10 Tips Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa

10 Tips Menghadapi Wawancara Beasiswa – Mendapatkan beasiswa tentunya dapat dibilang “gampang-gampang susah” hal ini dikarenakan banyak ribuan pendaftar untuk satu program beasiswa dan kouta penerima hanya sedikit yang di sediakan oleh penyelenggara.

Banyak tahapan yang harus dilalui oleh para pendaftar beasiswa mulai dari proses seleksi administrasi yakni kelengkapan data diri yang harus di penuhi sesuai kriteria hingga tes tertulis. Dan tahapan-tahapan ini biasanya wajib diikuti dan bagi yang lolos proses seleksi biasanya mengikuti tes kelanjutan yang berupa tes wawancara/interview.

Dimana tes wawancara beasiswa guna mendalami profil yang telah di daftarkan sehingga peserta ini layak atau tidaknya mendapatkan beasiswa tersebut. Nah bagi kamu mengikuti proses seleksi beasiswa dan akan menghadapi tes wawancara. Bisa mencoba menerapkan 10 tips sukses seleksi beasiswa kuliah sebagai berikut:

 

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa

1. Simulasi Wawancara Beasiswa

a. Alasan mendaftar beasiswa

b. Alasan memilih kampus dan prodi tersebut

c. Hubungan antara fakultas, prodi dan karir

e. Rencana perkuliahan dan karir

2. Mempersiapkan diri secara matang dan mengenal karakter diri sendiri

3. Melakukan riset mengenai jurusan atau prodi yang kamu tuju

4. Datang tepat pada waktunya

5. Berpakaian rapi dan sopan

6. Jangan gugup dan lebih rileks

7. Gestur selalu tegap saat proses wawancara

8. Lakukan kontak mata saat proses wawancara

9. Ajukan pertanyaan

10. Usahakan berjabat tangan.

Itulah 10 tips sukses seleksi beasiswa kuliah yang bisa kamu terapkan seandainya kamu akan mengahadpi proses wawancara beasiswa di suatu universitas ataupun perusahaan penyedia beasiswa.


Dan jangan lupa bertanya kepada orang yang berpengalaman atau telah menghadapi proses wawancara beasiswa yang kamu tuju sehingga membuat persiapan yang jauh lebih matang di bading dengan peserta beasiswa lainnya dan semakin membuat percaya diri.


Itulah tips sukses untuk menghadapi wawancara beasiswa yang IDBEASISWA berikan, moga bermanfaat bagi dirimu sendiri atau orang lain yang akan menghadapi proses seleksi wawancara. Dan ingat, selalu berdoa agar dimudahkan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara.