Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023 Bagi yang Tidak Memiliki Kartu KIP

Ingin daftar KIP kuliah tetapi tidak memiliki kartu KIP? Jangan khawatir, IDBeasiswa mencoba akan menjelaskan tata caranya supaya dapat diterima menjadi peserta program KIP Kuliah.

 


Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023 Bagi yang Tidak Memiliki Kartu KIP

Bagi siswa SMA MA SMK Sederajat lulusan 2023 atau dua tahun sebelumnya yakni 2021 dan 2022 dapat mendaftarkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.


Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dilakukan secara online melalui laman resmi kemendikbudristek dengan salah satu syarat yaitu harus memiliki KIP Sekolah. Namun, bagi siswa SMA MA SMK sederajat yang belum memiliki KIP juga masih bisa mendaftarkan diri menjadi peserta program KIP kuliah 2023.


Bagi siswa yang tidak memiliki kartu KIP dan ingin mendaftar program KIP Kuliah tentunya dengan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

 

Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2023 Bagi yang Tidak Memiliki Kartu KIP

Berikut persyaratan bagi siswa yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta program KIP Kuliah 2023 namun tidak memiliki kartu KIP.


1. Peserta berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dengan dibuktikan hasil pendapatan gabungan orang tua/wali paling banyak Rp. 4 juta setiap bulannya atau pendapatan kotor dari gabungan orang tua/wali di bagi dengan jumlah anggota keluarga dan paling banyak  Rp. 750.000,-


2. Siswa memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh pemerintah desa setempat dan ditanda tangani oleh pihak yang berwenang.


3. Memiliki NISN, NSPN dan NIK yang Valid


4. Siswa merupakan lulusan SMA MA SMK Sederajat tahun 2023 atau 2 tahun sebelumnya (2021 dan 2022)

 

Dokumen Persyaratan KIP Kuliah 2023

Berikut Dokumen persyaratan pendaftaran KIP kuliah 2023:

1. Foto Terbaru Siswa

2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

3. Foto Rumah Lengkap (Tampak Depan, Belakang, Samping Kanan dan Kiri, Ruang Tamu, Kamar Tidur dan Juga Kamar Mandi)

4. Bukti Pembayaran PBB Terbaru

5. Bukti Pembayaran Listrik (3 bulan terakhir)

6. Bukti PDAM (Jika Menggunkan)

7. Slip gaji atau bukti pendapatan

 

Cara Daftar KIP Kuliah 2023 Bagi yang Tidak Memiliki Kartu KIP Sekolah

Bagi yang tidak memiliki KIP dan Ingin mendaftar program KIP Kuliah tahun 2023, berikut cara mendaftarnya:

1. Buka link : https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru


2. Masukan NIK, NISN, NPSN dan juga alamat email aktif dan valid pada kolom yang telah disediakan.


3. Validasis kelayakan : Jika dinyatakan validasi berhasil maka sistem KIP Kuliah akan mengirimkan “Nomor Pendaftaran” dan “Kode Akses” ke alamat email yang telah didaftarkan oleh peserta


4. Selanjutnya “Login” ke laman resmi dan masuk menggunakan “Nomor Pendaftaran dan Kode Akses”


Langkah ini harus benar-benar diselesaikan untuk proses pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan jangan sampai terlewati untuk memilih jalur penerimaan mahasiswa baru secara nasional yang akan diikuti diantaranya (SNBT/SNBP/Mandiri)


5. Selanjutnya selesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah 2023 sesuai jalur penerimaan masuk perguruan tinggi yang dipilihnya.

 

Demikianlah informasi bagi siswa yang ingin tahu Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023 yang Tidak Memiliki Kartu KIP. Silakan bagikan informasi ini kepada yang membutuhkannya.