Tata Cara Membuat Akun Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023 2024

Hallo Idbe Lover! Mau daftar Beasiswa Unggulan 2023 2024 Kemendikbud-Ristek namun belum tahu caranya?Baiklah, kami mencoba memberikan informasi terkait proses awal mendaftar beasiswa dengan cara membuat akun.


Tentunya bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa harus memiliki akun yang terdaftar, nah berikut langkah-langkahnya:

 

Tata Cara Membuat Akun Beasiswa Unggulan Kemendikbud-Ristek

1. Buka melalui web browser (Mozilla FireFox, Google Chrome, dan browser lainnya) lalu klik :   https://beasiswaunggulan.kemendikbud.go.id/login


2. lalu setelah login akan muncul halaman depan dengan sistem tampilan “Pendaftaran dan Pelaporan Beasiswa Unggulan”




3. jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi alamat email dan kata sandi. Jika sudah memiliki akun bisa langsung login untuk dapat mengakses laman sistem “Pendaftaran dan Pelaporan Beasiswa Unggulan”

 

A. Pendaftaran Akun

1. Pada halaman login terdapat tombol daftar berwarna biru dan tekan tombol daftar sebagai peserta untuk mendaftarkan akun baru


2. Tampilan formulir setelah itu akan berubah  menjadi seperti berikut:




3. Masukan NIK (Nomor Induk Penduduk) sesuai dengan KTP yang anda miliki lalu masukan alamta surel yang valid dan lenkap jangan lupa kata sandi minimal 6 karakter.


4. Lalu tekan klik tombol DAFTAR warna biru


5. Jika dinyatakan berhasil akan tampil pesan sukses




6. Setelah dinyatakan berhasil, kemudian buka surat elektronik (email) yang anda daftarkan sebelumnya untuk melakukan konfirmasi


7. jika alamat email/surel sesuai, maka akan terdapat pesan masuk sebagai berikut:



8. Lalu klik tombol konfirmasi pendaftaran pada surel/email tersebut.


9. Setelah mengklik tombol konfirmasi pendaftaran, maka sistem secara otomatis akan membawa Anda ke halaman “Pendaftaran dan Pelaporan Beasiswa Unggulan” dengan pesan berhasil seperti berikut:




10. Pendaftaran berhasil. Jika sudah berhasil Anda bisa melakukan Login dengan alamat surel/email dan memasukan kata sandi yang sudah terdaftar.

 

B. Login Akun



1. Sebelum login untuk dapat masuk ke halaman utama, pastikan akun Anda terdaftar beserta alamat email dan kata sandinya. Kemudian klik tombol masuk.


2. Setelah berhasil login, pengguna akan langsung masuk ke halaman beranda dan dapat melakukan pengisian data pendaftran Beasiswa Unggulan Kemndikbud di laman sistem “Pendaftaran dan Pelaporan Beasiswa Unggulan”


Nah, itulah tata cara mendaftar akun supaya dapat mendaftarkan diri menjadi calon penerima Beasiswa Unggulan 2023 2024 Kemendikbud-Ristek. Perlu diingat alamat email/surel beserta kata sandinya di catat sehingga tidak lupa.