Beasiswa KIP Kuliah UIN Malang 2023 untuk Mahasiswa - Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

Beasiswa KIP Kuliah UIN Malang – Waktu Pendaftaran KIP Kuliah UIN Malang Tahun 2023, Syarat Pendaftaran KIP Kuliah UIN Malang Tahun Akademik 2023.

  

KIP Kuliah UIN Malang


Pendaftaran KIP Kuliah UIN Malang Tahun 2023

Bantuan KIP Kuliah sangat membantu sebagian orang berekonomi rendah namun memiliki tekad kuat untuk melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Oleh sebab itu banyak orang mencari informasi mengenai tata cara pendaftaran beserta syarat yang harus dipenuhi supaya dapat di terima sebagai peserta KIP Kuliah.


Begitu juga halnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan sebutan UIN Malang. Tentunya informasi sangat diperlukan supaya dapat menjadi peserta penerima bantuan KIP Kuliah di UIN Malang.


Tentunya UIN Malang pada tahun 2022 kembali membuka peluang bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan namun terkendala ekonomi bisa mengajukan program beasiswa KIP Kuliah di UIN Malang dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


Syarat dan Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah di UIN Malang Tahun Akademik 2023 

Bagi kamu yang ingin mencoba mendaftar beasiswa KIP Kuliah di UIN Malang Tahun Akademik 2023 2024, berikut syarat-syarat calon penerima beasiswa KIP Kuliah UIN Malang yang bisa dipersiapkan:

1. Mahasiswa Baru lulusan SMA/SMK/MA/sederajat pada tahun berjalan (2023) dan dua tahun sebelumnnya (2021-2022)

2. Memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi secara akademik yang didukung dengan beberapa dokumen sebagai berikut:

a. Memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar), atau KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), atau KJP (Kartu Jakarta Pintar), atau peserta berasal dari PKH (Program Keluarga Harapan)

b.  Jika calon peserta tidak bisa membuktikan poin diatas, peserta bisa tetap mendaftar dengan membuktikan penghasilan gabungan orang tua dengan pendapatan kotor Rp. 4.000.000

3. Terdampak Covid-19 dikarenakan orang tua meninggal atau pemutusan hubungan kerja (PHK)

a. Meninggal : Dibuktikan dengan surat keterangan kematian pemerintah setempat atau rumah sakit

b.   PHK: Bukti surat keterangan PHK dari perusahaan

4. Tidak terindikasi bahkan terlibat kepada golongan atau organisasi yang anti NKRI.

PERSYARATAN DOKUMEN LAINNYA:

1. Kartu peserta ujian seleksi masuk perguruan tinggi

2. Fakta Integritas yang dapat di unduh di website resmi: kip-uin.malang.ac.id yang bermaterai

3. Surat keterangan lulus yang dikeluarkan dari sekolahan setempat dan ditanda tangani Kepala Sekolah

4. Rapot semester 1 – 6 yang terlegalisir oleh Kepala Sekolah

5. Legaliisir Ijazah (Jika Sudah Keluar)

6. Legalisir Nilai Ujian Nasional (Jika Sudah Keluar)

7. Surat keterangan prestasi (sertifikat/piagam) yang ditanda tangani Kepala Sekolah

8. Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua

9. KK (Kartu Keluarga)

10. Foto Rumah (Depan, Belakang, Samping, Dapur, Ruang Tamu, Kamar Tidur, Kamar Mandi, dan lainnya).


Tujuan Beasiswa KIP Kuliah di UIN Malang

Pemberian beasiswa KIP Kuliah bagi mahasiswa dengan kendala ekonomi memiliki tujuan, yakni:

1. Memberikan kesempatan bagi mereka untuk dapat belajar di Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) bagi mereka yang tidak memiliki biaya.

2. meningkatkan motivasi semangat belajar di UIN Malang bagi mereka yang keterbatasan ekonomi.

3. Penerima Beasiswa KIP Kuliah di UIN Malang menjamin keberlangsungan studi sampai selesai dan tepat pada waktu serta mampu bersaing dan berprestasi secara akademik maupun non akademik.

4. Melahirkan sarjana/lulusan UIN Malana Malik Ibrahim yang unggul dalam berkarakter, mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi sehingga dapat memutus mata rantai kemiskinan.

Sasaran penerima beasiswa KIP Kuliah Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) yang dibuka di tahun akademik 2022 yakni diperuntukan bagi mereka yang dinyatakan diterima di UIN Malang tahun Akademik 2022-2023 dan memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa KIP Kuliah.


Waktu Pendaftaran Beasiswa KPI Kuliah UIN Malang Tahun Akademik 2023

Jadwal pendaftaran beasiswa KIP Kuliah 2023 yang tersedia di UIN malang mengacu dari tahun sebelumnya yaitu : Februari s/d Agustus

 

Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah sehingga peran aktif calon pendaftar beasiswa KIP Kuliah terhadap informasi harus di utamakan supaya tidak ketinggalan segalanya dan menyesal dikemudian hari.


Demikianlah informasi seputar Beasiswa KIP Kuliah UIN Malang Tahun Akademik 2023 mulai dari Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya yang bisa di coba.