Tips Lolos Beasiswa S2 Luar Negeri

Tips Lolos Beasiswa S2 Luar Negeri – Beasiswa merupakan harapan bagi sebagian orang untuk dapat melanjutkan kuliah S2 sehingga dapat meringankan beban  biaya kuliah bahkan biaya hidup. Namun, dalam mendapatkan Beasiswa S2 Luar Negeri  tidaklah mudah karena persaingan yang sangat ketat.




Nah, bagi Idbe Lover! yang serius ingin melanjutkan kuliah S2 ke Luar Negeri dengan program beasiswa, berikut mimin akan kasih tipsnya:

 

1. Niat dan Serius Lanjut S2

Tips pertama yakni niat dan serius, kenapa demikian? Karena banyak sekali yang ragu untuk melanjutkan studi S2 karena berbagai pertimbngan. Ketika akan melanjutkan kuliah kamu harus yakin bahwa hidupmu akan lebih bermanfaat.


Keraguan akan membuatmu setengah-setengah sehingga membuat peluangmu untuk lolos beasiswa S2 luar negeri makin kecil. Ingat, sainganmu bukan hanya di negara sendiri namun dari berbagai negara di belahan dunia sehingga kamu harus benar benar memiliki niat yang kuat dan serius melanjutkan studi S2.

 

2. Menentukan Program Kuliah

Setelah memiliki niat untuk serius melanjutkan studi S2 ke luar negeri, segeralah buat daftar prioritas. Ada banyak sekali program beasiswa S2 Luar Negeri yang ditawarkannya namun tidak semua bisa kamu ikuti sehingga bikinlah draf beasiswa yang akan kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan keinginanmu.


Jika masih bingung untuk memilih beasiswa S2 mana yang akan kamu ikuti, coba pertimbangkan beberapa aspek berikut:

 

a. Jurusan : Setiap kampus tentunya memiliki jurusan unggulan dan kamu juga harus memastikan pilihan kampus yang dituju memiliki akreditasi dan jurusan yang baik sesuai dengan keinginanmu.

 

b. Biaya Hidup: Setiap negara memiliki biaya hidup yang tidak sama dengan negara lainnya, sehingga pilihan kampus dan negara harus sesuai kemampuan yang kamu miliki.

 

c. Peluang: Inilah faktor penting yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih beasiswa S2 luar negeri. Setidaknya kamu bisa mempertingmbangkan berapa persen kamu akan di terima di program beasiswa tersebut.


Setidaknya, itulah yang bisa di jadikan pedoman untuk mendaftar program beasiswa S2 luar negeri supaya tidak menyesal di kemudian hari.


Kamu juga bisa mendaftarkan diri 2 atau 3 tempat sekaligus sebagai antisipasi kegagalan di universitas utama kamu tuju. Jangan terlalu banyak mendaftar yang akan mengakibatkan fokusmu terpecah dan juga kamu akan keteteran dalam mempersiapkan segala berkas persyaratan yang di tentukan setiap program beasiswa S2.

 

3. Cari Informasi Kampus di Internet

Ketika sudah mengetahui keinginan dalam daftar prioritas dan paham beasiswa mana yang akan kamu pilih, langkah selanjutnya adalah mencari informasi sedetail mungkin tentang program beasiswa tersebut.


Informasi harus kamu dapatkan mulai dari sekecil apapun karena hal tersebut sangat di perlukan untuk memperlebar peluang mendapatkan beasiswa tersebut.


Dan hal yang harus kamu cari yaitu tentang universitas tersebut mulai dari metode pembelajaran hingga universitas tersebut berada. Cari tahu juga pola hidup disana, bagaimana cara komunikasi, bersosialisasi , biaya hidup dan hal penting lainnya.

 

4. Persiapkan Persyaratan (Dokumen)

Tips selanjutnya yaitu mempersiapkan segala persyaratan mulai dari membuat list dokumen mana saja yang harus ada hingga pendaftaran tiba.


Bagi kamu yang belum memiliki kemampuan berbahasa Inggirs, mulai sekarang mengikuti kursus Bahasa Inggris muali dari bidang speaking hingga tulis karena memiliki kemampuan bahasa Inggris menjadi point utama untu mendaftar Beasiswa S2 Luar Negeri.


5. Gabung Komunitas

Bergabunglah pada group atau komunitas pencari beasiswa S2 Luar Negeri sehingga kamu akan mendapatkan informasi llebih banyak.


Kamu juga bisa sharing terhadap orang lain mengenai hal apapun seputar beasiswa seperti: Persyaratan, Waktu Pendaftaran, hinggga kursus mana yang terbaik.


Itulah beberapa tips lolos beasiswa S2 Luara Negeri yang bisa kamu jadikan acuan atau masih banyak tips-tips lainnya sehingga menambah wawasan bagi kamu.