Tips Memilih Kampus Supaya Tidak Salah Pilih

Memilih perguruan tinggi ataupun universitas tentunya tidaklah semudah yang dibayangkan sehingga diperlukannya pengetahuan atau pemahaman supaya tidak salah masuk ke perguruan atau universitas yang tidak diinginkan.

 

Tips Memilih Kampus

Jenis-jenis Pendidikan Tinggi

Nah sebelum memilih universitas lebih baik kita mengenal lebih dahulu tentang jenis-jenis pendidikan tinggi yang berada di Indonesia.


1. Pendidikan Akademik: sistem pendidikan tinggi yang mengarah kedisiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pendidikan akademik mencakup Program Sarjana (S1) Program Pascasarjana (S2) Program Doktoral (S3).


2. Pendidikan Vokasi : sistem pendidikan tinggi yang mengarah ke penguasaan keahlian teraraopan tertetu. Pendidikan vokasi mencakup Diploma I (D1) Diploma II (D2), Diploma III (D3) Diploma IV (D4) dengan gelar misalnya: Ahli Pratama (A.P.), Ahli Muda (A.Ma), Ahli Madya (A.Md)

 

Perbedaan Perguruan Tinggi di Indonesia

Sudah taukan tentang jenis pendidikan tinggi yang berada di Indoensia, sekarang mari kita pelajari perbedaan masing-masing perguruan tinggi di Indoensia.

1. Universitas: Universitas merupakan penyelenggara pendidikan akademik dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Perbedaan: Semua jenis keilmuan

 

2. Institut : Institut memiliki hal yang sama dengan universitas yakni penyelenggara pendidikan akademik dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Perbedaan: institut hanya satu jenis keilmuan saja.

 

3. Sekolah Tinggi : perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan akademik dan vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Perbedaan: Terdiri dari satu fakultas

 

4. Politeknik: sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi. Hal ini berarti politeknik tidak menyelenggarakan akademi.

5. Akademi : Akademi merupakan sekolah tinggi yang hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni.

 

Dalam pengelolaannya, perguruan tinggi di Indonesia terbagi menjadi tiga kategori yakni: Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK).

 

Demikianlah tips memilih perguruan tinggi bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikannya supaya tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari karena ketidaktahuan.