Pengertian dan Definisi Beasiswa Afirmasi

Pengertian Beasiswa Afirmasi – Program beasiswa afirmasi dibuka setiap tahunnya, akan tetapi masih banyak yang belum paham akan maksud dan tujuan dari beasiswa afirmasi itu sendiri. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak berikut ini.

 


Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi adalah program beasiswa yang berasal dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang terdiri dari Beasiswa Berkebutuhan Khusus/Difabel, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Prasejahtera, dan Beasiswa Santri. Beasiswa Afirmasi sendiri diperuntukan khusus untuk jenjang pendidikan magister (S2) dan doktor (S3)

 

Tujuan Beasiswa Afirmasi sendiri diperuntukan bagi daerah afirmasi yang ingin melanjutkan program pendidikannya ke jenjang selanjutnya baik program magister ataupun doktor.

 

Sasaran beasiswa afirmasi Kelompok Berkebutuhan Khusus/Difabel adalah masyarakat berkebutuhan khusus/difabel yang memenuhi persyaratan khususnya bagi penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras.

 

Daerah Tujuan Afirmasi untuk sementara yaitu untuk mahasiswa yang berasal dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). Tertinggal Berarti memiliki kualitas pembangunan yang rendah Lalu dari sisi geografis berada di daerah terdepan dan terluar wilayah Indonesia.

 

Manfaat Beasiswa Afirmasi bagi penerima berupa biaya pendaftaran, biaya SPP, tunjangan buku, biaya penelitian, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional, serta biaya pendukung.