Jadwal Seleksi Masuk Universitas Gadjah Mada Tahun Ajaran 2024 2025 dan FAQ Tentang UGM

Jadwal Seleksi Masuk Universitas Gadjah Mada Tahun Ajaran 2024 2025 dan FAQ Tentang UGM - Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah tiga perguruan tinggi negeri terbaik yang banyak jadi rujukan mahasiswa. Menjelang akhir tahun ajaran 2023/2024, informasi tentang jadwal seleksi masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun ajaran 2024/2025 perlu diketahui.

 


Terutama bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di UGM. Selain itu, sebelum mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa UGM, perlu kiranya kamu memperhatikan sejumlah pertanyaan yang paling sering diajukan tentang UGM.

 

Nah, berikut ulasan lengkap tentang jadwal seleksi masuk UGM TA 2024/2025 beserta FAQ tentang UGM.

 

Jadwal Seleksi Masuk Universitas Gadjah Mada (UGM) Tahun Ajaran 2024/2025 Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan

 

Jalur SNBP UGM Tahun 2024 2025

Pembuatan Akun SNPMB Siswa : Januari-Februari 2024

Pendaftaran SNBP : Februari 2024

Pengumuman Hasil SNBP : Maret 2024

Registrasi SNBP : April-Mei 2024

 

Jalur SNBT UGM Tahun 2024 2025

Pembuatan Akun SNPMB : Februari-Maret 2024

Pendaftaran UTBK-SNBT : Maret-April 2024

Pelaksanaan UTBK-SNBT : Mei 2024 (Gelombang 1)

Pengumuman Hasil SNBT : Juni 2024

Registrasi SNBT : Juni 2024

 

Jalur Prestasi UGM Tahun 2024 2025

Pendaftaran : Maret-April 2024

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi (PBUB-Olahraga dan Seni) atau Seleksi Awal (khusus PBU 3T) : Mei 2024

Tes Keterampilan bagi Pendaftar yang Lulus Seleksi Administrasi (khusus PBUB- Olahraga dan Seni) : Mei 2024

Tes Wawancara bagi Pendaftar yang Lulus Seleksi Awal (khusus PBU 3T): Mei 2024

Pengumuman Hasil Penelusuran Bibit Unggul (PBU) : Mei 2024

Registrasi : Mei 2024

 

Jalur UM-CBT UGM Tahun 2024 2025

Pendaftaran : Mei-Juni 2024

Pengumuman : Juli 2024

Registrasi : Juli 2024

 

Jadwal tadi mengikuti pada jadwal seleksi tahun ajaran 2013/2024 sehingga dimungkinkan akan mengalami perubahan. Untuk informasi lebih rinci bisa kunjungi laman resmi https://um.ugm.ac.id/.

 

 

Frequently Asked Questions (FAQ) Tentang Universitas Gadjah Mada (UGM)

 

Q: Apa saja alasan terbaik untuk berkuliah di Universitas Gadjah Mada?

A: - Kultur pendidikan: Faktor eksternal yaitu lingkungan Yogyakarta yang kental budaya Jawa turut membentuk kultur pendidikan di kampus. Seperti unggah-ungguh, tata krama, sopan santun, dan sikap hormat secara langsung dan tidak langsung terbawa hingga ke dalam ruang perkuliahan. Tak hanya dosen dan mahasiswa, karyawan hingga petugas keamanan turut membentuk dna melestarikan budaya tersebut.

 

- Fasilitas: Ada banyak sekali fasilitas penunjang perkuliahan seperti perpustakaan di setiap fakultas. Lalu ada pula hutan konservasi, peternakan hewan, lapangan olahraga, GOR, co-working space, rumah sakit. Fasilitas di bidang akademik seperti lisensi microsoft, akses jurnal scopus, guest lecture dari berbagai ahli baik dalam dan luar negeri.

 

- Konektivitas: Kerjasama yang dijalin UGM tidak hanya di tingkat Asia Tenggara tapi hingga ke Eropa dan Amerika. Sehingga ada banyak peluang untuk terlibat dalam exchange program, double degree untuk IUP, penelitian multikultural.

Kualitas: Tentu saja kualitas menjadi alasan banyak yang memilih kuliah di UGM. Apalagi di Indonesia, UGM adalah satu dari tiga kampus terbaik. Sehingga lulusan UGM memiliki bargain atau ‘nilai jual’ lebih tinggi dibanding lulusan kampus lain.

 

Q: Apa yang wajib diketahui mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM)?

A: - Nama-nama dosen yang pelit nilai.

Mengetahui karakteristik dosen sangat penting agar dapat menyesuaikan pola pengajaran. Selain itu juga untuk menjaga reputasi di mata dosen dengan tidak melakukan hal yang melanggar aturan dari dosen bersangkutan.

 

- Lama masa studi maksimal dan batasan IPK serta SKS minimal

Mengetahui batasan waktu studi penting supaya bisa memperkirakan waktu ideal untuk lulus. Jangan sampai kehabisan masa studi karena terlena berbagai aktivitas organisasi. Begitu pula dengan batasan IPK dan SKS.

 

- Kenali dan dekati penjaga kantin atau warung makan

Kedekatan dengan penjaga kantin dan warung makan langganan adalah yang bisa menguntungkan. Terutama di saat uang kiriman dari orang tua belum sampai. Paling tidak dengan modal kedekatan itu, akan membuka peluang untuk ngebon jika uang saku habis. Tapi tentu saja setiap bon makan harus dibayar lunas dan tuntas tanpa ada yang terlewat.

 

 

Demikianlah informasi tentang jadwal seleksi masuk UGM TA 2024/2025 serta beberapa FAQ yang perlu untuk diketahui. Semoga informasi tadi bermanfaat dan tentu jangan lupa persiapkan diri dengan baik sebelum proses pendaftaran mahasiswa baru UGM tahun 2024/2025 resmi dibuka.