Deretan Beasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) 2023 2024 untuk Mahasiswa Program S1

Hallo Idbe Lover! Kali ini mimin akan menginformasikan program beasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) 2024 2025 nich. Mau tahu informasi secara detail dan lengkapnya? Simak sampai selesai ya.

 

Program Beasiswa UGM

Beasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) 2024 2025 untuk Mahasiswa Program S1


Tentang Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada atau yang biasa kita kenal dengan sebutan UGM merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia yang berada di Yogyakarta.


Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

 

Program Beasiswa UGM 2024 2025

Setelah membaca profil singkat mengenai Universitas Gadjah Mada dan berkeinginan melanjutkan pendidikannya ke UGM namun terkendala biaya kuliah? Nah, jangan khawatir karena banyak penawaran program beasiswa yang bisa kamu coba untuk melanjutkan pendidikannya di UGM, diantaranya:


1. Beasiswa KIP kuliah UGM

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan bagi pelajar SMA MA SMK Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada namun terkendala ekonomi.

 

2. Beasiswa Bank Indonesia (BI) UGM

Program Beasiswa BI menawarkan bantuan bagi mahasiswa S1 reguler UGM dengan sayarat telah menyelesaikan 60 SKS atau semester 4 dengan IPK minimal 3.00 skala 4.00. 

 

3. Djarum Beasiswa Plus UGM

Djarum Beasiswa Plus merupakan program beasiswa dari Djarum Foundation yang diperuntukan bagi mahasiswa UGM semester IV dengan IPK 3.00 pada semester III dan dapat mempertahankannya.

 

4. Beasiswa Putera Sampoerna  Foundation

Program Beasiswa Putera Sampoerna  Foundation merupakan program beasiswa bagi mahasiswa S1 reguler UGM yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi selama di tingkatan SMA MA SMK sederajat

 

5. Beasiswa BCA Finance UGM

Program Beasiswa BCA Finance ini diperuntukan bagi mahasiswa UGM dengan program S1 reguler yang telah menempuh semester 2 dengan IPK minimal 3.00.

 

6. Beasiswa Inalum (PT. Indonesia Asahan Alumunium)

PT. Inalum diperuntukan bagi mahasiswa S1 UGM yang berasal dari kota sekitaran Danau Toba.

 

7. Beasiswa Karya Salemba Empat

Program beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian Yayasan Karya Salemba Empat kepada mahasiswa S1 UGM dengan tanpa syarat minimal IPK.

 

8. Beasiswa PLN (Perusahaan Listrik Negara)

Perusahaan listrik negara memberikan bantuan biaya hidup bagi mahasiswa UGM untuk jenjang S1, D4 dan D3 setiap tahunnya sebesar Rp. 5.000.000 (Bagi yang memenuhi syarat)

 

9. Beasiswa Eka Tjipta Foundation

Beasiswa Eka Tjipta Foundation merupakan program beasiswa bagi mahasiswa baru UGM yang memiliki prestasi akademik yang cemerlang bisa mencoba untuk mendaftarkan diri.

 

Masih banyak beasiswa 2024 2025 yang ditawarkan di Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mahasiswanya yang diantaranya yaitu beasiswa PT. Daya Adicipta Motora, Beasiswa Roberto Rocca Education Program, Beasiswa PT. Monsoon Academy, Beasiwa YPKR, Beasiswa Tonoto UGM, Beasiswa Baznas dan lain sebagainnya.

 

Nah, bagi kalian yang berminat dan memenuhi syarat bisa untuk mendaftarkan diri dari salah satu program beasiswa tersebut.

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UGM 2024

Pendaftaran Mahasiswa baru dibuka setiap tahunnya bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikannya ke UGM. Nah bagi yang belum tahu, Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UGM terbagi menjadi 3 kategori:


1. Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UGM lewat jalur SNBP

SNBP adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi dimana seleksi ini merupkan seleksi nasional bagi siswa/i berprestasi lulusan tahun ini.

Seleksi SNBP berdasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai raport dan pprtofolia akademik.


2. Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) UGM lewat jalur SNBT

SNBT adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes dimana proses ini dilakukan secara nasional yang dibuka guna untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasri dengan tes yang telah ditentukan oleh PTN (Perguruan Tinggi Negeri)


Bagi yang ingin mengikuti program SNBT merupakan lulusan jenjang SMA MA SMK Sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.


3. Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Program S1 UGM lewat jalur Mandiri

Jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan UGM yakni jalur mandiri dimana proses ini dilakukan oleh pihak universitas. Adapun ketentuan dan presyaratan harus diikuti oleh semua peserta.

 

Jika masih ada pertanyaan seputar PMB UGM 2024 2025 bisa kunjungi laman resminya dan hubungi kontak yang tersedia.

Official Accounts

UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281

Website: ugm.ac.id

Email: info@ugm.ac.id

Telpon: 0274 6492599

WA: 0811 2869 988



Demikianlah informasi seputar Beasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) 2024 2025 untuk Mahasiswa Program S1 dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UGM. Silakan bagikan informasi ini kepada teman maupun keluarga.