5 Kampus UIN di Jawa Tengah Beserta Program Beasiswanya

5 Kampus UIN di Jawa Tengah, Mulai dari Fakultas hingga Beasiswa – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Jawa dengan luas 32,548 km2 yang artinya kisaran 25% luas dari pulau Jawa, sehingga Jawa tengah sendiri merupakan salah satu provinsi yang sedang berkembang pesat sehingga tidak kalah dengan provinsi besar lainnya.


Program Beasiswa di 5 Kampus UIN di Jawa Tengah

Perkembangan di Jawa Tengah mulai dari ekonomi, budaya, sosial hingga dunia pendidikan sehingga banyak perguruan tinggi ternama yang berada di Jawa Tengah salah satunya Uinversitas Islam Negeri atau yang biasa kita sebut dengan UIN.


Nah, ada berapa sih UIN yang berada di Jawa Tengah? Perlu Idbe Lover ketahui, ada 5 UIN yang tersebar di wilayah di Jawa Tengah, sehingga bagi kamu yang ingin melanjutkan bisa memilih salah satunya.


5 Kampus UIN di Jawa Tengah, Mulai dari Fakultas hingga Beasiswa yang Dapat Diraih

Bagi Idbe Lover yang sedang mencari referensi untuk melanjutkan kuliah ke UIN yang berada di Jawa Tengah bisa simak penjelasan dari idbeasiswa.id sebagai berikut:


1. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang

Tentunya UIN Walisongo sangat tidak asing di telinga masyarakat khususnya di kalangan warga Jawa Tengah, hal ini dikarenakan UIN Walisongo sendiri terletak di pusat ibu kota provinsi sehingga aksesnya mudah untuk di jangkau tepatnya di Kota Semarang.


Tentunya sebagai salah satu UIN di Jawa Tengah, UIN Walisongo Semarang termasuk yang pertama yang dahulunya sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang. Nah apa saja sih fakultas yang ada di UIN Walisongo Semarang, simak penjelasannya:

a. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam UIN Walisongo Semarang

b. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang

c. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang

d. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

e. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

f. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang

g. Fakultas Kesehatan dan Psikologi UIN Walisongo Semarang

h. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

i. Pasca Sarjana UIN Walisongo Semarang

Itulah beberapa fakultas yang berada di UIN Walisongo Semarang semoga bisa menjadikan referensi bagi Idbe Lover yang ingin melanjtkan studinya dan masih bingung dengan fakultas yang berada di UIN Walisongo.


2. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga

Perubahan nama dari Institus Agama Islam Negeri Salatiga menjadi UIN Salatiga memang tergolong baru namun UIN Salatiga dijadikan favorit bagi mereka yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi karena Keberadaannya yakni berada di dataran tinggi.


Nah bagi kamu yang ingin melanjutkan dan ingin tahu apa saja fakultas yang berada di UIN Salatiga, berikut nama-nama fakultasnya:

a. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Salatiga

b. Fakultas Syariah UIN Salatiga

c. Fakultas Dakwah UIN Salatiga

d. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora UIN Salatiga

e. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga

f. Pascasarjana UIN Salatiga


3. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta

Tidakkalah dengan UIN lainnya yang berada di Jawa Tengah, UIN Raden Mas Said atau yang terkenal dengan sebutan UIN Surakarta juga sangat diminati warga Jawa Tengah khususnya warga Surakarta dan sekitarnya.


Bagi kamu yang ingin melanjutkan studinya ke UIN Surakarta berikut beberapa fakultas yang bisa kamu pilih:

a. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Surakarta

b. Fakultas Syariah UIN Surakarta

c. Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Surakarta

d. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Surakarta

e. Fakultas Adab dan Bahasa UIN Surakarta

f. Pascasarjana UIN Surakarta


Inilah informasi mengenai beberapa fakultas yang berada di UIN Raden Mas Said Surakarta dan bisa dijadikan referensi bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di UIN tersebut.


4. Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid juga merupakan salah satu tergolong masih muda karena baru diresmikan pada tahun 2022 yang sebelumnya berna Insitut Agama Islam Negeri Pekalongan.


Walaupun dibilang wajah baru namun kiprah UIN KH. Abdurrahman Wahid  atau yang lebih dikenal dengan sebutan UIN Pekalongan sangat terkenal di warga pekalongan dan sekitarnya bagi mereka yang ingin melannjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Islam.


Berikut beberapa fakultas yang berada di UIN Pekalongan dan bisa dijadikan referensi bagi kamu yang ingin melanjutkan studinya:

a.  Fakultas Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

b. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

c. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

d. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan

f. Pascasarjana UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan


5. Universitas Islam Negeri K.H. Prof Saifuddin Zuhri Purwokerto

Tentunya UIN K.H. Prof Saifuddin Purwokerto tidak asing lagi di telinga masyarakat banyumas khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. UIN yang berada di salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah lebih dikenal lagi dengan sebutan UIN Saizu Purwokerto atau UIN Purwokerto dan juga dikarenakan keberadaannya yang sangat sejuk sehingga banyak orang memilih untuk melanjutkan pendidikannya.


Nah, bagi yang ingin melanjutkan studinya di UIN Saizu, berikut beberapa fakultas yang ada sehingga bisa dijadikan referensi:

a. Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Saizu Purwokerto

b. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Saizu Purwokerto

c. Fakultas Syariah UIN Saizu Purwokerto

d. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora UIN Saizu Purwokerto

e. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Saizu Purwokerto

f. Program Magister UIN Saizu Purwokerto

g. Program Doktor UIN Saizu Purwokerto


Diatas merupakan 5 Kampus UIN di Jawa Tengah beserta beberapa fakultas yang dapat dijadikan referensi bagi Idbe Lover yang ingin melanjutkan studinya dan tentunya dari lima UIN di Jawa Tengah selalu memberikan kouta beasiswa bagi mereka yang tidak mampu hingga beasiswwa berprestasi, berikut beberapa daftar beasiswa yang biasanya tersedia di kampus UIN:


Program Beasiswa di 5 Kampus UIN di Jawa Tengah

Harapan besar, tentunya bagi mereka yang memiliki keterbataan secara ekonomi namun memiliki tekad kuat untuk melanjutkan studinya, ingat jangan putus asa karena bisa mendaftar beasiswa di UIN yang diantaranya sebagai berikut:

1. Beasiswa KIP Kuliah

2. Beasiswa Baznas

3. Beasiswa Djarum

4. Beasiswa Tahfidz

5. Beasiswa DIPA

6. Beasiswa Djarum Plus

7. Beasiswa BI

8. Beasiswa Lainnya


Itulah beberapa beasiswa yang sering ditawarkan di UIN khususnya Jawa Tengah, namun ketentuan dan persyaratan sesuai kampusnya masing masing untuk hal tersebut bisa kunjungi website resminya.


Semoga informasi mengenai beasiswa di kampus UIN khususnya Jawa Tengah ini dapat bermanfaat dengan baik.