Lupa Nomor Pendaftaran KIP Kuliah? Jangan Khawatir, Begini Solusinya.

Cara Melihat Nomor Pendaftaran KIP Kuliah – Pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 telah dibuka tentunya persiapan harus lebih matang. Nah bagi yang sudah daftar tetapi lupa akan kode akses dan nomor pendaftaran KIP Kuliah, tidak perlu khawatir. Simak penjelasan berikut ini.


Cara Mengatasi Lupa Nomor Pendaftaran KIP Kuliah

Cara Mengatasi Lupa Nomor Pendaftaran KIP Kuliah

Apabila kamu sudah melakukan proses pendaftaran KIP Kuliah akan tetapi lupa akan kode akses dan juga nomor pendaftaran KIP Kuliah, sebetulnya jangan khawatir, pasalnya ada solusi untuk mengatasi lupa kode akses dan nomor pendaftaran KIP Kuliah.


Perlu kalian pahami, bahwasannya untuk mengembalikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut ada beberapa solusi. Nah, sebagai pendaftar ataupun penerima program KIP Kuliah harus bisa mengetahui beberap hal yang harus dilakkan supaya mendapatkan solusi tersebut yakni dapat solusi untuk  melihat nomor pendaftaran KIP Kuliah.


Adapun solusi untuk dapat melihat nomor pendaftaran KIP Kuliah yang bisa dilakukan jika mengalami lupa kode aksesnya adalah sebagai berikut.


1. Reset Email

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah mereset ulang email, hal ini sangat mudah dilakukan secara mandiri kkarena mudah dan juga praktis untuk dicoba. Cara reset email untuk membuka kode akses dan nomor pendaftarn KIP Kuliah:

1. Kunjung situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/resend-email
2. Masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
3. Masukkan tempat dan tanggal lahir
4. Masukkan email yang digunakan sebelumnya
5. Klik "kirim ulang email"


Reset email inilah salah satu cara yang mudah dilakukan dan banyak digunakan bagi para peserta yang lupa akan kode akses dan nomor pendaftaran KIP Kuliah. Cara tersebut mudah untuk melakukan perubahan terhadap kata sandi secara mandiri tanpa kesulitan.


Namun, ada juga yang mengalami kendala seperti kode akses mereka tidak muncul atau tidak ada balasan email. Halersebut sering terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya, yang diantarannya:

1. Alamat email tidak falid atau salah

2. balasan email masuk ke folder spam sehingga tidak muncul pada kotak masuk email

3. terkadang server email menolak atau tidak menerima.


Jadi itulah beberapa sebab yang sering terjadi masalah ketika kode akses tidak dapat balasan dari email.


2. Menghubungi Helpdesk

Cara yang bisa dilakukan selanjutnaya bagi peserta yang mengalami keselutian atau lupa kode akses beserta nomor pendaftaran dengan menghubungi helpdesk atau pusat bantuan.


Nah, bagi yang mau menghubungi helpdesk atau pusat bantuan untuk keperluan kode akses ada beberapa data yang dibutuhkan dan perlu disiapkan bahkan diminta pada saat itu, diantaranya:

a. Nama Lengkap
b. NIK
c. NPSN Sekolah
d. Email

e. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)


Demikilanlah informasi mengenai solusi jika kamu mengalami kendala lupa kode akses dan nomor pendaftaran KIP Kuliah. Jangan khawati, karena setiap permasalahn tentunya ada solusi. Namun perlu diketahui untuk selalu menjaga akun serta data KIP Kuliahmu dengan sebaik mungkin.