Program Studi CPNS 2023 : Cek Jurusan untuk Daftar CPNS 2023!

Program Studi CPNS 2023 - Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS merupakan status sementara bagi mereka yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

 

Menjadi PNS adalah menjadi slaah satu impian sebagian banyak orang di Inodnesia, pasalnya dianggap memiliki kestabilan dan kesejahteraan yang baik. Namun, untuk menjadi seorang PNS tidak sembarang orang bisa melamar.

 

Program Studi CPNS

Perlu diketahui, untuk menjadi PNS Ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya adalah jurusan kuliah yang sesuai dengan formasi CPNS yang dibuka.

 

Formasi CPNS adalah jumlah dan jenis jabatan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah dimana setiap instansi akan mengajukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

 

Untuk informasi formasi CPNS biasanya akan diumumkan dilaman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau instansi terkait dan untuk program studi cpns 2023 beberapa jurusan yang sering dibutuhkan dalam formasi CPNS, beserta contoh instansi yang membutuhkannya.


Jurusan Kesehatan

Jurusan kesehatan selalu dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS. Dikutip dari portal CASN Kementerian Kesehatan.

Formasi yang dibutuhkan seperti: Administrator Kesehatan Ahli Pertama dengan program studi CPNS jurusan kesehatan seperti diploma pengobatan tradisional, keperawatan, kebidanan, epidemiologi, dan sebagainya.

 

Jurusan Hukum

Program studi CPNS jurusan hukum diantaranya dibutuhkan lulusan S1 hukum maupun ilmu hukum. Ada pula formasi Ahli Pertama Jaksa yang syaratnya adalah lulusan S1 hukum.

 

Jurusan Politik dan Pemerintahan

Program studi CPNS jurusan politik dan pemerintah juga memiliki banyak peluang bagi kalian yang ingin berkarier sebagai PNS.

 

Jurusan Pendidikan

Profesi guru di Indonesia tentunya selalu dibutuhkan sehingga Program studi CPNS jurusan pendidikan seperti prodi  pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), pendidikan guru PAUD, pendidikan bahasa Inggris, PGSD pendidikan jasmani, dan yang lainnya. 

 

Jurusan Teknologi Informasi

Seiring dengan aktivitas manusia yang semakin banyak dilakukan secara digital, tenaga di bidang teknologi informasi pun kian dibutuhkan dan tak terkecuali di sektor pemerintahan.

 

Demikianlah beberapa program studi CPNS 2023 yang dapat ikut CPNS. Selain itu, masih banyak program studi CPNS yang dapat ikut dengan cara menyesuaikan minat dan kemampuan dengan formasi CPNS yang ditawarkan oleh instansi pemerintah.