UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tahun 2023 telah membuka kembali beasiswa KIP Kuliah yang diperuntukan bagi mahasiswa baru tahun akademik 2023 2024


2. Beasiswa Prestasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang sedang kuliah atau sedang mau kuliah tentunya bbeasiswa prestasi bisa menjadi alternatif ketika menginjak semester IV (empat) dan VI (enam).


Tentu tidak mudah dan diberikan kesemua mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh karena harus ada beberapa persyaratan harus terpenuhi dan ada seleksinya. Nah bagi kamu yang ingin mencoba mengajukan beasiswa prestasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 2023 harus mempersiapkan beberapa syarat yang benar-benar lengkap dan saling menunjang dalam proses penilaian dalam proses seleksi.


Diantara persyaratannya yakni: mahasiswa harus memastikan bahwasannya memiliki nilai IPK minimal 3.30, mahasiswa aktif yang dibuktikan dengan bukti pembayaran SPP/semester, fotocopi KTM (Kartu Tanda Mahasiswa), Transkip nilai, surat keterangan sedang tidak menerima beasiswa (jika diperlukan), biodata dan CV beserta syarat lainnya yang bisa berubah sewaktu-waktu.


Untuk proses dan waktu pendaftaran bisa dilakukan di fakultasnya masing-masing dengan map sesuai aturan dan harus benar-benar diperhatikan supaya tidak terjadi kesalahan.


3. Beasiswa BI (Bank Indonesia) UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan dibuktikannya dengan penyaluran beberapa beasiswa di perguruan tinggi salah satunya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Beasiswa BI kembali dibuka ditahun 2023 dan dibilang tinggi peminat sehingga menjadi rebutan para mahasiswa. Beaiswa BI tahun 2023 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh diperuntukan bagi mahasiswa berprestasi dan beasiswa BI rutin diberikan tiap tahunnya.


Bagi kamu yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik bisa untuk coba mengajukan beasiswa yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung beasaran jumlah yang akan diterima penerima beasiswa BI kisaran Rp. 6.000.000,-.


Kesadaran Bank Indonesia, bahwasannya kemajuan bangsa dan negara harus berlandaskan pada peningkatan sumber daya manusianya. Dan salah satu untuk mendapatkan beasiswa BI salah satunya harus memiliki IPK yang tinggi minimal 3.50. oleh karenanya IPK menjadi hal penting untuk dipertimbangkan dalam mendapatkan beasiswa khususnya beasiswa BI.


4. Beasiswa Mandiri UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Bukan hanya BI namun ada beberapa bank lainnya yang bekerja sama dengan UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk memberikan bantuan berupa beasiswa yakni Bank Mandiri.


Namun beasiswa bank ini tidak selalu ada sehingga biasanya akan dilakukan seleksi dengan cepat jika pemberi beasiswa meminta data yang layak untuk mendapatkan beasiswa dalam waktu yang dekat. Oleh sebab itu, mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh diminta aktif untuk mencari informasi mengenai beasiswa supaya tidak ketinggalan segala informasi beasiswa yang tersedia dengan kebutuhan cepat.


5. Beasiswa SKSS (Satu Keluarga Satu Sarjana) UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Beaiswa SKSS UIN Ar-Raniry Banda Aceh berasal dari Baitul Maal yang mengelola zakat, infaq, dan sedekah masyarakat aceh. Sasaran dari program beasiswa SKSS adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan layak untuk mendapatkan bantuan.


Tentunya penerima beasiswa SKSS akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan namun untuk saat ini penerima beasiswa SKSS UIN Ar-Raniry Banda Aceh baru bisa menampung kurang lebih 50 mahasiswa.


Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa SKSS tentu kamu berasal dari keluarga kurang mampu dan punya keinginan terus belajar karena bagi yang menerima bantuan beasiswa SKSS, segala biaya kuliah akan ditanggung penuh. Besaran uang kuliah (SPP/Semesteran) disesuaikan beserta uang bulanan seperti kos dan jajan. Penerima beasiswa SKSS difokuskan untuk terus belajar.


6. Beasiswa DIPA UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Beasiswa DIPA (Dana Isian Pelaksana Anggaran) 2023 merupakan beasiswa yang dapat diakses bagi semua mahasiswa yang kurang mampu. Beasiswa DIPA dibuka setiap tahunnya dengan jumlah penerima yang lumayan banyak.


Beasiswa DIPA bersumber dari pemerintah daerah yang kisaran besarnya Rp. 1.200.000 per mahasiswa setiap tahunnya dengan syarat memiliki SKTM dan memiliki syarat IPK minimum, dan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.


Bagi mahasiswa yang belum menerima beasiswa dari manapun tentunya akan diprioritaskan sebagai penerima beasiswa DIPA dengan syarat yang telah ditentukan namun setiap institusi mempunyai kebijakan masing-masing yang harus dipenuhi. Untuk informasi beasiswa DIPA tahun 2022 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh bisa cek di fakultas masing-masing atau website resminya.


7. Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Beasiswa tahfidz ini sangat mendukung bagi mahasiswa atau yang baru masuk ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan memiliki hafalan Al-Quran di atas 10 Juz.


Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an UIN Ar-Raniry Banda Aceh merupakan program yang diberikan dari Maitul Maal Aceh bagi putra-putri gennerasi Islam yang terus menjaga Al-qur’an lewat hafalan.


Itulah beberapa program beasiswa yang tersedia di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Bagi kamu yang memiliki kemampuan akademik atau memiliki hafalan Al-Quran namun terkendala secara ekonomi bisa mencoba untuk beberapa program beasiswa yang tersedia.


Tentunya program beasiswa tersebut diperuntukan bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh ya. Nah bagi kamu yang baru mau ingin masuk kuliah di UIN Ar-Raniry Banda Aceh simah Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh beserta jadwalnya:

 

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN Ar-Raniry Banda Aceh Tahun Akademik 2022/2023

Nah bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh simak jadwal pendaftaran PMB UIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun akademik 2022/2023 sebagai berikut:

1. Jalur UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Pendaftaran: April s/d Juni 2023

Pelaksanaan Ujian: Juni 2023

Pengumuman: Juni 2023

2. Jalur SPAN PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Pendaftaran: Maret 2023

Pengumuman: April 2023

3. Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Pendaftaran: Mei s/d Juli 2023

Pelaksanaan Ujian: Juli 2023

Pengumuman: Juli 2023

Nah itulah jadwal-jadwal yang perlu diperhatikan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan masih ada beberapa jalur pendaftaran yang bisa ditempuh untuk info lebih lanjutnya kunjungi website resmi pendaftaran.ar-raniry.ac.id.


Demikianlah informasi seputar Beasiswa Terbaru UIN Ar-Raniry Banda Aceh 2023 2024 untuk Mahasiswanya yang bisa kamu coba. Silakan bagikan informasi ini kepada teman-teman yang membutuhkannya.