Cara Mengecek NISN dan NPSN untuk Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Cara Mengecek NISN dan NPSN untuk Pendaftaran KIP Kuliah 2023 - Salah satu syarat yang harus dipenuhi saat mendaftarkna diri menjadi peserta KIP Kuliah adalah siswa harus mempunyai NISN atau Nomor Induk Siswa Sekolah Nasional yang terdaftar di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS).

 

Cara Cek NISN dan Cara Cek NPSN

Bukan hanya siswa, sekolah juga punya syarat tersediri supaya siswa dapat mendaftar program KIP Kuliah. Syarat yang harus dimiliki SMA MA SMK Sederajat yaitu harus memiliki NPSN dalam tahapan proses siswa mendaftar program beasiswa KIP Kuliah.

 

Sebelumnya, NISN sendiri merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan akan berlaku sepanjang masa dan tentunya kode NISN berbeda dengan yang lainnya.

 

Perlu kalian ketahui bahwasannya , tiga digit pertama dari 10 digit NISN-mu adalah tahun lahirmu. Nah, tujuh digit terakhirnya merupakan kode unikmu. Pengelolaan data NISN sendiri berada pada PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan).

 
Cara Mengecek NISN dan NPSN untuk Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Bagi yang belum tahu bagaimana cara mengecek NISN dan cara mengecek NPSN untuk kepentingan persyaratan pendaftaran KIP Kuliah 2023, berikut caranya:

 

Cara Cek NISN untuk Pendaftaran KIP Kuliah 2023

1. Siswa masuk laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

2. Masukan Nomor Induk Siswa Sekolah (NISN)

3. Masukan Nama Ibu Kandung

4. Klik “I’m Not Robot”

5. Selanjutnya Klik Cari Data

Cukup mudah bukan, tata cara cek NISN karena kamu hanya mengunjungi laman yang telah ditentukan dan mengisi form yang sudah disiapkan.

 

Cara Cek NPSN untuk Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Cara mengecek NPSN tentu langkahnya lebih panjang ketika cek NISN, supaya lebih jelasnya ikuti langkah-langkah sebagi berikut:

1. Siswa masuk ke laman : https://dapo.kemdikbud.go.id.

2. Klik “Data Pokok”

3. Kemudian cari data “Opsi Pencarian”

4. Pada opsi pencarian silakan masukan Nama sekolah tempat siswa belajar

5. Kemudian Klik opsi “Tampilkan” dan data NPSN dari sekolah siswa bakal ditampilkan.

 

Demikian lah cara cek NISN dan cara cek NPSN untuk pendaftaran kuliah 2023 2024 yang bisa kamu coba. semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman dan silakan bagikan bagi yang membutuhkannya.