Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Denpasar Bali

Bali adalah destinasi wisata andalan Indonesia yang terkenal hingga mancanegara. Sehingga banyak hal tentang Bali yang dianggap mewah dan mahal, termasuk biaya hidupnya. Untuk berlibur Bali memang membutuhkan biaya yang besar tapi berbeda dengan untuk tinggal.

 

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Denpasar - Bali

Sehingga perlu diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan untuk liburan dan tinggal di Bali tidaklah sama jumlahnya. Saat liburan kamu pastinya akan memposisikan diri sebagai pendatang yang mencari hingga cukup boros membelanjakan uang. Tapi berbeda saat kamu tinggal di Bali untuk belajar.

 

Bahkan Badan Pusat Statistik melalui data Survei Biaya Hidup (SBH) ditemukan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) di Kota Denpasar bahkan tidak masuk dalam 10 besar. Yang artinya biaya hidup di Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali masih terjangkau. Jadi bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Bali, tidak perlu khawatir dengan biaya hidup yang dikira mahal.

 

Biaya Hidup Mahasiswa Kuliah di Bali

Nah, sebagai gambarannya kulik dulu ulasan biaya hidup mahasiswa di Bali yang sudah IDBeasiswa rangkum berikut:

 

Biaya tempat tinggal di Bali

Harga rumah di wilayah Denpasar, Nusa Dua, Kuta sebenarnya memang mahal yaitu sekitar Rp. 700 juta sampai Rp. 2 miliar. Namun untuk harga sewa kos tidak terlalu jauh dari kota-kota besar lain di Indonesia. Yaitu sekitar Rp 450.000 sampai Rp 3.000.000 semua tergantung pada fasilitas dan lokasi. Sedangkan untuk kos dengan kolam renang harganya bisa sampai Rp 4 juta perbulan.


Ada juga beberapa kos yang harganya di bawah Rp 500 ribu. Hanya saja biasanya kos dengan harga murah tadi kosongan sehingga harus diisi dengan perabotan sendiri. Selain itu lokasinya pun umumnya cukup jauh dari keramaian atau fasilitas umum lainnya.


Beberapa daerah yang menawarkan harga sewa cukup terjangkau adalah di wilayah Singaraja dan Denpasar. Harga sewa tempat tinggal di dua daerah tadi lebih miring dari di wilayah wisata misalnya Sanur, Kuta, Seminyak, dan Canggu. Bahkan perbedaannya harganya sampai setengahnya.


Di daerah wisata tadi harga sewa villa di daerah Sanur misalnya dengan kolam renang dan fasilitas lengkap bisa mencapai Rp 8 juta perbulan. Sedangkan di Denpasar harganya hanya sekitar Rp 5 Jutaan.


Selanjutnya wilayah Batubulan, Gianyar, dan  Ubud ada cukup banyak kos berfasilitas komplit dan kamar mandi dalam harganya kurang lebih mulai dari Rp. 800.000 sampai dengan 1.000.000 per bulan.


Berbeda dari kota besar lain seperti Jakarta atau Bandung, di Bali tidak ada apartemen dengan gedung tinggi. Sehingga pilihannya cukup sedikit dan terbatas. Bagi mahasiswa, tempat tinggal yang bisa dipilih adalah rumah kos atau rumah kontrakan. Menyewa rumah kontrakan bisa lebih hemat karena biaya sewanya bisa dibagi rata per kepala.


Tapi selain harga sewa perbulan kamu juga harus mempertimbangkan biaya tambahan lain seperti air, listrik, hingga internet.

 

 

Biaya Makan

Sama seperti biaya tempat tinggal yang tidak terlalu jauh berbeda dari kota besar lain, biaya makan di Baki pun masih cukup terjangkau. Terutama untuk makanan rakyat seperti rames, padang, soto, mie ayam, bakso sampai warteg umumnya relatif sama yaitu sekitar Rp. 10.000 sampai Rp 20.000 satu porsi. Tapi pastinya.tergantung tempat belinya, jika di restoran menu rakyat pun bisa jadi mahal harganya.


Pilihan lain untuk bisa lebih berhemat adalah dengan memasak sendiri. Pasalnya harga lauk pauk dan sayuran pun tidak berbeda dari kota lain. Tentu saja biaya yang dihabiskan untuk makan setiap orang berbeda tergantung pada gaya hidup masing-masing.


Yang perlu kamu tahu, dengan uang Rp 3.000- Rp 5.000 kamu juga bisa kenyang. Sebab dengan uang segitu kamu bisa membeli nasi Jinggo, makanan khas Bali.

 

Biaya Transportasi

Di Bali kamu kamu mungkin harus memikirkan transportasi dengan matang. Pasalnya tidak banyak transportasi umum di sana. Bahkan bus atau angkot hanya ada di wilayah Denpasar. Meskipun ada ojek online, tapi beberapa wilayah wisata melarang ojol untuk masuk ke area tersebut.


Sehingga menyewa sepeda motor bisa jadi solusi terbaik. Untungnya harga sewanya pun cukup terjangkau. Untuk sewa sepeda motor selama sebulan kamu bisa membayar sekitar Rp 500-700 ribu. Harga tersebut biayanya untuk motor matic seperti Vario atau Scoopy. Sedangkan untuk motor jenis Nmax, harganya lebih mahal sekitar Rp 1.3 juta sampai Rp 1.5 juta. Lalu kebutuhan bensin sekitar 100-200 ribu sebulan.


Walau cukup terjangkau, tapi akan lebih hemat dan efisien jika kamu bisa menemukan kos di dekat kampus. Jadi biaya transportasi bisa ditiadakan atau dialihkan untuk kebutuhan lain.

 

Biaya Kuliah

Sebagai mahasiswa biaya yang utama selanjutnya adalah uang kuliah. Untuk biaya ini jelas.tak bisa dinego dan tergantung pada kebijakan kampus masing-masing.


Namun ada biaya lain yang tak kalah penting misalnya buku, fotokopi, sampai organisasi. Sehingga akan bijak jika kamu menyisihkan sekitar Rp 20-50 ribu per bulan untuk biaya tersebut. Bahkan tak jarang kebutuhan fotokopi makalah bisa lebih besar.

 

Biaya lain

Kamu juga harus memikirkan biaya belanja bulanan untuk keperluan kebersihan diri, misal sabun, pasta gigi, sampai sabun cuci hingga camilan. Biayanya bisa sekitar Rp 300-500 ribu per bulan. Biaya yang dikeluarkan jika kamu belanja di pasar pasti akan lebih murah daripada di supermarket. Lalu kebutuhan internet bisa mencapai Rp 100-150 ribu per bulan tergantung provider. Belum lagi ada biaya hiburan misal untuk nongkrong atau jalan-jalan. Tentu saja biaya ini bisa ditekan jika kamu menerapkan gaya hidup hemat.

 

Biaya tak terduga

Untuk berjaga-jaga kamu juga perlu menyiapkan biaya cadangan. Biaya ini sebenarnya tidak bisa ditentukan secara mutlak. Namun tetap harus disisihkan jika sewaktu-waktu sakit atau mengalami musibah  tak terduga.

 

Itulah perkiraan biaya hidup mahasiswa di Bali selama sebulan. Walau dikenal sebagai kota wisata internasional, tapi kebutuhan hidup di Bali tidak terlalu berbeda jauh dari kota besar lainnya. Semuanya tergantung pada gaya hidup yang kamu jalani selama kuliah. Paling tidak selama sebulan mahasiswa harus menyiapkan uang sebesar Rp 4.500.000 sampai dengan Rp 6.000.000 untuk biaya hidup di Bali.