Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota yang dipilih oleh ribuan mahasiswa setiap tahunnya sebagai tujuan kuliah. Sebagaimana diketahui bahwa Surabaya memiliki banyak perguruan tinggi negeri favorit. Sehingga banyak yang penasaran berapa biaya hidup mahasiswa di Surabaya mengingat ada banyak perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) berkualitas.

 


Beberapa PTN di Surabaya yaitu Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Sedangkan untuk PTS ada Ubaya, Universitas Pelita Harapan, juga Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) serta lainnya.

 

Selain banyaknya pilihan universitas berkualitas, biaya hidup di Surabaya relatif terjangkau terutama di daerah sekitaran kampus. Walau demikian perlu kiranya untuk menghitung besaran biaya yang dibutuhkan selama sebulan. Supaya bisa dikalkulasikan berapa uang yang harus dipersiapkan sebelum kuliah di Surabaya.


Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya

Besaran biaya hidup mahasiswa di Surabaya meliputi biaya makan, tempat tinggal, transportasi, hingga kebutuhan lainnya. Nah, supaya bisa menjadi gambaran tentang biaya yang kira-kira dibutuhkan mahasiswa untuk hidup di Surabaya adalah sebagai berikut.

 

1. Biaya tempat tinggal

Kos

Umumnya mahasiswa memilih untuk tinggal di kos yang dekat dengan kampus. Rata-rata harga kos yang biasa ditempati mahasiswa berkisar antara Rp 500.000 sampai dengan Rp 3 juta perbulan. Perbedaan biaya untuk harga kos sendiri ditentukan oleh fasilitas misalnya kamar mandi dalam atau luar. Untuk pilihan kos dengan kamar mandi di dalam maka harganya lebih mahal daripada yang kamar mandinya ada di luar kamar. Namun jika mengutamakan kenyamanan maka kos dengan kamar mandi dalam adalah pilihan yang tepat.


Tersedia pula kamar kos dengan fasilitas mewah dengan AC, wifi, kulkas, dapur, dll. Kos dengan fasilitas mewah umumnya disebut  Kos eksklusif  dengan harga sewa yang cukup mahal mulai dari 1.3 juta perbulannya. Tentu saja jika uang bulanan kamu terbatas, kos biasa dengan fasilitas standar adalah pilihan yang tepat. Yang utama untuk tempat tinggal bukanlah kemewahan tapi keamanan, kenyamanan, dan lokasinya strategis. 

 

Rumah kontrakan

Selain kos ada pula pilihan rumah kontrakan yang bisa disewa bersama dengan teman-teman. Karena modelnya adalah rumah maka harganya sudah pasti lebih mahal dari kos. Untuk menyewa rumah kontrakan paling tidak harus disediakan uang sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 7 juta sebulan. Harga sewanya juga tergantung dengan lokasi, luas bangunan, hingga jumlah kamar. Tak hanya itu, umumnya rumah kontrakan masih kosong tanpa perabotan dan peralatan rumah tangga lainnya. Oleh karena itu penyewa harus melengkapi peralatan seperti kasur, lemari, hingga peralatan dapur lainnya.

 

Apartemen

Namun jika kamu memiliki budget lebih dan ingin tinggal di tempat dengan fasilitas mewah menengah maka apartemen bisa jadi pilihan. Rata-rata apartemen disewakan dengan harga cukup mahal sekitar Rp 3 juta ke atas per bulan. Harga mahal itu sepadan dengan fasilitas dan lingkungan sekitar. Umumnya apartemen berlokasi di tengah kota sehingga strategis dan memiliki akses yang mudah.

Nah itu tadi pilihan tempat tinggal untuk mahasiswa yang kuliah di Surabaya, bisa memilih kos, rumah kontrakan, atau apartemen.

 

2. Biaya Makan Di Surabaya

Setelah memilih tempat tinggal maka yang harus dipikirkan selanjutnya adalah biaya hidup untuk makan sehari-hari. Ada banyak pilihan makanan dan tempat makan yang bisa kamu cari. Mulai dari makanan murah yang ada di warung makan sederhana atau makanan mewah yang ada di resto mahal.


Di kawasan kampus, terdapat banyak sekali warung makan murah yang cocok untuk kantong mahasiswa dengan uang saku terbatas. Rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk sekali makan adalah sekitar Rp 6-10 ribu untuk menu makan dengan lauk sederhana. Jika dalam sehari kalianakan 3 kali maka dalam sebulan kurang lebih kamu bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 600-900 ribu per bulannya.


Jika ingin lebih lebih hemat, maka kaku bisa memasak nasi sendiri dengan rice cooker. Nah jika kos kamu menyediakan dapur maka memasak sendiri bisa jadi pilihan. meski demikian ada juga lho menu enak dengan harga murah misalnya mie tek-tek untuk makan malah atau nasi uduk untuk sarapan.

 

3. Transportasi di Surabaya

Sebagai kota besar, ada banyak moda transportasi yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya bus, angkot, becak, dan tentunya ojek online. Rata-rata untuk angkutan umum  tarif yang dipatok sekitar Rp 4-10 ribu sesuai dengan jarak dan tujuan. Jika membawa kendaraan pribadi maka selain bensin ongkos parkir juga harus diperhatikan. Apabila ingin lebih hemat maka pilihlah tempat kos yang jaraknya dekat dengan kampus.

 

4. Biaya lain

Selain tempat tinggal, makan tinggal, dan transportasi ada biaya lain yang tak kalah penting.

Misalnya biaya fotokopi, buku, hiburan, pulsa, dan peralatan mandi. Untuk buku dan fotokopi mungkin sekitar Rp 200-300 ribu perbulan. Sedangkan biaya hiburan seperti nongkrong di kafe, atau bioskop sekitar Rp 500 ribu. Tentu saja biaya hiburan tidak wajib, tapi jika tidak dipikirkan maka bisa jadi membengkak dan membuatmu boros. Kemudian ada pula biaya internet yang juga tak boleh dilupakan.

 

Tentu saja nominal tadi hanya perkiraan dan bisa jadi berbeda untuk setiap orang tergantung pada pengeluaran dan gaya hidup masing-masing. Namun ada juga pilihan untuk bisa menambah uang saku yaitu dengan bekerja paruh waktu. Seperti menjadi guru les privat atau bekerja di warung makan atau kafe.


Itu tadi kisaran biaya hidup mahasiswa di Surabaya yang bisa menjadi gambaran untuk kamu yang akan kuliah di sana.