Murah dan Terjangkau, Ini Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Purwokerto

Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Purwokerto - Purwokerto merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal memiliki biaya hidup terjangkau. Kota yang merupakan bagian dari Kabupaten banyumas ini menjadi semacam kota metropolitan untuk karesidenan Barlingmascakeb.

 

Rincian Biaya Hidup Kuliah di Purwokerto

Pasalnya Purwokerto menjadi kota yang aktivitasnya 24 jam layaknya kota besar di Indonesia. Walau bisa dibilang ada di kabupaten, tapi Purwokerto memiliki banyak PTN dan PTS favorit yang jadi tujuan calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

 

Sebut saja Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Islam Negeri (UIN) lalu PTS favorit seperti Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), hingga Universitas Wijaya Kusuma (Unwiku), ada pula Universitas BSI Kampus Purwokerto.

 

Menariknya dengan banyaknya PTN dan PTS populer tadi, Purwokerto menawarkan biaya hidup yang sangat terjangkau dan murah bagi mahasiswa. Belum lagi banyaknya fasilitas umum penunjang aktivitas mulai dari ojek online hingga tempat hiburan seperti mall dan aneka destinasi wisata keren yang banyak jumlahnya.

 

Biaya hidup mahasiswa di Purwokerto meliputi sejumlah komponen mulai dari biaya makan, tempat tinggal. transportasi, hingga biaya lainnya. Walau murah dan terjangkau, tapi besarnya biaya hidup yang dikeluarkan tiap mahasiswa bisa berbeda. Tergantung dengan gaya hidup masing-masing.

 

Nah, berikut adalah rincian perkiraan biaya hidup mahasiswa Purwokerto yang bisa dijadikan acuan bagi kamu yang hendak kuliah di Purwokerto.

 

1. Biaya Tempat Tinggal

Tempat tinggal menjadi hal krusial yang harus paling diperhatikan bagi kamu yang akan kuliah di Purwokerto. Harga sewa kos-kosan di Purwokerto bervariasi merentang dari harga Rp 350.000 per bulan.

 

Besarnya harga sewa tentunya ditentukan berdasarkan lokasi serta fasilitas yang disediakan pemilik kos. Akan tetapi pada umumnya kos mahasiswa di Purwokerto dibayarkan setiap tahun. Sehingga selama 1 tahun kisaran biaya kos-kosan adalah sekitar Rp 3.500.000 per tahun.

 

2. Biaya Makan

Selain biaya kos yang murah, biaya makan di Purwokerto juga sangat murah. Bahkan di lingkungan kampus, umumnya harga makanan jauh lebih murah daripada di lokasi lain.

 

Warung nasi bisa menjadi pilihan tempat makan murah meriah bagi mahasiswa. Sebab untuk sekali makan kira-kira hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 perak saja.

 

Tapi jika memilih makan di restoran atau di mall pastinya harga yang dipatok jauh lebih mahal daripada warung nasi biasa. Sehingga pilihan tempat makan memengaruhi besaran pengeluaran setiap harinya.

 

3. Biaya Transportasi

Untuk masalah transportasi publik, Purwokerto mempunyai fasilitas yang bisa dibilang lengkap. Sebab di sana ada angkutan kota dan bahkan bus Trans Banyumas dan Trans Jateng yang tarifnya pasti pas di kantong mahasiswa.

 

Tarif atau ongkos untuk angkutan umum ditentukan berdasarkan jarak tempuh. Sementara untuk bus trans hanya sekitar Rp. 4000.

Selain itu ada juga ojek online yang bisa menjadi pilihan moda transportasi buat kamu yang ingin kepraktisan saat bepergian.

 

4. Biaya lainnya

Meski bukan kebutuhan utama, tapi ada biaya lain yang harus diperhatikan pula supaya pengeluaran tidak membengkak. Biaya itu adalah biaya hiburan atau biaya lain.

 

Sebagai mahasiswa sudah umum untuk bergaul bersama teman dengan nongkrong di kafe. Baik sekadar ngopi atau menyelesaikan tugas. Harga makanan dan minuman di kafe-kafe yang ada di Purwokerto juga cukup terjangkau mulai dari Rp 10.000.

 

Budget bisa bertambah jika tongkrongan yang dipilih adalah bioskop atau mall. Ada dua bioskop yang bisa dipilih untuk menonton film favorit yaitu Rajawali 21 dan CGV Rita Supermall. Meski tidak semurah nongkrong di angkringan tapi harga tiketnya sebenarnya murah karena mulai dari Rp 25.000 ketika weekday.

  

Gimana murah dan terjangkau banget bukan, biaya hidup mahasiswa di Purwokerto? Apalagi pilihan kampusnya juga banyak dengan program studi unggulan.