8 Program Beasiswa UIN Alauddin Makassar

8 Program Beasiswa UIN Alauddin Makassar – Universitas Islam Negeri Alauddin merupakan Universitas Negeri yang berbasis Islam dan keberadaanya di Sulawesi Selatan tepatnya di Jl. Sultan Alauddin No. 63 Makassar. Penamaan UIN Alauddin Makassar sendiri berasal dari nama Raja Gowa ke-14 yang pertama kali memeluk agama Islam.



Nah, Bagi IDBe Lover! Biaya kuliah terkadang menjadi penghambat bagi kalangan ekonomi rendah yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi tak terkecuali yang ingin melanjutkan ke UIN Alauddin Makassar. Hal tersebut dianggap wajar bagi masyarakat karena memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Namun bagi sebagian orang tidak akan memperdulikan besaran biaya kuliah, hal ini sebaliknya bagi keluarga yang kurang mampu.


Namun, hal tersebut bisa diatasai ketika memiliki keinginan yang kuat dan tekad yang besar. Karena UIN Alauddin Makassar memberikan kabar gembira berupa penawaran beasiswa yang diperuntukan bagi yang berkeinginan melanjutkan kuliah khususnya di UIN Alauddin Makassar. Ingin tahu? Berikut 8 beasiswa UIN Alauddin Makassar yang ditawarkannya:

 

Jenis-jenis Beasiswa UIN Alauddin Makassar

1. Beasiswa KIP Kuliah UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar menawarkan beasiswa berupa program KIP Kuliah dan program beasiswa ini menjadi salah satu favorit. Hal tersebut dikarenakan beaiswa KIP Kuliah yang di tawarkan di UIN Alauddin Makassar adalah biaya kuliah dan hidup selama 8 semester.


Waktu Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN Alauddin Makassar

Adapun waktu Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN Alauddin Makassar biasanya di buka pada semester genap yakni kisaran bulan Maret hingga bulan Agustus/September di setiap tahunnya.

 

2. Beasiswa Tahfidz UIN Alauddin Makassar

Beasiswa Tahfidz di peruntukan bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang memiliki hafalan Al-qur’an hingga 30 juz.

 

3. Beasiswa Prestasi UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar juga menawarkan Beasiswa prestasi bagi mahasiswa yang memiliki akademik dan non akademik yang baik.

 

4. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Beasiswa berikutnya yang ditawarkan di UIN Alauddin Makassar yakni beasiswa Bank Indonesia (BI). Beasiswa BI ini diperuntukan bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang memiliki akademik bagus.

 

5. Beasiswa DIPA (Dana Isian Pelaksana Anggaran)

Dana DIPA dapat di akses oleh semua mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang kurang mampu dan biasanya beasiswa ini di buka satu tahun sekali dengan besaran Rp. 1.200.000 yang bersumber dari pemerintah daerah.

 

6. Beasiswa Supersemar

Yayasan Supersemar memberikan kesempatan bagi mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang kurang mampu untuk mendapatkan beasiswa. Hal ini merupakan kepedulian yayasan Supersemar terhadap dunia pendidikan di Indonesia

 

7. Beasiswa BRI

Beasiswa BRI merupakan beasiswa dari salah satu bank BUMN yang memiliki kepedulian yang besar terhadap perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.

 

8. Beasiswa Baznas UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin Makassar juga menawarkan beasiswa Baznaz baik yang diperuntukan bagi mahasiswanya di setiap tahunnya.

 

Syarat Pendaftaran Beasiswa

Ingin tahu syarat pendaftaran setiap beasiswa yang di tawarkan UIN Alauddin Makassar? Info detail mengenai syarat dan dokumen pendaftaran setiap beasiswa yang ditawarkan UIN Alauddin Makassar tentunya berbeda-beda sehingga diharapkan setiap mahasiswa bisa selalu update informasi mengenai beasiswa.

 

Waktu dan Tata cara Pendaftaran Beasiswa

Tertarik untuk mendapatkan salah satu beasiswa diatas? Adapun mengenai waktu dan tata cara pendaftran beasiswa KIP Kuliah UIN Alauddin Makassar, beasiswa prestasi, beasiswa BRI, beasiswa BI, dan beasiswa lainnya di UIN Alauddin Makassar bisa kunjungi alamat website resminya.

 

Itulah 8 Beasiswa UIN Alauddin Makassar yang diperuntukan mahasiswanya, apabila IDBe Lover! Jika memiliki kualifikasi tersebut, bisa untuk mencoba mendaftarkan diri 1 dari 8 beasiswa tersebut loh! Semoga sukses.