Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah S2 / S3

Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah S2 / S3 – Bagi kalian yang sudah bekerja tentunya akan sibuk dengan dunia pekerjaan sehingga terkadang mengkesampingkan untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 ataupun S3.

 

Tips Bekerja Sambil Kuliah

Bukan hanya itu, kamu juga akan disibukan dengan hal lainnya seperti kegiatan organisasi, bersama teman, keluarga, olah raga bahkan mengurus bayi jika sudah memiliki momongan.

 

Nah, jika kalian ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3, apakah masih bisa dan masih ada waktu? Tentu melakukannya harus mempertimbangkan dengan matang-matang.

 

Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah S2 atau S3

Kerja sambil kuliah S2 atau S3 memang sebuah tantangan dan tentunya tidak mudah dilakukan. Namun banyak juga orang-orang yang sukses mendapatkan gelar S2 bahkan S3 sambil bekerja. Nah jika kalian ingin melanjutkan pendidikannya berikut tips yang bisa coba kamu lakukan, diantaranya:

 

1. Niat yang Kuat

Niat dan tekad yang kuat untuk melanjutkan pendidikan harus tertanam terlebih dahulu supaya segala rintangan akan terus kamu hadapi samapi bear-benar gelar mengahmpirimu.

 

2. Komunikasikan dengan Atasan

Jika kamu bekerja dengan orangan lain, sebaiknya dikomunikasikan dengan atasanmu supaya ketika terjadi bentrokan antar jadwal kuliah dan kantor dapat dikompromikan dengan atasanmu.

 

3. Restu dari orang-Orang terdekat

Melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 bahkan S3 sesuatu hal yang positif namun alangkah lebih baiknya meminta restu kepada orang-orang terdekat seperti orang tua, atau bahkan suami/istri (jika sudah) supaya mereka akan memberikan semangat untuk kamu dapat meraih mimpi.

 

4. Membuat Jadwal Kampus dan Kantor

Dengan kamu mebuat jadwal kampus dan kantor tetunya akan tertolong dalam membagi waktu. Dan juga membuat jadwal-jadwal penting kantor dan kuliah yang tidak boleh dilewatkan misalnya ujian akhir semeter atupun meeting dengan klaen untuk urusan bisnis.

 

5. Memanfaatkan Waktu Week End

Bagi karyawan biasanya pekerjaan kantoran bekerja hanya 5 hari muai dari Senin- Jum’at dan kalupun sabtu diwajibkan biasanya setengah hari masuk kantor.

 

Nah, buat kalian yang bekerja sambil kuliah bisa memanfaatkan waktu di akhir pekan untuk mengambil kuliah S2 atau S3

 

6. Membuat daftar pengeluaran kuliah S2 / S3

Bagi yang kuliah dengan biaya senndiri tentunya akan mengeluarkan cukup uang sehingga harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan seperti menyisihkan uang untuk biaya semeteran yang dilakukan setiap bulan supaya dapat membayarkan uang semesteran ketika waktunya tiba.

 

7. Jaga Kondisi Kesehatan

Bekerja sambil Kuliah S2 / S3 tentunya menghabiskan banyak tenaga sehingga kamu harus menjaga kondisi kesehatan badanmu supaya tidak mudah sakit mulai dari pola makan hingga berolahraga yang cukup.

 

Demikianlah Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah S2 / S3 yang bisa kamu terapkan. Semoga sukses ya.