Jadwal dan Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 2024 untuk Lulusan SMA SMK Sederajat Lengkap dengan Tata Cara Mendaftarnya

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 2024 – Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang biasa kita sebut KIP Kuliah telah dibuka kembali ditahun 2023. Program ini diperuntukan bagi siswa/i SMA MA SMK Sederajat yang berlatar belakang dari keluarga kurang mampu dan memiliki akademik baik untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1.

 

Jadwal dan Syarat Pendaftaran KIP Kuliah 2023 2024

Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 2024

Bagi yang berminat ingin mencoba mendaftarkan diri, berikut persyaratan yang harus dipersiapkan peserta.


Persyaratan Pendaftaran

1. Penerima Program KIP Kuliah merupakan siswa/i SMK MA SMK Sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan dan yang telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya (2021 dan 2022).


2. Peserta wajib memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid


3. Peserta memiliki potesi akademik yang baik


4. Peserta memiliki keterbatasan secara ekonomi dan dibuktikan dengan surat / dokumen pendukung yang sah.


5. Siswa/i SMA MA SMK sederajat mempunyai Kartu KIP atau  memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos;


6. Peserta dinyatakan lulus sebagai mahasiswa baru dan keterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta pada Program Studi (Prodi) dengan Akkreditasi A atau B dan akan dipertimbangkan dengan ketentuan pada prodi Akreditasi C

 

Tata Cara Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 2024

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:

1. Peserta / siswa langsung dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melaui akun resmi pada sistem web KIP Kuliah di laman” kip-kuliah.kemdikbud.go.id “ atau bisa juga lewat “KIP Kuliah Mobile Apps”


2. Pada saat proses pendaftran KIP Kuliah, siswa memasukan NIK, NISN, NPSN dan alamat email aktif dan benar-benar valid.


3. Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi data peserta seperti NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.


4. Jika proses validasi dinyatakan lolos, sistem KIP Kuliah secara otomatis akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode akses ke alamat yang telah didaftarakan oleh siswa / peserta.


5. Peserta / siswa harus menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang akan di ikuti seperti : SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri.


6. Selanjutnya peserta / siswa menyelesaikan proses pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi (SNMPT) sesuai jalur seleksi yang dipilih.  Proses sinkronasisi peserta / siswa dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.


7. Bagi peserta / siswa yang dinyatakan lolos dan diterima di perguruan tinggi dapat dilakukan verivikasi untuk tahapan lebih lanjut sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima program KIP Kuliah.

 

Jadwal Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah tahun 2023 2024

Tanggal penting mengenai jadwal pendaftaran dan penutupan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) Tahun 2023 2024


1. Pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah 2023

14 Februari 2023 s/d 31 Oktober 2023


2. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

16 Februari s/d 27 Februari 2023

 

Keterangan: Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah sehingga diharapkan siswa / peserta selalu update mengenai informasi KIP Kuliah terkini dan terbaru tahun 2023

 

Daftar Perguruan Tinggi Penerima Program KIP Kuliah 2023

Berikut daftar perguruan tinggi penerima program Kartu Indonesia Pintar Kuliah tahun 2023 2024 yang dapat dijadikan referensi oleh siswa yang ingin mendaftarnya.

 

Link: DaftarPeguruan Tinggi Penerima KIP Kuliah 2023

 

Official Account

Hubungi kami di:

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Gedung C Lantai 13, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270

 Email: kip.kuliah@kemdikbud.go.id
 Instagram: @puslapdik_dikbud


Demikianlah infoprmasi seputar program Beasiswa KIP Kuliah Merdeka Tahun 2023 2024 yang bisa kamu coba.