Tips Mengelola Stres Dengan Baik Bagi Mahasiswa

Tips Mengelola Stress Bagi Mahasiswa – Hallo IDBe Lover! Sibuk karena aktivitas kampus yang padat, sibuk ngerjain tugas, sibuk ujian dan lain sebagainya? Tidak bisa kita pungkiri, mahasiswa tidak lepas dari hal-hal tersebut bukan? Kadangkala sebagian mahasiswa merasa kewalahan menghadapi itu semua yang ditambah beban kuliah yang semakin menumpuk ditambah kegiatan mahasiswa yang banyak dliuar akademik seperti: organisasi, kegiatan UKM dan lainnya sehingga hal ini dapat memicu strees pada mahasiswa.

Nah, apabila hal ini datang pada mahasiswa, alangkah lebih baiknya kita mencoba untuk memanajemen stress yakni menenangkan diri dengan cara tarik nafas sejenak lalu keluarkan supaya lebih rileks. Untuk info lebih dalam cara tarik nafas supaya rileks sebagai berikut:

Cara Menarik Nafas Supaya Rileks

1.Carilah posisi nyaman bagimu, kamu bisa memilih posisi duduk atau berbaring.

2.Tarik nafas perlahan-lahan dari hidung, diusahakan menarik nafas dari perut kemudian tahan 3-5 detik.

3. Keluarkan nafas secara perlahan selama 4-6 detik (seperti niup balon)

4. Lakukan hal ini samapi kamu terasa lebih rilek dan tenangkan pikiran pada saat kamu menarik nafas.

Setelah hal ini kamu lakukan dan merasa tenang, kamu bisa untuk melanjutkan langkah selanjutnya yakni melakukan manajemen pikiran untuk mengelola stres. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan hipnotik 5 jari, berpikir positif dan stop berpikir negatif. Bagaimana caranya melakukan hipnotik 5 jari, berikut ulasannya:

 

Cara Melakukan Hipnotik 5 Jari

1. Menenangkan pikiran dan menutup mata

2. Langkah kedua, hubungkan ibu jari dengan jari telunjuk : Berpikir Positif

3. Hubungkan ibu jari dengan jari tengah : Berpikir Positif

4. Kemudian hubungkan ibu jari ke jari manis : Berpikir Positif

5. Sekarang, hubungkan ibu jari ke jari kelingking : Berpikir Positif

 

Hal ini bisa kamu lakukan di dalam ruangan atau luar ruangan yang kondisinya lebih tenang. Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara pendekatan spriritual saat kamu merasakan stress.

 

Itulah yang coba IDBeasiswa berikan, moga dapat bermanfat dalam mengelola stres dengan baik, dan ketika stress berkurang ataupun hilang cara terakhir yakni selesaikan masalahnya. Seperti misal banyak tugas mulailah selesaikan satu per satu tugas tersebut supaya tugasmu cepat selesai.